Sponsors Link

Sesak Nafas Setelah Operasi Usus Buntu: Penyebab, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Operasi pengangkatan usus buntu adalah operasi yang dilakukan ketika adanya infeksi atau peradangan pada usus buntu. Usus buntu memang harus diobati dengan operasi, namun bagi beberapa orang, mereka juga mencoba obat usus buntu tanpa operasi. Sama halnya dengan operasi pada umumnya, operasi pengangkatan usus buntu juga dapat meninggalkan efek samping pada orang yang menjalaninya. Efek samping tersebut bisa berbagai macam, di mulai dari perut kembung setelah operasi usus buntu, sakit setelah operasi usus buntu, perut buncit setelah operasi usu buntu, sampai gangguan pernafasan.

ads

Apabila Anda mengalami efek samping tersebut pasca operasi usus buntu, jangan terlalu cemas, karena mengalami efek samping setelah operasi pengangkatan usus buntu bukanlah hal tidak normal selama tidak disertai dengan gejala yang menandakan komplikasi lain yang lebih serius. Sesak nafas atau kesulitan bernafas merupakan efek samping yang lumayan umum terjadi setelah operasi pengangkatan usus buntu. Sebenarnya gangguan ini tergantung pada kondisi tiap orang. Kondisi yang berbeda dapat memengaruhi reaksi tubuh yang berbeda pula terhadap prosedur operasi usus buntu yang dijalani.

Ada dua cara teknik operasi usus buntu yang bisa berpengaruh pada efek sesak nafas setelah operasi usus buntu:

  1. Operasi bedah terbuka: Operasi yang dijalankan dengan melakukan pembedahan besar pada pasien atau operasi tradisional.
  2. Operasi laparoskopi: Operasi yang dibantu dengan alat laparoskopi, sehingga tidak perlu dilakukan pembedahan besar seperti pada teknik operasi bedah terbuka

Pada normalnya, teknik operasi laparoskopi membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan terknik operasi bedah terbuka. Akan tetapi, baik cara operasi laparoskopi maupun cara operasi bedah terbuka, keduanya bisa saja meninggalkan efek samping berupa sesak nafas setelah operasi usus buntu. Hal itu dikarenakan pasien diberian anestesia atau obat bius sebelum melakukan operasi usus buntu. Obat bius dapat memberikan pasien efek samping berupa kesulitan bernafas setelah menjalakan operasi usus buntu.

Penyebab Sesak Nafas Setelah Operasi Usus Buntu

Sesak nafas setelah operasi usus buntu dapat disebabkan oleh tersumbatnya saluran pernafasan, atelektasis, kehilangan banyak darah, dan reaksi alergi. Berikut ini adalah penjelasannya masing-masing

  • Tersumbatnya Saluran Pernafasan

Penyumbatan atau penyempitan saluran pernafasan bisa saja terjadi setelah operasi usus buntu. Penyumbatan atau penyempitan ini, dapat terjadi pada bagian sistem pernafasan mana saja, di mulai dari mulut sampai paru-paru. Hal ini dikarenakan saat operasi usus buntu, dokter akan memasukan beberapa tabung (tube) ke dalam tubuh guna membantu mereka ketika melakukan prosedur operasi usus buntu. Jenis tabung yang digunakan untuk membantu pasien bernafas ketika menjalani operasi adalah tabung endotrakeal. Akibat yang mungkin terjadi dari penggunaan endotrakeal ini adalah tersumbatnya atau penyempitan saluran pernafasan.

  • Atelektasis dan Infeksi Paru

Atelektasis adalah suatu keadaan ketika paru-paru tidak berfungsi secara sempurna yang disebabkan oleh adanya halangan pada jalur udara menuju paru-paru (bronkus) atau pada jalur udara yang lebih kecil (bronkiolus). Sederhananya, gangguan ini terjadi ketika paru-paru tidak mengambang secara sepenuhnya ketika si penderita tarik nafas.

Ateleksis merupakan penyebab umum seseorang mengalami sesak nafas atau nafas pendek-pendek setelah operasi usus buntu. Gangguan ini dapat muncul disebabkan oleh beberapa hal. Anestesia atau obat bius adalah salah satunya. Namun, atelektasis yang disebabkan oleh obat bius biasanya hanya menimpa orang yang memiliki masalah kesehatan lainnya. Perokok aktif dan orang yang memiliki riwayat penyakit paru-paru adalah kelompok orang yang lebih berisiko terkena atelektasis.

Sponsors Link

Apabila Anda menderita sesak nafas setelah operasi usus buntu yang disertai dengan gejala lainnya, ada kemungkinan Anda terkena infeksi paru atau pneumonia. Berikut adalah gejala lainnya yang mengiringi:

  • Batuk
  • Demam
  • Nafas cepat dan pendek

Segera meminta pertolongan ahli medis jika Anda mengalami gejala tersebut.

  • Kehilangan Banyak Darah

Kehilangan banyak darah ketika operasi usus buntu bisa saja terjadi, terutama jika prosedur operasi yang dilakukan adalah prosedur bedah terbuka yang membutuhkan pembedahan besar. Kehilangan banyak darah dapat menyebabkan anemia. Ketika anemia, tubuh kekurangan sel darah merah yang berperan untuk mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Saat hal ini terjadi, sesak nafas akan terjadi, karena tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen ketika menarik nafas.

  • Reaksi Alergi

Penyebab sesak nafas setelah operasi usus buntu selanjutnya adalah reaksi alergi. Sangat memungkinkan bahwa beberapa orang mimiliki reaksi alergi terhadap obat atau pengobatan yang diberikan selama menjalani operasi, obat bius adalah salah satunya. Gejala reaksi alergi dapat berbeda, di mulai dari gejala ringan, hingga gejala serius. Berikut ini adalah gejala reaksi alergi:

  • Ruam pada kulit
  • Pusing
  • Kesulitan bernafas
  • Bibir atau lidah membengkak
Sponsors Link

Bahaya Nafas Sesak Setelah Operasi Usus

Komplikasi serius dapat terjadi jika sesak nafas setelah operasi usus buntu dibiarkan saja. Komplikasi tersebut di antaranya adalah penyakit pernafasan akut, seperti infeksi paru, atau bahkan menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, Segera lakukan penanganan jika gejala ini terjadi.

Penanganan Nafas Sesak Setelah Operasi Usus Buntu

Penanganan tergantung dari penyebabnya. Namun, cara di bawah ini patut dilakukan.

  1. Minum air hangat untuk membantu pernafasan
  2. Konsumsi makanan pasca operasi usus buntu
  3. Gunakan pakaian yang longgar agar mengurangi rasa sesak
  4. Duduk bersandar, dan cobalah posisi tidur pasca operasi usus buntu
  5. Jangan merokok
  6. Hindari asap rokok
  7. Pasang humidifier atau pelembab ruangan
  8. Istirahat yang cukup untuk membantu pemulihan tubuh setelah operasi usus buntu
  9. Hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut

Itu tadi informasi singkat mengenai penyebab, bahaya, dan penanganan sesak nafas setelah operasi usus buntu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :