Sponsors Link

12 Sayuran Untuk Asam Lambung yang Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Menderita sakit asam lambung tentunya bukan sekedar sakit yang terasa di area perut saja. Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, terkadang penderitanya juga bisa merasa mual hingga muntah. Jika sudah begitu, untuk makan saja rasanya cukup sulit, sebaiknya segera diobati. Sakit ketika asam lambung  seperti ini disebut gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala yang dialami biasanya berupa sakit pada bagian dada dan ulu hati, kita akan susah menelan makanan dan mulut bahaya muntah darah karena maag kronis umumnya berasa pahit atau asam dan keadaan perut kita sangat tidak nyaman.

ads

Jika diteliti secara mendalam, Asam lambung itu idelanya terus berada di organ lambung. Namun, ada keadaan dimana asam lambung ini malah keluar lambung dan naik hingga ke bagian kerongkongan. Pada saat inilah, seseorang mengalami asam lambung yang dikatakan tinggi. Baiknya, sakit asam lambung itu tidak dibiarkan begitu saja, karena akan membahayakan system pencernaan dan menimbulkan penyakit serius lainya.

Gejala Asam Lambung Tinggi

Mari kita mengenal proses asam lambung tinggi yang menyerang sebagian orang. Secara garis besar, Gerd atau asam lambung ini terjadi karena bagian  LES atau lower esophageal sphincter pada organ lambung, yang merupakan  bagian lingkaran otot dan terletak di bagian bawah  esophagus lambung,tidak dapat bekerja dengan maksimal lagi.

LES ini bekerja untuk menutup dan membuka gerbang antara kerongkongan dan lambung, ketika minuman atau makanan turun ke perut. Namun, ketika seseorang menjalankan pola makan yang salah, bagian LES ini akan menjadi longgar, sehingga tidak bisa menutup kembali dengan sempurna. Saat itu,  asam lambung  menjadi naik hingga keluar perbedaan penyakit tifus dan maag dari organ lambung.

Ketika reaksi asam lambung naik ke kerongkongan, penderitanya juga akan merasakan beberapa gejala lainya, seperti berikut:

  • Rasa panas seperti  terbakar di bagian sepanjang dada hingga punggung
  • Merasakan nyeri di bagian ulu hati, ketika mencoba untuk makan, sakit juga terasa ketika membungkuk
  • Penderita asam lambung akan merasakan rasa seperti asam pada bagian mulutnya
  • Sebagian penderita asam lambung juga mengalami batuk kering terus menerus menjelang malam hari
  • Bau mulut serta nafas yang kurang segar karena asam lambung naik
  • Peningkatan jumlah air liur karena keadaan asam yang naik

Penyebab Sakit Asam Lambung Pada Manusia

Selain menimbulkan beberapa gejala diatas, sakit asam lambung juga terjadi karena beberapa faktor penyebab. Bagi masyarakat Indonesia yang tinggal di perkotaan, sepertinya mereka lebih berisiko terkena penyakit asam lambung, dalam rentang waktu yang cukup sering. Hal tersebut karena, mereka menjalankan pola makan yang kurang teratur dan terlalu memaksimalkan gaya hidup ciri ciri perut begah yang kurang sehat.

Berikut adalah penyebab munculnya sakit asam lambung :

  • Makan Mulai Tidak Teratur

Orang yang makanya teratur, serta seimbang antara nutrisi dan gizinya, biasanya akan terhindar dari penyakit asam lambung. Namun, ketika pola makan mulai teratur, karena tingkat kesibukan yang meningkat, saat itulah fungsi lambung menjadi kurang maksimal dan mengeluarkan asam lambung.

  • Faktor Usia (Lansia)

Seseorang yang sudah memasuki usia lanjut, pada umumnya sudah tidak memiliki imunits yang kuat seperti saat muda dulu. Ketika terkena asam lambung, keadaan asam lambung mereka juga tidak bisa stabil danmudah mengalami penyakit lambung tersebut dalam bahaya polip lambung bagi tubuh rentan waktu yang sering.

  • Infeksi Bakteri Helicobacter

Bakteri yang dinamakan helicobacter pylori  merupakan salah satu penyebab munculnya sakit asam lambung. Seperti halnya bakteri salmonella pada penyakit tipes, bakteri helico ini juga masuk ke tubuh manusia dari makanan yang dikonsumsi yang kurang terjaga kebersihanya.

Sponsors Link

  • Konsumsi Minuman Alkohol

Alkohol dalam minuman memiliki efek yang kurang baik untuk kesehatan, khususnya kesehatan usus dan lambung, sebagai organ pencernaan. Meminum alcohol akan merusak system kerja sel di organ lambung dan menimbulkan asam lambung.

  • Sedang Menjalani Diet Ketat

Ketika diet, biasanya identik dengan mengurangi makanan yang biasa dikonsumsi, walaupun makanan tersebut sebetulnya dibutuhkan tubuh. Para pelaku diet seperti itu, tentunya rentan untuk mengalami asam lambung yang tinggi, karena harus mengosongkan perut dalam khasiat pisang untuk asam lambung waktu tertentu.

  • Kekurangan Vitamin

Tubuh kita membutuhkan vitamin serta mineral, agar dapat terus beraktifitas dalam kehidupan. Namun, bagi orang yang kekurangan vitamin dan mineral akan mudah terserang asam lambung, karena vitamin dan mineral ini justru mampu menjaga keseimbangan asam lambung dalam system pencernaan..

  • Kanker Pada Lambung

Biasanya sebelum pasien di diagnosa memiliki kanker pada organ lambung, pasien tersebut cukup sering terkena sakit asam lambung hingga ke tahap kronis.

  • Terkena Stress

Stress dan keadaan seperti tertekan yang diderita seseorang,  juga bisa menjadi penyebab sakit asam lambung menjadi tinggi. Stress rupanya berpengaruh terhadap otot LES, menyebabkan LES menjadi lemas dan tidak bisa bekerja maksimal.

ads
  • Kelebihan Serat dan Kafein

Seseorang yang sering mengkonsumsi minuman mengandung kafein tinggi secara berlebihan, atau mengkonsumsi makanan mengandung serat juga secara berlebihan, akan mudah pengobatan kanker usus tanpa operasi membuat asam lambung keluar dan naik hingga ke kerongkongan.

Sayuran Untuk Asam Lambung Dianjurkan

Penderita sakit asam lambung yang ringan atau kronis, juga perlu memperhatikan asupan makanan untuk kebutuhan setiap harinya. Jika harus mengkonsumsi sayuran, usahakan jangan yang mengandung serat tinggi, karena penderita asam lambung tidak boleh memakan sayuran dengan kadar serat terlalu tinggi. Sayuran yang dianjurkan tentunya yang mengandung rendah serat, tapi tetap bergizi.

Pasien yang sedang mengalami asam lambung , Sebaiknya disarankan untuk banyak mengkonsumsi sayuran yang terbukti mengandung serat alami. Serat alami biasanya terkandung pada sayuran dan buah-buahan.

Lalu sayuran dan buah apa saja yang boleh dikonsumsi orang yang mengalami asam lambung naik atau tinggi, berikut penjelasanya:

  • Kacang Hijau

Kacang hijau ternyata berfungsi sebagai anti luka untuk organ lambung dan mampu menurunkan kadar asam lambung yang sedang tinggi. Disarankan, konsumsi bubur kacang ijo tanpa santanya.

  • Asparagus

Sayur Asparagus mungkin jarang dikonsumsi masyarakat Indonesia kebanyakan. Namun, Sayuran yang biasanya disebut sayuran “elite” ini, hanya dikonsumsi oleh kalangan menengah ke atas. Asparagus memiliki kandungan kalsium juga fosfor tinggi yang bantu turunkan asam lambung.

  • Wortel

Konsumsi sayur wortel baik untuk kesehatan mata, karena mengandung vitamin A. Vitamin A baik untuk kesehatan mata kita. Selain itu, sayur wortel merupakan sayuran rendah serat yang juga mengandung kalsium, serta vitamin lainya.  Manfaat yang positif ini juga membantu menghindarkan pasien dari sakit asam lambung.

  • Kentang

Jika tidak ingin memakan nasi, maka kentang bisa jadi solusi yang tepat. Kentang juga salah satu  sumber makanan yang mengandung karbohidrat cukup tinggi dan aman untuk pencernaan. Sarapan pagi dengan kentang rebus atau kentang tumbuk misalnya, dapat  menetralisir asam lambung di perut.

  • Bayam Cabut

Sayuran bayam adalah salah satu sayuran hijau yang aman, jika dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Coba pilih daun bayam cabut yang warnanya hijau segar, agar saat dimasak akan lebih mudah dimakan.

  • Kunyit

Kunyit yang dapat diramu menjadi jamu, ternyata  dapat membantu menurunkan asam lambung di dalam perut. Tidak hanya itu, kunyit juga merupakan obat tukak lambung dan anti kanker karena mengandung  anti oksidanya tinggi.

  • Kubis

Sayur kubis banyak manfaatnya untuk kesehatan lambung. Asam laktatnya menjadi disinfektan untuk usus besar. Anti inflamasinya dapat  membersihkan radang pada organ tubuh. Penderita penyakit lambung seperti asam lambung cocok makan sayur kubis, karena bisa membunuh bakteri penyebabnya.

  • Labu Siam

Labu siam adalah salah satu jenis sayur yang direkomendasikan untuk sakit asam lambung. Sebaiknya, Anda pilih labu siam yang ukuranya sedang dan kulitnya masih belum keluar duri.

Sponsors Link

  • Selada Bokor

Sayur selada bokor  yang sering dijadikan makanan lalapan ini, juga memiliki kandungan sumber basa (alkali) yang tinggi. Dengan begitu, konsumsi lalapan selada dapat menurunkan asam lambung yang naik dan sering terjadi.

  • Mentimun

Mentimun juga jenis sayuran yang selain segar, juga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Mentimun memiliki kandungan serat alami, yang aman khasiat daun kemangi untuk maag dan kesehatan dicerna lambung.

  • Buncis

Buncis diketahui memiliki kandungan magnesium, berupa  mineral yang fungsinya untuk menciptakan efek berupa rasa tenang. Buncis baik juga untuk kesehatan pencernaan dan aman dikonsumsi ketika asam lambung.

  • Adas

Tanaman adas biasanya digunakan sebagai bumbu juga  obat alami. Adas berperan sebagai anti inflamasi (peradangan) jika dikonsumsi. Asam lambung yang berlangsung lama dapat menyebabkan luka pada lambung, sebaiknya konsumsi adas sesuai kebutuhan.

Penyakit asam lambung biasanya merupakan penyakit yang hilang timbul, sehingga dalam kurun waktu tertentu bisa kambuh kapan saja. Untuk mencegahnya, sebaiknya mulai mengatur pola makan yang lebih sehat, serta mengkonsumsi obat asam lambung jika perlu. Sayuran untuk asam lambung diatas, juga dapat dijadikan alternative makanan sehat yang bersahabat dengan asam lambung Anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Sayur Sayuran