Sponsors Link

8 Jenis Sayuran Penambah Nafsu Makan yang Enak dan Aman Untuk Dikonsumsi

Sponsors Link

Kehilangan nafsu makan sering terjadi karena stress atau terkena penyakit tertentu. Banyak orang yang menganggap kehilangan nafsu makan adalah wajar karena tidak ada gejala-gejala tertentu yang cukup berbahaya untuk kesehatan. Tetapi, jika kondisi ini dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa memicu kondisi yang cukup serius, terutama kalau kekurangan berat badan.

ads

Kalau nafsu makan hilang selama beberapa hari maka segera ditanggulangi agar kondisi tersebut tidak berlanjut. Beberapa akibat dari kehilangan nafsu makan yang diabaikan adalah gangguan lambung, lemas, kurang nutrisi sehingga bisa pingsan karena tubuh tidak mendapat asupan makanan yang cukup. Kalau Anda penyuka sayuran maka ini hal yang baik karena ada beberapa jenis sayuran yang merupakan makanan penambah nafsu makan. Berikut beberapa jenis sayuran penambah nafsu makan.

1.  Sayuran yang Rasanya Pahit

Sayuran pahit ternyata bisa mengembalikan nafsu makan. Mungkin aneh, tetapi kenyataannya sayuran pahit memang bisa menambah nafsu makan. Cairan empedu bermanfaat bagi sistem pencernaan terutama merangsang nafsu makan.  Jika Anda tidak suka rasa pahit dari sayuran tersebut sehingga membuat tidak nafsu makan, sebaiknya siasati dengan mengolah sayuran pahit tersebut dengan kuah bersantan yang gurih dan tinggi kalori atau menambahkan mayonnaise agar rasanya menjadi nikmat seperti salad. Alternatif lainnya, Anda bisa menambahkan rempah-rempah yang beraroma harum karena bisa menggugah selera makan, apalagi rempah-rempah juga bisa menambah nafsu makan.

Sayuran-sayuran pahit memiliki khasiat alami karena mengandung berbagai jenis vitamin dan zat yang mampu mengembalikan nutrisi yang hilang. Bahkan, ada cara jitu untuk memasak daun pepaya agar rasa pahitnya berkurang atau tersamarkan, yaitu dimasak bersama remasan garam. Jadi, tidak usah langsung malas atau tidak tertarik dengan sayuran pahit karena setelah dimakan justru akan menimbulkan rasa ketagihan dan bisa membuat Anda menambah porsi nasi sebagai makanan yang mengandung banyak karbohidrat, apalagi kalau dimakan bersama lauk yang mendukung. Namun, ketahui juga bahaya makan berlebihan.

2.  Tomat

Tomat mengandung asam nitrat yang terasa segar sehingga mampu menambah nafsu makan. Tomat tidak hanya menambah nafsu makan pada orang dewasa, tetapi juga untuk anak balita. Anak balita sebaiknya mengonsumsi banyak tomat. Kalau si anak suka memakannya secara langsung itu lebih baik, tetapi kalau si anak tidak suka karena rasanya yang agak asam maka Anda perlu menyiasatinya. Potonglah tomat kecil-kecil dan campurkan ke dalam bubur atau makanannya sehingga anak tidak menyadari kalau dia memakan tomat. Alternatif lainnya dibuat jus sehingga anak tinggal meminumnya di siang hari yang panas sehingga lebih segar.

3.  Brokoli

Brokoli benar-benar bisa menambah selera makan karena rasanya yang enak, terutama kalau dimasak dengan bumbu yang pas. Brokoli mengandung banyak vitamin C, kalium, protein, dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Sayur yang bentuknya unik dan lucu ini semakin meroket namanya karena mengandung zat antioksidan yang ampuh melawan pertumbuhan sel kanker. Bahkan, brokoli juga membantu masalah kesehatan lain termasuk anemia karena bisa meningkatkan sel darah merah dalam tubuh.

4.  Lobak

Lobak adalah sayuran berbentuk kecil, berwarna menarik, memiliki rasa yang kuat dan lezat terutama jika disajikan sebagai salad akan menambah nafsu makan. Lobak tidak selalu berwarna hijau karena ada warna lainnya, yaitu putih, merah, ungu, hitam, serta terdiri dari beberapa jenis. Orang-orang Asia Timur seperti Jepang dan China sangat gemar mengonsumsi lobak.

Sponsors Link

Orang Jepang sering menggunakan lobak hijau yang rasanya pedas untuk membuat wasabi. Lobak memiliki banyak manfaat antara lain mampu meningkatkan nafsu makan, melancarkan pencernaan, dan menghilangkan asam urat melalui urine. Cara mudah untuk mengonsumsinya adalah dengan diparut dan dicampur bawang putih agar lebih berkhasiat bagi kesehatan. Jus lobak juga bisa dinikmati sebagai pilihan minuman sehat pada pagi hari.

5.  Sayur Bayam

Sayur bayam bisa menambah nafsu makan dan menambah darah setelah diproses oleh tubuh. Zat besi yang dikandung sayur bayam segar bisa merangsang produksi hemoglobin atau sel darah merah. Konsumsi yang teratur juga bisa mengatasi anemia. Tak heran kalau Popeye sangat menyukai sayur bayam karena rasanya yang enak dan bisa menambah tenaga. Sayur bening bayam yang baru selesai dibuat apabila dimakan bersama nasi hangat akan sangat menggugah selera makan.

