Sponsors Link

Hati-Hati! Inilah 17 Sakit Perut yang Mematikan yang Wajib Anda Waspadai

Sponsors Link

Sakit perut adalah masalah kesehatan yang pernah dialami oleh hampir semua orang. Masih banyak orang yang menyepelekan sakit perut. Padahal sakit perut bisa menjadi sebuah gejala masalah kesehatan yang lebih serius, yang bahkan dapat mematikan jika tidak segera diobati.

ads

Sebenarnya apa saja sih, macam-macam sakit perut berbahaya yang mematikan itu? Berikut ini adalah 17 sakit perut yang mematikan:

1. Usus Buntu

Penyakit usus buntu terjadi ketika adanya infeksi pada usus buntu. Masih banyak yang percaya bahwa penyakit ini dapat ditangani dengan obat usus buntu tanpa operasi. Akan tetapi, efek samping akibat usus buntu tidak dioperasi ini dapat mematikan. Sampai saat ini, satu-satunya cara untuk menyembuhkan usus buntu yang diakui medis adalah melalui operasi pengangkatan usus buntu.

Gejala umum usus buntu:

  1. Perut bagian kanan bawah terasa nyeri
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Demam
  5. Tidak bisa buang gas
  6. Nafsu makan hilang
  7. Diare atau sembelit

Usus buntu yang meradang akan mematikan apabila tidak segera ditangani. Radang usus buntu juga akan pecah jika dibiarkan saja. Tersebarnya infeksi ke seluruh organ di dalam perut adalah salah satu akibat usus buntu pecah yang berakibat mematikan bagi si penderita.

2. Penyakit Crohn

Penyakit crohn adalah penyakit radang usus kronis. Penyakit ini dapat mengakibatkan seluruh lapisan dinding sistem pencernaan meradang.

Gejala umum penyakit Crohn:

  1. Sakit perut, biasanya sakit perut setelah makan
  2. Diare
  3. Mual dan muntah
  4. Kotoran bercampur darah
  5. Nafsu makan turun
  6. Berat badan turun
  7. Merasa lelah yang berlebih
  8. Demam

Bahaya yang akan terjadi apabila penyakit ini tidak ditangani adalah komplikasi yang dapat mengancam nyawa si penderita, seperti kanker usus.

3. Kanker Lambung

Jangan anggap remeh sakit perut, karena sakit perut bisa jadi gejala tahap awal kanker lambung. Berikut ini adalah gejala lain tahap awal kanker lambung yang menyertai sakit perut:

  1. Perut kembung
  2. Mual
  3. Muntah
  4. Cepat kenyang
  5. Sulit menelan makanan
  6. Tulang dada sakit
  7. Lelah yang berlebihan
Sponsors Link

4. Kanker Usus Besar

Kanker usus besar diawali oleh polip atau tumor jinak pada usus besar. Karena tidak segera ditangani, tumor jinak tersebut berubah menjadi tumor ganas (kanker) yang mematikan. Penyebab kanker usus besar sangat bermacam, salah satunya adalah faktor keturunan.

Gejala kanker usus besar:

  1. Sakit perut
  2. Perut kembung
  3. Diare atau sembelit
  4. Kotoran bercampur darah
  5. Berat badan turun
  6. Badan terasa lelah
  7. Nafsu makan turun

5. Obstruksi Usus

Obstruksi usus adalah menyumbatan usus besar atau usus halus. Obstruksi usus akan mematikan apabila tidak ditangani, karena makanan yang bertumpuk pada daerah yang tersumbat akan memberikan tekanan pada usus yang akan menyebabkan usus bocor. Isi di dalam usus bisa keluar ketika usus bocor dan masuk ke dalam rongga perut, yakni bagian tubuh yang mana makanan tidak semestinya berada.

Sponsors Link

Gejala obstruksi usus:

  • Sakit perut muncul dan hilang secara menerus
  • Sembelit
  • Muntah
  • Sulit buang angin

Selain kelima penyakit tersebut, sakit perut yang mematikan lainnya bisa menjadi gejala dari penyakit:

  1. Batu Ginjal
  2. Tukak Peptik
  3. Divertikulitis
  4. Batu Empedu
  5. Sindrom Iritasi Usus
  6. Penyakit Asam Lambung
  7. Radang Usus
  8. Hernia Hiatus
  9. Disentri
  10. Kolera
  11. Perlengketan Usus
  12. IBS (irritable bowel syndrome)

Itulah tadi 17 sakit perut yang mematikan. Sebagian besar gejala sakit perut yang mematikan ini terbilang cukup mirip. Oleh sebab itu, kunjungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan penanganan yang tepat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :