Sponsors Link

Sakit Perut Setelah Makan Udang: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Semua orang pasti tahu bahwa udang adalah salah satu jenis binatang yang dapat ditemukan di daerah perairan, seperti laut, sungai dan danau. Binatang ini dapat diolah menjadi berbagai macam jenis makanan yang dapat menggugah selera makan, terutama selera makan para pencinta makanan laut. Sayangnya, setelah mengonsumsi udang, tidak sedikit orang yang mengalami reaksi yang tidak mengenakkan, seperti sakit perut misalnya.

ads

Penyebab dan Gejala Sakit Perut Setelah Makan Udang

Apabila Anda pernah mengalami sakit perut setelah makan udang, ada beberapa kemungkinan yang dapat jadi penyebab dari sakit perut yang Anda derita itu. Berikut adalah beberapa penyebab sakit perut setelah makan udang beserta dengan gejalanya:

  • Alergi Udang

Sakit perut setelah makan udang atau produk makanan yang mengandung udang bisa jadi disebabkan oleh alergi udang. Alergi udang adalah reaksi tidak normal yang dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh manusia terhadap protein yang terkandung dalam udang. Sistem kekebalan tubuh menganggap protein udang sebagai zat yang beresiko untuk tubuh, sehingga sistem imun tubuh membentuk antibodi sebagai perlawanan terhadapt protein yang dianggapnya berbahaya tersebut. Sistem imun tubuh kemudian akan mengeluarkan histamin beserta zat lainnya yang memicu reaksi alergi.

Ciri dan gejala alergi udang biasanya langsung tampak dalam beberapa menit sampai satu jam setelah memakan udang. Berikut ini adalah beberapa gejalanya:

  1. Rasa sakit pada perut beserta mual dan diare, yang terkadang disertai dengan muntah
  2. Rasa gatal di mulut
  3. Pusing dan lemas
  4. Pembengkakan pada tenggorokan, bibir, lidah, wajah atau area tubuh bagian lainnya
  5. Rasa gatal atau eksim (dermatitis atopik) yang terjadi pada kulit bagian tubuh manapun
  6. Hidung terasa tersumbat disertai kesulitan bernapas
  • Keracunan Udang

Selain alergi udang, sakit perut setelah makan udang juga bisa diakibatkan oleh keracunan udang. Mengonsumsi udang yang sudah terinfeksi oleh mikroorganisme seperti bakteri, parasit, racun, atau virus dapat menyebabkan keracunan udang. V. Cholerae adalah salah satu jenis bakteri yang dapat menginfeksi udang. Kondisi habitat udang yang hidup di perairan, apalagi di perairan yang penuh polutan, dapat menyebabkan bakteri tersebut dengan mudahnya menginfeksi udang. Ketika keracunan udang, sistem pencernaan akan terganggu. Sistem pencernaan dapat meradang dan menimbulkan gejala pada si penderitanya, seperti:

  1. Sakit perut
  2. Keram perut
  3. Perut kembung
  4. Diare
  5. Mual
  6. Muntah
  7. Demam ringan

Gejala-gejala tersebut biasanya muncul satu sampai empat jam setelah makan udang, dan bisa berlangsung selama tiga hari lamanya.

Perlu diketahui bahwa meskipun gejala keracunan udang hampir mirip dengan gejala alergi udang, ada satu hal penting yang membedakan keduanya: keracunan udang biasanya terjadi hanya ketika memakan udang yang telah terinfeksi oleh bakteri atau virus saja, sedangkan alergi udang terjadi setiap setelah makan udang atau makanan yang mengandung udang. Oleh karena itu, jika perut selalu sakit atau perut sering mulas sehabis makan udang, besar kemungkinan Anda mempunyai alergi terhadap udang.

Sponsors Link

  • Batu di Kantung Empedu

Batu empedu adalah batu yang terbentuk dalam saluran empedu yang berasal dari kolestrol. Batu di kantung empedu dapat terbentuk ketika tidak adanya keseimbangan kolestrol dan zat lain di dalam cairan empedu. Udang adalah salah satu jenis makanan yang mengandung kolestrol. Mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi dapat menyebabkan kantung empedu kewalahan dalam menampung getah empedu yang berfungsi untuk meluruhkan lemak dan kolestrol. Akibatnya, kolestrol yang berlebih akan menumpuk di dalam kantung empedu yang kemudian akan menjadi batu empedu. Perut perih setelah makan udang bisa saja menandakan batu empedu. Gejala batu empedu biasanya mulai tampak ketika ukuran batu empedu cukup besar. Berikut ini adalah beberapa gejalanya:

  1. Sakit perut bagian atas tengah dan di bawah tulang dada
  2. Punggung terasa nyeri, terutama di antara tulang bahu
  3. Mata berwarna kuning (sakit kuning)
  4. Demam
  5. Diare
  6. Mual dan muntah
  • Maag

Selain karena semua penyebab di atas, sakit perut setelah makan udang bisa saja terjadi karena maag. Maag adalah sebuah gejala yang ditandai dengan rasa tidak nyaman atau sakit pada bagian atas perut. Sakit maag setelah makan, seperti setelah makan udang, adalah gangguan umum yang dialami oleh banyak orang. Inilah beberapa gejala maag kambuh setelah makan udang nya:

Sponsors Link

  1. Rasa sakit pada perut
  2. Mual
  3. Perut terasa kembung
  4. Muntah
  5. Perut terasa begah setelah makan

Pengobatan Sakit Perut Setelah Makan Udang

Pengobatan sakit perut setelah makan udang tergantung dari penyebabnya. Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati sakit perut setelah makan udang berdasarkan penyebabnya:

  • Jika disebabkan oleh alergi udang, hindarilah untuk mengonsumsi udang dan makanan yang mengandung udang. Cobalah minum obat yang mengandung antihistamine yang dapat membantu mengurangi rasa gatal akibat alergi udang.
  • Jika disebabkan oleh keracunan udang, perbanyaklah asupan cairan untuk terhindar dari dehidrasi yang bisa terjadi akibat keracunan udang.
  • Jika disebabkan oleh batu empedu, kurangilah makanan yang mengandung lemak dan kolestrol tinggi.
  • Jika disebabkan oleh maag, hindarilah aktivitas fisik berat setelah makan udang yang dapat memicu terjadinya sakit perut. Cobalah makanan untuk asam lambung dan maag.

Pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter masih sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab pasti sakit perut setelah makan udang. Dokter juga dapat menyarankan langkah penanganan dan pengobatan apa yang sesuai dengan kondisi tubuh si penderita agar gangguan ini cepat teratasi.

Sponsors Link
, , , , ,