6.  Sayur Kangkung

Sayur kangkung juga kaya akan zat besi sepertinya temannya, yaitu bayam. Tumis kangkung yang rasanya enak bisa membuat nafsu makan meningkat. Sayur ini juga bisa mendongkrak produksi sel darah merah. Konsumsi sayur kangkung juga bisa memenuhi kebutuhan akan vitamin, mineral, dan  serat. Cobalah beragam alternatif menu masakan agar tidak bosan dengan sayur ini.

ads

7.  Sayur Buncis

Sayur buncis bisa menggugah selera makan terutama kalau dimasak dengan orak-arik. Buncis yang ditumis juga lezat apalagi disantap dengan nasi panas. Buncis memiliki kandungan asam folat yang tinggi daripada sayuran lainnya sehingga bagus bagi penderita anemia karena sel darah merah akan tumbuh lebih cepat dalam jumlah lebih banyak. Kalau Anda merasa nafsu makan berkurang maka Anda harus menyiasati sayuran ini agar tidak bosan untuk memakannya.

8.  Sayur Genjer

Banyak sayuran yang dikonsumsi setiap hari memiliki kandungan aneka vitamin sehingga baik untuk kesehatan. Tidak banyak orang yang tahu kalau sayur genjer bisa meningkatkan nafsu makan. Saat ini sayur genjer tidak asing lagi bagi masyarakat perkotaan, walaupun dahulu sayur ini hanya dikonsumsi oleh warga di pedesaan, terutama warga yang miskin. Kenapa demikian? Karena sayur ini mudah hidup di genangan air seperti rawa-rawa sehingga semua orang mudah untuk mengambilnya. Sayuran ini biasanya tumbuh bersama dengan eceng gondok. Tahukah Anda apa saja manfaatnya? Ternyata genjer memiliki serat yang tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Serat ini bisa menyehatkan pencernaan, mencegah sembelit, mengikat lemak di dalam tubuh sehingga tidak menumpuk, dan meningkatkan metabolisme tubuh. Kadar serat di dalam genjer juga bisa menstabilkan kadar gula darah.

Genjer juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Sayur ini baik sekali untuk dijadikan sebagai sumber energi bagi tubuh, serta menambah stamina dan mengikat lemak di dalam tubuh. Kandungan kalsium ini bisa membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tulang dan gigi termasuk mencegah osteoporosis dini. Genjer juga mengandung fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Dalam 100 gram genjer, ada 33 gram fosfor dan 2,1 mg zat besi. Kandungan fosfor yang berpadu dengan kandungan kalsium akan menjadi vitamin yang menjaga kesehatan tulang. Tahukah Anda kalau genjer dapat menambah nafsu makan? Ya, itulah faktanya. Jika Anda sedang kehilangan nafsu makan, segeralah mengonsumsi sayur genjer. Sayur ini paling lezat kalau ditumis sehingga Anda bisa memasaknya dengan mudah. Konsumsilah sayuran ini tiga kali dalam satu minggu agar bisa segera melihat reaksinya, Gairah makan Anda pasti meningkat sehingga berat badan akan bertambah. Genjer akan membuat Anda makan nasi lebih banyak sehingga sangat baik kalau mau menambah berat badan.

Sayuran harus selalu dikonsumsi setiap hari karena tubuh selalu membutuhkan makanan yang mengandung banyak serat sehingga kesehatan tubuh bisa terjaga dan menjadi cara mencegah sembelit. Sayuran juga mengandung vitamin dan nutrisi yang lebih tinggi yang meningkatkan nafsu makan dan melawan infeksi secara alami. Jika bingung sayuran apa saja yang bisa meningkatkan nafsu makan, setelah membaca artikel ini pasti Anda sudah tidak bingung lagi. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah memikirkan atau mencari tahu cara untuk memasaknya agar tidak bosan untuk mengonsumsinya terutama untuk anak-anak yang susah makan. Kalau Anda kurang pandai memasak sebaiknya membeli sayuran yang sudah matang, tetapi pastikan kebersihannya.

Sayuran yang bisa menambah nafsu makan tersebut mudah untuk ditemukan di mana saja. Di pasar tradisional, di pasar swalayan, atau di toko yang menjual bahan makanan sehari-hari. Harga dari sayuran-sayuran tersebut juga tidak mahal sehingga bisa dibeli kapan saja dalam jumlah yang cukup banyak. Kalau anak Anda yang mengalami penurunan nafsu makan sebaiknya kreatif untuk mengolah makanan untuk anak kurang gizi menjadi lebih menarik. Buatlah bentuk yang menarik agar anak-anak mau memakannya. Misalnya, sayuran dibentuk menjadi tokoh kartun tertentu kesukaan anak Anda. Pasti si anak akan bersemangat untuk memakannya. Kalau sang anak masih kecil sebaiknya sayuran bisa disembunyikan di dalam makanan kesukaannya sehingga dia tidak tahu kalau ada sayuran yang tidak disukainya. Waspadai perut sering mulas sehabis makan.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Sayur Sayuran