Sponsors Link

Sakit Perut Setelah Makan Nangka: Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Anda mungkin sudah tidak asing dengan nangka, sebab buah yang satu ini lumayan populer di Indonesia. Rasanya yang manis dan unik membuat buah ini cukup banyak memiliki penggemar. Buah ini juga mengandung nutrisi yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin A dan C dalam nangka, menjadikan buah ini dapat digunakan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta baik untuk menjaga kesehatan mata.

ads

Nangka juga mengandung magnesium dan zat besi yang bermanfaat untuk menjaga sel darah dan kesehatan tulang. Selain itu, buah ini juga merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak serat, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk membantu sistem pencernaan, serta dapat menjadi cara mencegah sembelit.

Sayangnya, tidak semua orang dapat menikmati buah ini dengan seutuhnya, karena beberapa orang akan mengalami efek tak enak setelah memakannya. Sakit perut adalah salah satu efek setelah makan nangka yang dapat terjadi pada beberapa orang, terutama orang yang memiliki perut sensitif.

Gejala Sakit Perut Setelah Makan Nangka

Sama halnya dengan semua gangguan kesehatan, sakit perut setelah makan nangka juga menimbulkan beberapa gejala pada penderitanya. Gejala perut perih setelah makan nangka memang tergantung pada penyebabnya. Akan tetapi, ada beberapa gejala umum sakit perut setelah makan nangka. Di bawah ini adalah gejala umum sakit perut setelah makan nangka:

  • Perut sakit seperti kram yang muncul beberapa menit sampai beberapa jam setelah makan nangka
  • Perut kembung
  • Mual yang terkadang disertai muntah
  • Diare atau sembelit

Penyebab Sakit Perut Setelah Makan Nangka

Seperti yang telah disebutkan di atas, sakit perut setelah makan nangka utamanya menimpa mereka yang memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi di perutnya. Namun, hal tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa orang dengan tingkat sensitivitas perut normal tidak akan terkena sakit perut setelah makan nangka. Lantas, mengapa sakit perut setelah makan nangka bisa terjadi? Di bawah ini adalah beberapa alasan atau penyebab sakit perut setelah makan:

1. Terlalu Banyak Makan Nangka

Banyaknya nangka yang dimakan dapat berpengaruh pada sistem pencernaan. Mengonsumsi nangka dalam takaran yang di atas wajar dapat menyebabkan sakit perut setelah makan nangka, karena pada dasarnya yang berlebihan itu tidak baik. Nangka tersusun dari berbagai macam zat, yang apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan masalah pada kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, hindari makan nangka terlalu banyak dalam sekaligus agar terhindar dari sakit perut setelah makan nangka dan gangguan kesehatan lainnya.

2. Makan Nangka Saat Perut Kosong

Sakit perut setelah makan nangka mungkin disebabkan oleh memakan nangka dalam keadaan perut kosong. Ketika perut kosong kemudian nangka masuk ke dalamnya, lambung akan kaget dan terstimulasi. Hal ini biasanya lebih sering menyerang orang yang memiliki perut sensitif. Selain menyebabkan sakit perut, makan nangka saat perut kosong juga dapat meningkatkan produksi asam lambung, serta berpotensi untuk mengakibatkan iritasi pada lambung atau usus.

3. Keracunan Nangka

Nangka yang dikonsumsi bisa saja telah terkontaminasi bakteri atau virus penyebab keracunan makanan, sehingga sakit perut setelah makan nangka dapat terjadi. Keracunan makanan akan menyebabkan terinfeksinya organ pencernaan, akibatnya lambung atau usus akan luka atau radang. Orang yang mengalami keracunan nangka akan merasakan gejala berupa:

Sponsors Link

  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Pusing
  • Demam

Segera minta pertolongan dokter jika timbul gejala keracunan makanan yang serius di bawah ini:

  • Sesak nafas
  • Gemetar
  • Jantung berdebar
  • Kehilangan kesadaran

Keracunan nangka ini hanya akan terjadi saat mengonsumsi nangka yang telah terinfeksi saja. Jika Anda mengalami perut sering mulas sehabis makan nangka, kemungkinan besar keracunan nangka bukanlah penyebab sakit perut yang Anda derita.

4. Alergi Nangka

ads

Alergi nangka merupakan reaksi tidak normal yang dikeluarkan sistem imun terhadapat protein yang terkandung dalam nangka. Sakit perut setelah makan nangka bisa disebabkan karena alergi nangka. Berikut adalah gejala umum alergi nangka:

  • Sakit perut
  • Diare
  • Mual
  • Lemas
  • Pusing
  • Gatal dan pembengkakkan pada bibir atau bagian tubuh lain
  • Sulit bernafas

5. Maag

Sebenarnya nangka bukanlah buah yang baik dikonsumsi oleh penderita maag, sebab nangka dapat memicu produksi asam lambung yang berlebihan. Sakit perut setelah makan nangka bisa diakibatkan oleh penyakit maag atau gastritis. Gejala maag antara lain:

Pengobatan Sakit Perut Setelah Makan Nangka

Ada beberapa cara sebagai pengobatan sakit perut setelah makan nangka, yakni:

  1. Perbanyak konsumsi cairan tubuh untuk terhindar dari dehidrasi akibat diare atau untuk memperlancar BAB akibat sembelit
  2. Konsumsi makanan untuk asam lambung
  3. Kompres hangat perut yang sakit
  4. Minum air hangat untuk meredakan sakit perut
  5. Minum air kelapa untuk keracunan makanan apabila sakit perut disebabkan oleh keracunan nangka
  6. Minum obat pereda rasa sakit jika diperlukan
  7. Hubungi dokter apabila sakit perut tidak membaik atau bertambah parah

Pada intinya, jangan remehkan sakit perut setelah makan nangka, sebab bisa saja sakit perut ini termasuk sakit perut yang mematikan. Pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter diperlukan untuk tahu penyebab pasti sakit perut setelah makan nangka. Dokter juga kemudian akan memberikan pengobatan yang tepat berdasarkan penyebabnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :