Sponsors Link

Tumor Perut Membesar: Bahaya, Penyebab dan Penanganannya

Sponsors Link

Tumor adalah kumpulan dari sel- sel tubuh yang tumbuh tidak normal akibat dari adanya perubahan atau mutasi pada gen yang terkandung dalam sel. Tumor dapat tumbuh di area tubuh mana saja, termasuk perut.

ads

Tumor perut atau tumor abdomen adalah jenis tumor yang menyerang dan tumbuh di bagian dalam perut. Banyak yang mengira bahwa tumor perut adalah penyakit berbahaya yang dapat mengancam jiwa. Akan tetapi, dugaan tersebut tidak sepenuhnya benar. Faktanya, sama seperti jenis tumor lainnya, tumor perut juga terbagi ke dalam 2 jenis, yakni tumor perut jinak atau benign abdominal tumor, dan tumor perut ganas atau malignant abdominal tumor.

Tumor perut jinak bukanlah tumor yang berbahaya karena tidak dapat menyerang bagian tubuh lain dan hanya dapat tumbuh pada satu bagian perut saja. Tumor perut jinak juga dapat dihilangkan dengan cara diangkat. Setelah diangkat, kecil kemungkinan untuk tumor perut jinak kembali tumbuh. Akan tetapi, jangan sepelekan tumor perut jinak ini, karena ada kemungkinan tumor jinak dapat berkembang menjadi tumor ganas jika tidak segera dilakukan penanganan. Beberapa contoh dari tumor perut jinak adalah polip lambung, lipoma, tumor kista, serta gastroinstestinal stromal tumor (GIST) atau tumor saluran cerna yang berukuran kecil.

Berbeda dengan tumor perut jinak, tumor perut ganas adalah tumor yang dapat menyebar ke bagian perut lainnya, termasuk menyerang jaringan di sekitarnya. Hal tersebut dikarenakan tumor ganas memiliki sel kanker yang dapat memisahkan diri dan berkembang. Tumor perut yang lebih dikenal dengan kanker perut ini dapat tumbuh kembali meskipun telah diangkat. Tumor perut jenis ini sering mangancam nyawa.

Selain mengancam nyawa, berikut adalah beberapa bahaya tumor perut membesar yang perlu diwaspadai:

  1. Diare
  2. Sembelit
  3. Hernia
  4. Penurunan berat badan
  5. Radang usus
  6. Tumor pankreas
  7. Anemia

Penyebab Tumor Perut Membesar

Sebenarnya penyebab tumor perut berbeda-beda tergantung dengan jenis tumor perut yang diderita. Akan tetapi,  ada penyebab umum yang mengakibatkan tumor perut membesar. Berikut adalah beberapa penyebab umum tersebut:

  • Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup adalah salah satu penyebab tumbuhnya tumor perut. Tidak hanya penyakit tumor dan kanker, penyakit lainnya juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Contoh dari gaya hidup yang tidak sehat yang dapat menyebabkan tumor perut adalah ketidakpandaian dalam memilih jenis makanan yang rutin dikonsumsi. Zaman sekarang memang banyak sekali makanan instan dalam kemasan yang menggiurkan. Padahal makanan tersebut terkandung banyak zat kimia, seperti pengawet, pewarna, dan penguat rasa buatan yang dapat menjadi zat karsinogen yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, tempat makan siap saji atau junk food telah menjamur di mana-mana. Memang benar makanan siap saji menjadi solusi bagi banyak orang untuk memakan makanan yang murah, enak, dan instan. Namun, dibalik semua itu, jenis makanan tersebut dapat menjadi bibit penyakit serius yang dapat tumbuh kelak di masa depan, salah satunya adalah tumor usus. Jenis makanan ini juga bisa menjadi penyebab kanker usus besar. Merokok dan meminum minuman beralkohol adalah contoh dari gaya hidup tidak sehat selanjutnya yang dapat memicu tumor perut. Seperti yang telah diketahui, rokok mengandung zat-zat yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Sedangkan kandungan dalam alkohol dapat menyebabkan perubahan (mutasi) pada gen di dalam sel yang kemudian akan menumbuhkan tumor di perut.

Sponsors Link

Oleh karena itu, mulailah mengubah gaya hidup agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Rajinlah berolahraga setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi resiko terkenal penyakit tumor perut. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

  • Bakteri Helicobacter Pylori

Helicobacter pylori atau H. pylori adalah bakteri yang hidup pada lapisan lendir pada saluran pencernaan manusia. Bakteri ini termasuk bakteri jahat karena dapat menyebabkan gejala radang usus besar dan penyakit tukak lambung. Terlebih lagi, bakteri ini dapat lolos dari sistem kekebalan tubuh karena kemampuannya untuk bersembunyi dari sistem imun. Infeksi yang ditumbulkan oleh H. pylori dapat menjadi salah satu faktor berkembangnya tumor atau kanker perut.

  • Penyakit Crohn

Penyakit crohn merupakan gangguan inflamasi kronis pada saluran pencernaan, terutama usus. Penyakit crohn dapat menjangkit bagian sistem pencernaan mana saja, baik itu mulut, perut, atau anus. Jika tidak segera ditangani, ada kemungkinan penyakit ini dapat berkembang menjadi tumor bahkan kanker perut.

Sponsors Link

  • Stress

Faktor penyebab tumor perut membesar lainnya adalah stress. Penyakit mental ini akan menimbulkan gangguan kesehatan pada bagian tubuh mana saja, termasuk perut. Tumor perut dan kanker perut adalah salah satunya, karena stress dapat memicu perubahan gen pada sel serta dapat memicu sel kanker untuk aktif. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang dapat menenangkan pikiran, seperti yoga dan berendam air hangat. Menggunakan aromaterapi juga patutu dicoba, sebab aromaterapi dapat membantu mengurangi stress.

Penanganan Tumor Perut Membesar

Lalu, bagaimana dengan penanganan tumor perut? Adakah cara untuk menanganinya?
Tentu saja ada, tetapi pengobatan kanker lambung atau tumor perut ini biasanya memerlukan pertolongan dokter. Beberapa cara yang dilakukan dokter untuk mengobati tumor dan kanker perut:

  • Operasi
  • Kemoterapi
  • Radioterapi
  • Pemberian obat-obatan tertentu

Namun, Anda jangan khawatir karena Anda juga dapat mencoba obat tradisional perut di rumah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita kanker lambung.

Itulah tadi penjelasan singkat mengenai bahaya, penyebab, dan penanganan tumor perut membesar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Sponsors Link
, , , , , ,