Sponsors Link

Usus Buntu Sering Kentut: Penyebab, Bahaya, Penanganan

Sponsors Link

Apakah kalian pernah mengalami masalah pencernaan? Masalah pencernaan apakah yang pernah kalian alami? Masalah pencernaan bisa berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya dan hal ini tentu saja ditentukan oleh faktor penyebabnya. Beberapa masalah pencernaan yang sudah tidak asing lagi di telinga contohnya adalah badan lemas setelah diaresering mual dan muntah setelah makan, ataupun perut kembung terus menerus

ads

Usus buntu adalah masalah pencernaan lainnya yang cukup sering dialami masyarakat dan usus buntu s.endiri merupakan keadaan di mana terjadinya penyumbatan antara usus buntu dan usus besar. Ketika usus buntu tidak segera ditangani, akibat yang timbul bisa sangat fatal alias berujung pada kematian dan pastinya tidak ada seorang pun yang menginginkan hal ini terjadi. Untuk meminimalisir hal ini terjadi, kita bisa mengantisipasinya dengan mengetahui beberapa gejala usus buntu seperti hilangnya nafsu makan atau mengalami diare berkepanjangan alias selama beberapa hari, sering mengalami muntah dan mual, timbulnya pembengkakan pada daerah sekitar perut, dan lain-lain.

Usus buntu yang tidak segera ditangani bisa menimbulkan efek samping tertentu atau menyebar ke bagian tubuh lainnya, contohnya saja kaki bengkak setelah operasi usus buntu ataupun perlengketan usus setelah operasi usus buntu. Sebenarnya apa sih penyebab dari usus buntu sering kentut? Apa bahaya dari usus buntu sering kentut dan bagaimana penanganan yang tepat? Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan berikut ini!

Penyebab Usus Buntu Sering Kentut

Mengetahui penyebab dari suatu penyakit adalah hal penting sehingga kita bisa lebih berhati-hati dan menghindari faktor pemicu ini sehingga penyakit ini tidak datang lagi di kemudian hari. Berikut adalah beberapa penyebab usus buntu sering kentut yang harus kita tahu:

  • Terjadinya gangguan pada bagian gastrointestinal, yaitu daerah antara usus dan lambung;
  • Mengalami intoleransi laktosa dan hal ini justru memicu meningkatkan jumlah gas dalam tubuh. Hal ini sering terlambat untuk diketahui di mana pemilik inteloransi laktosa tidak boleh mengonsumsi berbagai produk olahan susu;
  • Pemberian antibiotik tertentu atau bahkan dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini akan menyebabkan bakteri pada usus akan mati dan justru meningkatkan alias mempercepat pertumbuhan kuman patogen dan fermentasi makanan oleh bakteri yang berlebihan;
  • Sistem pencernaan yang tidak bisa mengolah makanan dengan baik. Hal ini berarti saluran pencernaan tidak bisa mengolah jenis makanan tertentu hingga tuntas dan menyisakan zat makanan tertentu, seperti serat, stakiosa, ataupun rafinosa. Ketika hal ini terjadi, maka produksi gas dalam saluran pencernaan akan meningkat dan hal ini juga berarti fermentasi oleh bakteri meningkat.

Bahaya Usus Buntu Sering Kentut

Kabar baiknya, permasalahan yang satu ini tidak akan menimbulkan dampak yang sangat fatal alias tidak akan berujung pada kematian. Namun tentu saja sebaiknya kita segera melakukan penanganan untuk permasalahan yang satu ini karena seperti yang kita tahu, kentut berlebihan akan membuat kita tidak nyaman dan  tentu saja orang di sekitar kita karena timbulnya bau yang tidak enak.

Penanganan Usus Buntu Sering Kentut

Melakukan penanganan untuk suatu penyakit adalah hal yang penting agar penyakit ini tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya dan membuat penyakit ini tambah parah. Berikut adalah beberapa penanganan usus buntu sering kentut yang bisa kita lakukan:

  • Memperbaiki pola makan. Hal ini perlu dilakukan supaya intensitas kentut berkurang dan lama kelamaan menjadi normal. Contohnya saja kita bisa mengurangi mengpnsumsi makanan berserat ataupun berhenti mengonsumsi berbagai produk olahan susu apabila kita mengalami intoleran laktosa;
  • Mengonsumsi obat tertentu sesuai resep dokter yang pastinya aman untuk dikonsumsi;
  • Menghentikan berbagai kebiasaan buruk seperti berhenti merokok ataupun mengonsumsi alkohol;
  • Mengurangi mengonsumsi permen karet. Permen karet adalah salah satu jenis permen yang sering dikonsumsi untuk menenangkan diri namun sayangnya hal ini dapat meningkatkan produksi gas dalam tubuh yang berarti juga membuat kita sering kentut.

Nah itu tadi adalah sekilas informasi mengenai usus buntu sering kentut. Pastinya sekarang sudah tidak bingung kan bagaimana cara mengatasi permasalahan ini dengan cepat dan tepat? Satu hal yang tidak boleh kita lupakan adalah dengan menjalani pola hidup yang lebih sehat, seperti dengan lebih banyak mengonsumsi buah yang bagus setelah operasi usus buntu atau buah untuk penderita usus buntu yang pastinya aman untuk penderita usus buntu. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian ya!

Sponsors Link
, , , ,