Sponsors Link

Sakit Setelah Operasi Usus Buntu, Kenapa? Apa Bahayanya?

Sponsors Link

Tentunya kita sudah tidak asing dengan beberapa kasus yang terjadi setelah di lakukan nya operasi usus buntu. Ada baiknya sebelum seseorang melakukan operasi usus buntu, seseorang harus tahu metode apa yang di lakukan untuk operasi yang akan dia jalani, bahkan menurut beberapa orang hal ini adalah suatu hal yang wajib di ketahui.

ads

Pengetahuan tentang apa jenis operasi usus buntu yang akan kita jalani akan membuat anda tau juga apa efek samping nya dan apa yang harus di lakukan untuk menghilangkan efek samping nya. Namun ada beberapa efek setelah operasi usus buntu yang tergolong dalam efek samping ringan, akan tetapi ada juga yang tetap menimbulkan rasa sakit walau sudah berhari – hari setelah operasi selesai. Apa yang membuat hal tersebut dapat terjadi? Apakah bahaya? Nah disini kita akan membahas nya untuk anda. Baca dan ketahui juga tentang ciri ciri usus luka.

Operasi Usus Buntu

Sebenarnya operasi usus buntu tidak akan mempengaruhi masalah kesehatan bagi anda, akan tetapi bila efek samping dibiarkan dan tidak di tangani secara benar dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya dan dapat menyebab kan komplikasi. Ada beberapa jenis pengangkatan usus buntu kami akan memberikan 2 cara untuk anda , yaitu:

  • Melakukan bedah sayatan terbuka yang berada di bawah perut bagian kanan, sakit perut bagian atas tengah
  • Laparoskopi bisa di sebut juga lubang kunci merupakan operasi dengan memberikan beberapa sayatan kecil dengan menggunakan kamera kecil yang berguna untuk memvisualisasi kan daerah yang sedang di operasi

Pada umumnya teknik laparoskopi akan membutuhkan waktu penyembuhan yang lebih singkat atau pendek bila di bandingkan dengan tekni bedah sayatan terbuka. Operasi yang menggunakan teknik bedah sayatan terbuka pada umumnya akan melakukan aktivitas pada waktu 2-3 minggu pasca operasi dan atidak di perkenankan melakukan aktivias – aktivitas yang berat biasanya dalam kurun waktu 1 hingga 2 bulan lamanya pasca operasi.

Pada umumnya luka yang di hasilkan pasca operasi usus buntu akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 4 – 6 minggu, akan tetapi juga tergantung dengan metode oprasi apa yang ia gunakan dan juga tergantung dengan dokter yang menangani operasi nya apakah sudah benar sesuai aturan atau masih ada kesalahan walau sekecil apapun juga akan menimbulkan efek samping yang tidak di inginkan. Anda harus memperhatikan gejala berikut ini, jika anda mengalami gejala berikut ini sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang mengoprasi anda sewaktu anda mengalami operasi usu buntu. Beberapa gejalanya :

  • Bekas luka yang mengeluarkan nanah
  • Timbul bekas luka yang berwarna kemerahan dan merasa nyeri pada bekas luka tersebut
  • Terbukanya kembali luka setelah operasi

Penderita juga akan merasakan sakit parah apabila terjadi penekanan pada perut yang di sertai dengan gejala – gejala berikut ini :

  • Kurangnya nafsu makan
  • Meraskan perut kembung
  • Mengalami gejala susah buang anin
  • Merasa mual dan sering muntah – muntah
  • Terjadi diare yang parah
  • Mengalami demam

Anda juga harus memperhatikan gejala yang terjadi, karna jika di biarkan anda dapat mengalami komplikasi dan juga dapat mendatangkan penyakit yang lebih parah. Rasa sakit dan nyeri pasca oprasi usus buntu juga dapat di sebabkan atau di akibat kan oleh beberapa alasan di bawah ini:

Sponsors Link

1. Usus yang belum stabil

Setelah menjalani oprasi usus buntu, pada umum nya pasien akan mengalami rasa sakit dan susah buang air besar dan juga biasanya di tambahi dengan mengalami gejala diare. Hal tersebut juga dapat di sebabkan dari akibat kontraksi di dalam usus yang berkurang, sehingga akan menyebabkan gas menjadi menumpuk pada perut dan membuat perut anda kembung.

Setelah operasi usus buntu juga dapat mengakibatkan jaringan parut yang dapat membuat usus mengecil dan membuat system pencernaan anda tidak lancer. baca dan ketahui juga tentang obat tradisional apendistis.

2. Terjadinya infeksi pada perut

Rasa sakit pasca operasi usus buntu merupakan hal yang umum. Ini terjadi karna di akibatkan yang di hasilkan dari bekas luka sayatan yang masih basa dan mengeluarkan nanah. Infeksi yang terjadi pada perut ini biasanya terjadi pada pasien yang menjalani operasi dengan tekni sayatan terbuka

3. Salah dalam memilih makanan

Munculnya sakit dan nyeri pasca operasi usu buntu juga dapat di sebabkan dari salah nya kita dalam memilih makanan karna anda juga harus memperhatikan apa yang anda konsumsi, anda juga harus menghindari merokok. Pada umummnya factor ini yang dapat menyebabkan system pencernaan kita tidak lancer.

ads

4. Efek samping karena obat

Sakit dan  nyeri pasca operasi usus buntu juga dapat di akibatkan oleh salahnya pemilihan obat  atau obat bius yang anda gunakan. Hal ini biasanya dapat mengakibatkan dinding dinding pada otot terserang dan dapat memberi dampak hernia. Atau bisa juga tubuh anda tidak kuat menerima obat bius yang di berikan anda saat anda menjalani operasi usus buntu.

Anda dapat mengkonsultasi kan nya ke dokter yang menangani anda saat menjalani operasi usus buntu , agar anda mendapat penanganan yang tepat dan anda dapat segara sembuh dan beraktivitas seperti biasa lagi. baca dan ketahui juga tentang perut terasa panas dan mual.

5. Mengenai organ lain

Nyeri dan sakit yang di hasilkan setelah operasi usus buntu juga dapat di akibatkan oleh pergesekan, atau tidak sengaja mengenai organ lain anda saat dokter sedang mengoprasi anda. Anda dapat berkonsultasi ke dokter anda apa bila anda mengalami rasa sakit yang dirasa parah atau sakit sekali. Jangan di biarkan karna dapat membawa penyakit yang lebih dan dapat menyebabkan komplikasi , jika di sudah di rasa anda harus membawanya kedokter.

6. Asupan vitamin yang kurang

Nah nyeri dan sakit yang dialami saat pasca operasi usus buntu juga dapat di sebabkan akibat kurangnya asupan vitamin. Karna vitamin sangat penting bagi kebutuhan tubuh anda dan asupan vitamin juga dapat mempercepat proses penyembuhan pada diri anda pasca operasi usus buntu. Ketahui juga tentang, cara mengobati maag dengan kunyit.

7. Terjangkit penyakit lain

Nah selain beberapa factor di atas, rasa sakit dan juga mual yang di sebabkan pasca operasi usus buntu juga dapat di akibatkan akan penyakit lain yang sedang menyerang anda. Ini juga dapat di akibat oleh lambat nya penyembuhan pada luka operasi usus buntu anda. Anda harus menyebabkan faktor-faktor yang membuat penyembuhan pasca operasi usus buntu menjadi lambat, dan anda harus menjauhinya.

8. Psikologis

Pada umumnya ternyata psikologis juga dapat mempengaruhi rasa sakit dan nyeri yang di alami and pasca operasi usus buntu. Hal ini juga dpat memperlambat anda dalam penyembuat pasca operasi usus buntu.

Nah karena itu, anda harus selalu memikir kan dan memeperhatikan apa hal yang dapat mengganggu dan memperlambat penyembuhan anda. Buang rasa strees dan rasa cemas, karna rasa sakit dan nyeri yang di alami pasca oprasi usus buntu merupakan hal yang umum terjadi.

Apa dan bagai mana penanganan untuk menghilangkan rasa sakit pasca operasi usus buntu?

Setelah kita semua mengetahui factor dan penyebab yang membuat terhambatnya penyembuhan kita pasca oprasi usus buntu, tentunya kita tidak perlu khawatir. Bila di rasa di perlukan anda dapat mengunjungi dokter untuk berkonsultasi rasa sakit dan nyeri yang sedang anda alami pasca operasi usus buntu, dan bila semakin lama terenyata rasa nyeri bukanya sembuh akan tetapi malah bertambah.

Sponsors Link

Anda juga harus mengunjungi dokter yang dulunya mengatasi oprasi anda agar anda mendapatkan penanganan yang khusus dan anda juga dapat di berikan obat untuk mempercepat penyembuhan anda dan menghilangkan rasa nyeri dan sakit anda pasca operasi usus buntu. baca dan ketahui juga tentang perut terasa panas dan mual.

Penanganan jika anda mengalami komplikasi?

  • Memberikan obat antibiotic yang sudah di konsultasi kan kedokter, jangan sampai anda asal membeli obat antibiotic dan yang akhirnya dapat membuat anda menjadi semakin parah. Anda harus berkonsultasi dahulu kedokter dan meminta resep obat anti biotik yang sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Ketika anda berkonsultasi ke dokter biasanya dokter juga akan memberikan obat yang dapat menghilangkan rasa nyeri selain obat anti biotik. Yang perlu di perhatikan oleh anda adalah jangan sekali kali anda mengubah dosis yang sudah di berikan dokter untuk anda.
  • Perbanyak waktu istirahat, agar proses penyembuhan luka anda menjadi cepat. Jangan banyak melakukan aktivitas yang berat karna nanti pada akhirnya juga dpat membuat luka pasca operasi usus buntu anda dpat terbuka kembali dan membuat anda merasakan rasa sakit dan nyeri yang lebih sakit dari yang di alamisebelum nya.

Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda untuk mempercepat penyembuhan anda dari efek samping yang anda alami pasca operasi usus buntu anda.

Sponsors Link
, ,