Sponsors Link

Sendawa Terus Menerus dan Mual: Penyebab, Bahaya, dan Tips Mengatasinya

Sponsors Link

Sendawa yang normal biasa terjadi setelah makan atau minum dan hanya berlangsung sementara. Sendawa utamanya disebabkan oleh makan atau minum terlalu cepat atau sambil mengobrol sehingga lambung terisi oleh udara yang masuk melalui mulut. Jika seseorang sendawa terus-menerus padahal tidak habis makan atau minum mungkin ada yang tidak beres pada tubuhnya.

ads

Penyebab Sering Sendawa

Menurut Bhavesh Shah, MD, direktur medis gastroenterologi di Long Beach Memorial Medical Center California, jika sendawa berlangsung dalam waktu lama dan frekuensinya sering berarti Anda perlu konsultasi ke dokter. Berikut beberapa kondisi serius yang bisa menyebabkan penderitanya sering sendawa.

  • Refluks Asam Lambung (GERD)

Refluks asam lambung atau dalam istilah medis disebut refluks gastroesofagus (GERD) adalah gejala asam lambung kronis yang naik ke kerongkongan. Lambung bertugas memecah makanan yang masuk agar mudah diserap tubuh sehingga lambung memproduksi asam dan enzim. Jumlah asam yang terlalu banyak akan menyebabkan masalah seperti refluks asam lambung.

Jika ciri asam lambung naik ke dada sudah sering terjadi, setidaknya lebih dari dua kali per minggu berarti refluks asam lambung sudah berkembang menjadi GERD. Gejalanya antara lain ulu hati terasa panas seperti terbakar, perut kembung dan mulas, serta sering sendawa. Makanan, obat-obatan, dan zat tertentu bisa memperparah GERD termasuk kopi, soda, alkohol, dan saus tomat. Hati-hati dengan pengaruh asam lambung terhadap jantung.

  • Infeksi H. Pylori

Bakteri Heliobacter pylori yang dikenal dengan singkatan H. pylori adalah penyebab utama dari tukak lambung. Bakteri ini hidup di lapisan lendir pada saluran pencernaan sehingga menyebabkan radang dan luka pada lambung dan usus halus. Infeksi ini menyebabkan mual, begah, perut terasa perih, berat badan turun drastis, kehilangan nafsu makan, sulit menelan, dan sering bersendawa. Bahkan, infeksi ini juga bisa menyebabkan gastritis dan kanker lambung. Infeksi ini bisa didiagnosis dengan tes darah, napas atau tinja, dan ditangani lewat pemberian resep antibiotik untuk meredakan gejalanya.

  • Hernia Hiatal

Kondisi ini menyebabkan bagian atas lambung menonjol hingga ke bagian pembukaan diafragma. Diafragma bisa mencegah asam lambung naik ke kerongkongan, tetapi saat menderita hernia hiatal biasanya asam lebih mudah naik. Gejala yang terjadi meliputi rasa panas di dalam perut, sakit di dada, dan sendawa terus tanpa henti. Penyakit ini disebabkan oleh tekanan yang intens di sekitar perut seperti batuk yang kencang, refleks muntah,  buang air besar yang dipaksakan, dan saat mengangkat benda berat. Hernia hiatal umumnya terjadi pada wanita, orang yang kelebihan berat badan (obesitas), dan orang-orang yang berusia lebih dari 50 tahun.

  • Penyakit Lainnya

Ada beberapa penyakit lainnya yang menyebabkan tubuh memproduksi gas berlebih seperti pankreatitis kronis atau penyakit celiac. Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh pencernaan atau penyerapan gula serta polisakarida yang buruk. Kedua penyakit itu dinilai tidak terlalu parah, tetapi kalau sendawa sudah terlalu sering sebaiknya konsultasi ke dokter.

Penyakit lainnya yang juga membuat penderitanya lebih banyak bersendawa akibat perut yang tidak nyaman antara lain dyspepsia yang disertai mual, nyeri ulu hati, dan perut kembung; tukak lambung, yaitu luka pada dinding lambung, kerongkongan, dan usus halus bagian atas; gastroparesis, yaitu gangguan yang menyebabkan kelemahan pada otot dinding lambung karena kerusakan saraf yang mengatur fungsi lambung sehingga fungsi pencernaan menjadi lebih lambat; intoleransi laktosa, yaitu ketidakmampuan lambung mencerna laktosa dalam susu; gangguan penyerapan sorbitol atau karbohidrat fruktosa; gangguan pada pankreas (pancreatic insufficiency), dan sindrom dumping akibat pengosongan lambung yang terjadi secara cepat sebelum pencernaan makanan dapat mencerna dengan baik.

Sponsors Link

Bahaya Sering Sendawa

Jika keluhan sendawa yang terus-menerus disertai dengan satu atau lebih gejala-gejala yang tidak mengenakkan sebaiknya segera periksa ke dokter. Berikut bahaya yang mungkin muncul.

  • Sering Muntah

Muntah yang terlalu sering dan disertai dengan sendawa yang berlebihan adalah reaksi tubuh yang menandakan adanya masalah dalam tubuh terutama lambung. Menurut Bhavesh Shah dari Long Beach Medical Center di California, kondisi ini adalah gejala hernia hiatal atau kenaikan asam lambung (GERD) yang tentu saja berbahaya bagi tubuh jika tidak segera diobati. Kondisi ini juga menjadi gejala  penyumbatan di organ perut seperti pertumbuhan bisul di usus kecil.

  • Penurunan Berat Badan yang Drastis

Sendawa yang berlebihan akibat penyakit tertentu bisa menjadi penyebab tidak nafsu makan sehingga berat badan akan menurun drastis. Kondisi ini juga bisa menjadi pertanda perkembangan kanker perut. Sel kanker akan menyerap energi tubuh untuk terus berkembang biak dan menyebar sehingga membahayakan karena bisa menyebabkan kematian. Kondisi ini juga menandakan adanya peradangan, infeksi, atau bisul (ulkus) pada sistem pencernaan sehingga bukan penyebab kurang gizi.

ads
  • Sembelit atau Diare

Jika sendawa yang terjadi terus-menerus disertai sembelit, muntah, perut kembung, sakit perut parah, dan/atau penurunan berat badan adalah gejala-gejala obstruksi usus yang disebabkan oleh pertumbuhan tumor, jaringan parut, atau usus yang terbelit. Beberapa orang yang menderita penyakit ini bisa mengalami diare, bukan sembelit. Sendawa berlebihan yang disertai diare juga bisa menjadi tanda penyakit Crohn atau pancolitis.

  • Sakit Perut yang Parah

Sendawa yang terlalu sering dan disertai perut sakit seperti kram atau kembung yang terjadi cukup lama dapat menjadi salah satu gejala intoleransi laktosa atau alergi gluten. Kondisi ini sering terjadi karena  fermentasi makanan di usus yang menghasilkan gas berlebih.

  • Angin Duduk

Angin duduk juga biasanya disertai dengan sendawa yang terus menerus. Penyakit ini sama dengan sindrom jantung koroner akut yang menyerang hanya dalam 15 menit sampai 30 menit, kemudian orang yang terserang angin duduk bisa meninggal. Penderita angin duduk sebelumnya terlihat sehat tanpa ada gejala yang mengkhawatirkan. Menurut dunia kedokteran, penyakit Ini bukan sekedar masuk angin, tetapi identik dengan Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).

Cara Mengatasi Sendawa yang Berlebihan

Sendawa bukan hal yang berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus, tetapi kalau sendawa terjadi terlalu sering atau terus-menerus memungkinkan adanya penyakit tertentu yang diderita. Ada beberapa cara yang bisa mengatasi sendawa yang normal terjadi sebagai berikut.

  • Menghindari makan dan minum dengan terburu-buru
  • Tidak merokok atau membatasi konsumsi rokok yang menyebabkan udara masuk terlalu banyak
  • Tidak mengonsumsi permen dan permen karet (setidak dibatasi)
  • Menghindari konsumsi bir dan minuman berkarbonasi yang mengandung gas karbon dioksida
  • Jika memakai gigi palsu, coba periksa agar pemasangannya tepat sehingga meminimalkan udara yang tertelan saat mengunyah atau berbicara.
  • Jika mengalami nyeri ulu hati yang ringan bisa diatasi dengan mengonsumsi obat maag atau berkonsultasi ke dokter jika gejala yang dialami cukup berat.
  • Konsumsi minuman probiotik atau suplemen untuk membantu pencernaan sehingga sendawa berkurang dan hilang.
  • Melakukan olahraga ringan seperti berjalan santai setelah makan juga dapat membantu kelancaran proses pencernaan sehingga sendawa berkurang.

Sendawa yang tidak normal karena terjadi secara terus-menerus tentu saja memerlukan pengobatan secara medis atau tradisional. Cara yang paling tepat tentu saja berkonsultasi ke dokter agar bisa didiagnosis kondisi yang mungkin menyebabkan masalah. Ingatlah, setiap pengobatan akan tergantung pada penyebabnya. Dokter sudah ahli  tentang hal ini sehingga bisa mengetahui penyakit tertentu dari gejala yang muncul dan obat yang harus dikonsumsi oleh pasien. Berikut 2 cara pengobatan yang bisa dipilih sesuai dengan keyakinan dan kondisi tubuh.

  • Perawatan di Rumah

Jika bersendawa terlalu sering atau berlebihan karena perut kembung atau penyebab lainnya, berbaringlah miring ke kanan dan dekatkan lutut ke dada agar kondisi pencernaan terbantu. Pertahankan posisi tersebut sampai gas keluar berupa kentut atau sendawa yang panjang.

Sponsors Link

Cara lain yang bisa dilakukan adalah konsumsi makanan tertentu yang bisa menghilangkan penyebab sendawa. Jika sering bersendawa karena asam lambung yang naik berarti konsumsilah obat tradisional sendawa terus-menerus seperti jahe, cuka apel, the chamomile atau peppermint. Anda yang paling mengetahui kondisi tubuh sendiri sehingga bisa memperkirakan cara untuk mengatasinya sebelum pergi ke dokter agar kondisi tidak memburuk.

  • Perawatan Medis

Jika sudah melakukan perawatan di rumah, tetapi sendawa terus menerus dan berlebihan berarti Anda harus konsultasi ke dokter. Dokter akan menanyakan berbagai keluhan yang dialami secara terperinci sehingga bisa mengetahui penyakit yang diderita oleh pasien. Jika dokter belum yakin dengan diagnosisnya karena ragu tentang penyakit yang diderita pasien, dokter juga akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang seperti sinar X-abdominal, scan MRI, CT scan, scan ultrasound, tes pencernaan yang buruk, tes hidrogen dan metana, atau tes lainnya. Tes atau pemeriksaan lanjutan tersebut akan memberikan pandangan yang jelas tentang sistem pencernaan sehingga dokter akan lebih mudah untuk membuat diagnosis.

Kenali gejala-gejala yang timbul agar bisa mengobatinya dengan tepat. Pemahaman bisa mempermudah setiap orang untuk mengobati diri sendiri terlebih dahulu sebelum ke dokter. Banyak kasus yang telah terjadi, pasien yang tidak mengetahui kondisi dirinya biasanya tidak bisa menolong diri sendiri terlebih dahulu sehingga menyebabkannya meninggal sebelum ditangani oleh dokter karena kondisinya memburuk. Jangan pernah menganggap remeh sendawa karena sendawa yang terjadi berkali-kali bisa menjadi pertanda penyakit tertentu. Sadari kondisi diri sendiri agar terhindar dari berbagai kemungkinan buruk. Mulailah gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya yang mengintai nyawa kita.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan