Sponsors Link

8 Tanda-Tanda Asam Lambung Naik yang Sering Muncul

Sponsors Link

Asam lambung yang naik, mengindikasikan adanya gangguan pada system pencernaan atau disebut dengan istilah GERD atau Gastro Esophageal Reflux). GERD  atau asam lambung, cukup sering dialami sebagian orang dengan gejala seperti munculnya rasa nyeri pada bagian dada. Sekilas, mungkin gejala tersebut seperti sakit jantung, namun gejala yang sama terjadi sebab asam lambung yang berlebih di dalam tubuh. Selain itu, orang yang sakit asam lambung juga akan merasakan rasa pahit di dalam mulutnya, akibat hal tersebut tidak sedikit pasien gerd yang juga mengalami mual hingga muntah.

ads

Jika Anda memiliki masalah dengan asam lambung yang sering naik atau berlebih, maka sebaiknya berhati-hati terhadap jenis makanan yang dikonsumsi. Terlebih saat Anda menjelang tidur di malam hari. Makanan yang dikonsumsi sebelum tidur dapat memicu asam lambung naik serta menimbulkan keluhan penyakit lainya. Itulah sebabnya, makanan menjadi faktor terbesar penyebab bahaya muntah darah karena maag kronis terjadinya asam lambung yang naik.

Proses Terjadinya Asam Lambung

Seperti kita ketahui, asam lambung sebenarnya memiliki fungsi yang penting dalam pencernaan. Organ lambung manusia, memproduksi suatu zat yang disebut asam lambung. Zat tersebut memiliki fungsi untuk mengurangi jumlah makanan yang masuk ke dalam lambung, agar mudah menyerap nutrisi dari makanan tersebut. Namun, karena manusia bisa mengkonsumsi jenis makanan yang tidak sehat (berlemak), kinerjanya menjadi kurang maksimal, dan cairan asam lambung ini menjadi keluar area lambung.

Berikut ini proses asam lambung yang cukup sering terjadi dan dialami oleh sebagian besar orang:

  • Refluks Gastroesofagus

Tahap pertama, makanan yang dikonsumsi dan mulai masuk ke dalam lambung, dapat membuat asam lambung naik karena ada yang tertutup. Katup pembatas antara kerongkongan dan lambung menjadi melemah dan tidak berfungsi. Dalam keadaan normal, katup ini biasanya cara mengatasi gizi buruk mengatur dan mengunci makanan yang masuk ke lambung agar tidak keluar lagi.

  • Adanya Bakteri Jahat

Bakteri Helicobacter pylori merupakan organism renik, yang ketika asam lambung sedang naik, bakteri ini tidak mati, malah menjadi berkembang biak. Hal tersebut terjadi karena bakteri ini dapat hidup dan tahan dengan asam untuk PH 2 hingga PH 4. Bakteri ini bisa membuat dinding lambung iritasi, sehingga lambung dapat mengalami luka.

Penyebab Asam Lambung Naik Secara Umum

Asam lambung yang cukup sering dialami oleh sebagian orang, tentu ada penyebabnya. Berikut ini beberapa penyebab umum munculnya sakit asam lambung:

  • Konsumsi Makanan Lemak Berlebih

Makanan yang enak untuk dinikmati, biasanya jenis makanan yang  banyak mengandung lemak. Lain di mulut, lain juga di perut, karena ketika dicerna makanan yang kaya lemak dan enak itu, sulit dicerna dan butuh waktu yang cukup lama. Akibatnya produksi asam lambung meningkat, dalam jumlah yang cara agar bisa kentut saat perut kembung  lebih banyak dari biasanya.

  • Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan ini umumnya banyak dialami orang yang tinggal di kota-kota besar. Obesitas memang membahayakan kesehatan tubuh kita, salah satunya menyebabkan tekanan darah tinggi. Kegiatan makan yang berlebih tanpa jeda ketika dikunyah, serta seseorang yang memiliki gejala  tekanan darah tinggi , menyebabkan bagian otot LES pada lambung jadi melemah dan mudah terserang  sakit asam lambung.

  • Kondisi Kehamilan

Para wanita yang sedang hamil akan mengalami perubahan hormon. Akibat dari perubahan hormone tersebut, wanita hamil bisa mudah terserang sakit asam lambung, karena otot LES juga melemah, sehingga menyebabkan tekanan di daerah perut kekurangan enzim lipase bisa mengganggu pencernaan wanita hamil.

Sponsors Link

  • Konsumsi Kopi, Cokelat, Kegiatan Merokok dan Alkohol

Kita sadari sekarang ini, kegiatan mengkonsumsi kopi, cokelat, alkohol dan kegiatan merokok sudah menjadi gaya hidup yang dilakukan sebagian besar orang. Namun, jika dilakukan secara berlebih, maka sangat mudah memicu sakit asam lambung yang tinggi dan menyebabkan otot LES tenang, sehingga memicu asam lambung kembali naik ke esophagus.

  • Stress

Stress juga bisa menjadi penyebab sakit asam lambung ringan maupun tinggi. Stress  atau depresi yang berhubungan dengan kinerja  otak manusia,  memiliki koneksi dengan organ lambung, sehingga dapat  berpengaruh dan membuat  otot LES pada organ lambung  menjadi lemas. Tentu saja, organ lambung keseluruhan menjadi  tidak bisa bekerja  maksimal dan mudah memunculkan asam lambung.

  • Hernia Hiatus

Penyebab ini khusus dialami oleh penderita hernia hiatus.Pada  kondisi ini, sebagian dari organ lambung akan terdorong dan menjadi naik ke bagian diafragma perut. Jika keadaan seseorang sedang lemah, hal ini dapat menyebabkan makanan yang dikonsumsi menjadi naik kembali, bersama dengan asam lambung ke kerongkongan.

Tanda-Tanda Asam Lambung Naik

Asam lambung berfungsi sebagai pembunuh bakteri penyakit yang bisa masuk ke dalam organ lambung. Selain itu, dapat juga menstabilkan gula serta membantu pembentukan protein. Untuk lebih jelasnya, Berikut ini tanda-tanda yang dapat dideteksi, ketika asam lambung naik :

ads
  • Muncul Rasa Seperti Terbakar di Area Dada

Ketika asam lambung yang berlebih ini naik, maka kita akan merasakan sensasi panas terbakar di sekitar daerah dada. Selain itu, asam lambung yang naik juga bisa mengakibatkan penyakit lambung lainya bahkan hingga terjadinya komplikasi. Beberapa komplikasi karena asam lambung tinggi yang terjadi seperti peradangan esophagus, peradangan di kerongkongan, penyempitan pneumonia hingga kanker.

  • Perut Terasa Nyeri dan Perih

Ketika asam lambung naik, ada rasa nyeri ketika menarik nafas di bagian dada bagian bawah, bahkan hingga bagian punggung. Biasanya gejala tersebut terjadi bila asam lambung yang berlebih ini sudah cukup parah. Hal tersebut juga disebabkan oleh tukak lambung. Tukak lambung adalah bagian luka yang ada di dinding lambung kita.

  • Perut Terasa Mual Dan Kembung

Sudah menjadi gejala yang umum, saat terjadi asam lambung, maka bagian perut kita akan menjadi kembung. Tidak lama setelah itu,perut bisa menjadi mual, terlebih jika kita mengkonsumsi minuman yang memiliki rasa asam.

  • Mulut Terasa Pahit

Asam lambung bergerak naik ke esophagus, lalu menimbulkan efek yang membuat indera pengecap kita merasakan rasa pahit atau masam. Hal tersebut sebagai efek dari asam lambung yang naik hingga ke mulut, sehingga zat asam akan menimbulkan efek pahit pada bagian mulut.

  • Bersendawa Terus Menerus

Bersendawa biasanya muncul ketika kita selesai makan. Namun, seseorang yang menderita  asam lambung juga biasanya akan bersendawa, namun cukup sering, bahkan terus menerus ketika asam lambung naik ke dada dan kerongkongan.

  • Produksi air liur yang berlebihan

Munculnya air liur yang berlebihan, juga merupakan gejala dari naiknya asam lambung. Hal ini juga yang terkadang membuat kita menjadi mual hingga merasa ingin muntah.

  • Nafas Agak Berbau

Ketika sedang mengalami asam lambung, selain menimbulkan rasa pahit pada bagian mulut, naiknya asam lambung hingga menuju esophagus atau kerongkongan, dapat  menimbulkan bau ketika bernafas. Hal tersebut bisa memmbuat Anda menjadi tidak percaya diri juga membuat nafsu makan agak menurun.

  •  Radang Pita Suara 

Karena asam lambung yang naik mencapai kerongkongan, hal ini juga dapat mempengaruhi pita suara dan menyebabkan infeksi pada bagian pita suara tersebut. Kemudian,  menyebabkan rasa sakit di tenggorokan, dan membuat suara berubah serak hubungan asam lambung dengan otak dan sulit menelan makanan.

Penjelasan di atas ini adalah tanda –tanda ketika asam lambung sedang berlebih dan baik hingga ke bagian esophagus seseorang. Tanda penyakit asam lambung ini, tentu berbeda dengan penyakit maag yang juga menyerang organ lambung. Penyakit asam lambung yang naik ini, akan membuat pasien kurang nyaman, sehingga harus segera ditangani dengan pengobatan atau pemeriksaan medis. Dengan mengenali tanda-tanda asam lambung naik, kita dapat memberikan penanganan atau pengobatan yang tepat dan cepat.

Faktor Resiko Terbesar Asam Lambung Naik

Sponsors Link

Seorang Dokter ahli asam lambung, Dokter Koufman efek konsumsi suplemen bagi gangguan pencernaan menyarankan sebaiknya seseorang yang pernah atau bahkan sering mengalami asam lambung yang naik, sebaiknya menghindari beberapa hal seperti berikut ini:

  • Makanan dan minum jenis tertentu setidaknya minimal 4 jam sebelum tidur. Hindari  mengkonsumsi banyak makanan dan minuman yang memicu asam lambung, seperti makanan pedas dan asam
  • Waktu 4 jam yang disarankan ini diperlukan untuk membuat perut kosong. Maka dari itu , biasakan untuk makan malam tepat waktu sebelum tidur, jangan ditunda
  • Penderita penyakit ini akan merasakan pahit yang muncul di kerongkongan dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Gejala ini sering dianggap sebagai serangan jantung

Penyakit asam lambung memang sensitif terhadap jenis makanan atau minuman tertentu, juga sensitif terhadap kebiasaan buruk yang biasanya kita lakukan. Dengan mengkonsumsi obat terbaik untuk asam lambung, sakit asam lambungnya bisa diatasi. Namun, jika kebiasaan mengkonsumsi makanan yang dilarang untuk penderita asam lambung, juga kembali menjalankan pola perut terasa penuh dan sesak nafas hidup yang tidak sehat, sakit asam lambung dapat kambuh kapan saja, dengan gejala yang bisa lebih parah.

Penyakit asam lambung yang umumnya dialami oleh sebagian orang, sebenarnya masih dapat disembuhkan dengan beberapa rekomenasi obat-obatan seperti yang mengandung antasida. Namun, jika sakitnya masih berlanjut, bisa jadi merupakan pertanda penyakit lain yang serius. Pengobatan alami juga tersedia untuk mengurangi tanda-tanda asam lambung naik, agar segera pulih.

Sponsors Link
, ,
Oleh :