Sponsors Link

Sering Mual dan Sakit Perut: Bahaya, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Ketika sedang bermasalah, tubuh kita akan memberikan sinyal berupa gejala tertentu. Mual dan sakit perut adalah contoh dari gejala umum yang menandakan bahwa tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan. Terlebih lagi apabila rasa mual dan sakit perut kerap muncul dan tidak kunjung mereda. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, tentunya mual dan sakit perut dapat menggangu aktivitas sehari-hari dan dapat menurunkan kualitas hidup. Sebenarnya apa yang menyebabkan rasa mual dan sakit perut sering muncul? Apakah itu berbahaya? Adakah cara yang dapat dilakukan untuk mengobatinya?

ads

Penyebab Sering Mual dan Sakit Perut

Rasa mual dan sakit perut yang sering terjadi kemungkinan besar disebabkan oleh sejumlah jenis penyakit tertentu. Jangan anggap remeh rasa mual dan sakit perut yang sering muncul ini, sebab bisa jadi termasuk ke dalam sakit perut yang mematikan. Sangat dianjurkan untuk menghubungi dokter. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan dan mendiagnosis apa yang menyebabkan mual dan sakit perut yang sering dialami.

Di bawah ini adalah beberapa penyebab sering mual dan sakit perut yang wajib diwaspadai:

1. Gastroenteritis

Gastroenteritis merupakan masalah yang terjadi ketika adanya infeksi pada lambung dan usus. Gastroenteritis juga dikenal dengan istilah flu perut. Sering mual dan sakit perut bisa menjadi tanda dari gastroenteritis. Gejala gastroenteritis yang biasa muncul, antara lain:

  • Perut sakit seperti kram
  • Mual yang terkadang disertai muntah
  • Diare
  • Menurunnya nafsu makan
  • Berat badan menurun
  • Sering berkeringat yang menyebabkan kulit menjadi lebih lembab
  • Terkadang disertai dengan demam, sakit kepala, dan nyeri otot

Kebanyakan kasus gastroenteritis diakibatkan oleh adanya kontaminasi virus yang didapat dari kontak dengan orang yang sudah terinfeksi atau didapat dengan mengonsumsi makanan yang telah terkontaminasi oleh virus penyebab gastroenteritis. Oleh sebab itu salah satu cara pencegahan gastroenteritis adalah dengan memastikan bahwa makanan yang akan dikonsumsi adalah aman dan terbebas dari kontaminasi apapun. Gastroenteritis utamanya akan sangat berbahaya bagi orang yang memiliki sistem imun tubuh yang lemah.

2. Obstruksi Usus

Obstruksi usus atau penyumbatan usus terjadi ketika adanya penyumbatan di dalam usus besar yang akan menghambat pergerakan makanan yang bergerak dari usus besar menuju organ pencernaan selanjutnya. Makanan yang terhambat tersebut jika dibiarkan saja akan menumpuk dan lama-lama usus bisa mengalami luka dan bahkan mengalami robek karenanya. Terlebih lagi apabila dibiarkan saja, obstruksi usus akan menyebabkan aliran darah menuju usus besar berhenti total. Lebih baik segera hubungi dokter apabila Anda mengalami ciri-ciri usus tersumbat di bawah ini:

  • Mual terkadang muntah
  • Perut sakit seperti ditusuk-tusuk yang muncul dan hilang
  • Perut bengkak atau buncit
  • Diare atau sembelit
  • Tidak bernafsu makan
  • Kesulitan buang angin atau tidak bisa buang angin sama sekali

3. Maag

Maag bisa saja menjadi penyebab sering mual dan sakit perut, sebab salah satu gejala maag adalah mual dan sakit perut. Lebih lengkapnya, berikut ini adalah gejala maag:

Sponsors Link

Sakit maag ini pada awalnya disebabkan oleh terlalu banyak kadar asam lambung di dalam tubuh yang umumnya disebabkan oleh pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, menerapkan pola makan sehat dengan jenis makanan sehat yang dikonsumsi adalah salah satu cara untuk mencegah maag. Adapun mengonsumsi makanan untuk asam lambung dan maag dapat dilakukan untuk meredakan penyakit maag. Cara

4. Kolitis Ulseratif

Kolitis ulseratif merupakan peradangan pada usus besar atau kolon dan rektum. Penderita kolitis ulseratif biasanya mengalami gejala yang berbeda, namun masih ada gejala umum yang menandai kolitis ulseratif:

ads

Sebenarnya masih ada banyak kemungkinan penyebab dari sering mual dan sakit perut. Di antaranya yakni:

  1. Sindrom iritasi usus
  2. Intoleransi makanan
  3. Divertikulitis
  4. Radang lambung
  5. Keracunan makanan
  6. Ulkus peptikum
  7. Gastritis
  8. Esofagus Barret
  9. Pilorus stenosis
  10. Gagal ginjal
  11. Penyakit seliak
  12. dan sebagainya

Bahaya Sering Mual dan Sakit Perut

Bahaya atau tidaknya sering mual dan sakit perut tergantung dari penyebabnya. Meskipun demikian, terlepas dari penyebabnya, sering mual dan sakit perut bisa saja berbahaya jika hanya dibiarkan saja dan tidak dilakukan tindakan. Oleh sebab itu, lebih baik periksakan terlebih dahulu pada dokter agar tahu apa penyebabnya. Kemudian dokter akan memberitahu tindakan yang tepat untuk menanganinya.

Pengobatan Sering Mual dan Sakit Perut

Sama seperti bahayanya, pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan sering mual dan sakit perut juga tergantung dari penyebabnya. Namun, cara di bawah ini dapat dicoba untuk meredakan rasa mual dan sakit perut:

  1. Perbanyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi yang mungkin terjadi
  2. Cobalah untuk meredakan mual dengan meminum larutan jahe, selain itu larutan jahe juga dapat digunakan sebagai obat mual setelah makan
  3. Coba juga meminum air lemon yang dicampur dengan air hangat untuk mengurangi rasa mual dan sakit perut
  4. Kompres hangat bagian perut yang sakit
  5. Hindari makanan penyebab asam lambung kambuh
  6. Konsumsi yogurt untuk meredakan perut yang sakit

Itu tadi informasi singkat mengenai penyebab, bahay dan pengobatan sering mual dan sakit perut. Mudah-mudahan artikel ini dapat memberikan manfaat dan menambah wawasan Anda.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :