Sponsors Link

Sakit Perut Bagian Atas Tengah – Akibat, Bahaya dan Penanganannya

Sponsors Link

Perut merupakan salah satu bagian tubuh yang berada di Antara dada dan pelvis. Perut atau biasa di sebut juga abdomen atau rongga tubuh. Pada bagian perut meliputi seluruh rongga perut yang merupakan terdiri dari sistem pencernaan makanan, system kemih, dan juga limpa. Disini kita akan membahas Sakit Perut Bagian Atas Tengah Serta Akibat, Bahaya Dan Penanganannya.

ads

Sakit perut bagian atas biasanya akan terjadi di karenakan seseorang langsung tidur ataupun bebaring dalam kondisi setelah makan atau perut penuh. Hal ini dapat menyebabkan gas yang berada di lambung terdorong ke bagian atas melewati tenggorokan. Namun beberapa kondisi medis juga dapat menyebabkan gejala sakit perut bagian atas tengah. Gejala sakit perut bagian atas tengah dapat terjadi baik wanita ataupun laki-laki.

Berberapa bahaya yang akan di Alami

Yang di rasakan saat sakit perut bagian atas tengah biasanya adalah rasa mual dan bisa juga perut panas seperti terbakar. Beberapa bahaya yang terjadi saat sakit perut pada bagian atas:

  • Perut kembung
  • Bersendawa / Sendawa
  • Diare, bab lembek terus-menerus
  • Rasa mual berlebih
  • Nyeri atau sakit pada bagian dada atas
  • Perut terasa kembung

Ketika anda mengalami gejala sakit perut bagian atas tengah dan di sertai sakit atau nyeri pada dada, muntah darah, denyut jantung lebih cepat atau semakin cepat dari biasanya, bisa jadi ada masalah dengan jantung anda jadi segera meminta pertolongan kepada ahli.

Penyebab/Akibat Sakit Perut Bagian Atas Tengah:

1. Sindrom Iritasi Pada Usus

Sakit perut pada bagian atas tebgah yang dialaim selama enam bulan lebih merupakan awal ciri-ciri dari penyakit ini. Jika terkena gejala ini biasanya juga disertai perubahan frekuensi / keseringan buang air besar (BAB) dan juga rasa kembung yang berlebih pada perut. Kondisi ini dapat terjadi ketika dinding usus yang dilapisi oleh lapisan otot bergerak lebih kuat atau lebih sering dari biasanya ketika membawa makanan melalui perut menuju ke saluran anus.

2. Sindrom Iritasi Pada Usus

Jika merasakan sakit perut bagian atas tengah di sertai dengan rasa perih, ada kemungkinan dinding lambung mengalami peradangan. Penyakit ini mempunya beberapa ciri-ciri atau tanda yang khas, akan terasa lebih sakit atau terasa parah pada malam hari, itu merupakan ciri/tanda khas dari peyakit ini. Jika rasa sakit dapat di hilangkan dengan makan, maka ada kemungkinan tukak berada di dinding usus dua belas jari, ciri ciri usus luka.

3. Gangguan Pada Kantung Empedu

 Jika anda merasakan sakit perut berkelanjutan pada bagian atas tengah, juga harus di waspadai karna jika di barengi dengan gejala muntah,kaku,dan sering muntah maka ginjal anda sedang bermasalah. Gangguan pada kantung empedu biasanya terjadi pada batu empedu. Batu empedu dapat menyebabkan nyeri pada perut secara terus menerus pada perut bagian atas.

4. Menjalani Diet Tidak Sehat

Menjalani diet secara tidak sehat dapat menyebabkan sakit perut bagian atas tengah. Meminum obat-obat diet tidak beraturan dan mengatur waktu makan yang tidak beraturan. Karna pola makan yang tidak berarturan dapat menyebabkan sakit perut pada bagian atas tapi kekenyangan, sering minum yang mengandung soda, juga dapat menyebabkan gejala ini juga. Ketika kita ingin diet kita lebih memilih makanan-makanan ringan tanpa memperhatikan kebutuhan karbohidrat pada tubuh kita, kita juga harus selalu memperhatikan karbohidrat pada tubuh kita, karena akibat kekurangan karbohidrat pada tubuh kita sangat fatal.

Sponsors Link

5. Radang Selaput Pada Perut

Radang selaput perut atau di sebut Peritonitis merupakan peradangan yang biasanya akan di sebabkan oleh infeksi selaput rongga perut atau biasa di sebut Peritoneum. Ketika sakit perut bagian atas dating secara berkala tiba-tiba dan hilang maka ada kemungkinan bahwa terjadi peradangan pada selaput perut anda dan biasanya menyebabkan perut anda terasa keras.

6. Tukak Pada Lambung

Jika merasakan sakit perut bagian atas tengah di sertai dengan rasa perih, ada kemungkinan dinding lambung mengalami peradangan. Penyakit ini mempunya beberapa ciri-ciri atau tanda yang khas, akan terasa lebih sakit atau terasa parah pada malam hari, itu merupakan ciri/tanda khas dari peyakit ini. Jika rasa sakit dapat di hilangkan dengan makan, maka ada kemungkinan tukak berada di dinding usus dua belas jari.

7. Kanker Pada Lambung

ads

Kanker lambung merupakan kondisi dimana pada lambung terdapat sel-sel kanker ganas, maka harus waspada sebelum ini terjadi. Jika kalian suka menghisap rokok dan usia anda lebih dari 55 tahun, maka salah satu tanda atau ciri kanker pada lambung adalah berat badan turun, pembenkakan hati, susah mencerna makanan dan sakit perut pada bagian atas tengah.

Makanan untuk penderita kanker lambung, nah itu merupakan makanan yang bisa anda coba untuk sebab dan akibat sakit perut pada bagian atas tengah baik di alami pria ataupun wanita. Karna letak sakit perutnya di bagian atas maka besar kemungkinanya di sebabkan seprti gangguan system pencernaan dari lambung hingga empedu ataupun yang lainya. Untuk mendapat info lebih jelasnya anda dapat melakukan pemeriksaan kepada yang ahlinya.

Cara Menangani Sakit Perut Bagian Atas Tanpa Obat :

  • Jahe, Menggunakan Jahe sebagai pengganti obat dokter merupakan salah satu pilihan yang bagus. Karna kandungan pada jahe seperti antioksidan,gingerol,dll sangat berguna untuk tubuh kita dan menjauhkan radikal bebas dari tubuh kita. Gingerol mampu mengurangi hingga menghilangkan rasa mual pada perut kita saat mengalami sakit perut pada bagian atas tengah.
  • Air Beras, Menggunakan Air beras, kdang ketika kita setalah memasak nasi kita selalu membuang airnya, padahal pada air beras / tajin itu terdapat khasiat untuk meredeakan sakit perut pada bagian atas tengah. Air beras sangat efektif untunk mengatasi peradangan dan merupakan pilihan pertama untuk menangani sakit perut bagian atas tengah selagi belum mempunyai obat.
  • Teh, Menggunakan teh juga masuk dalam daftar pilihan, karna teh mempunyai berbagai macam manfaat untuk tubh kita. The dapat di gunakan sebagai obat anti radang, melegakan ketegangan pada otot, menghilangkan rasa nyeri pada perut jika anda sedang mengalami sakit perut pada bagian atas tengah.
  • BAB, Biasanya orang sakit perut pada bagian atas tengah juga karna kita butuh buang air besar tapi kita selalu menunda-nunda nya liat apakah ada yang aneh pada kotoran kita, jika berbeda dari biasanya maka anda bisa terkena gejala diare atau keracunan makanan sehinggan menyebab kan bab lembek terus menerus.
  • Kompres Perut Dengan Air Hangat, Mengompres perut dengan air hangat juga dapat meredakan atau mengurangi rasa mual pada perut saat anda mengalam sakit perut pada bagian atas tengah. Anda dapat mengompres perut anda secara berkala menggunakan air hangat agar rasa mual anda berkurang atau bahkan menghilang.
  • Menggunakan Kunir dan Garam, Caranya pun cukup mudah , cukup haluskan kunir dan peras hingga keluar airnya lalu takar 1 sendok teh dan kasih garam secukupnya. Ramuan ini sudah teruji untuk menangani sakit mag dan nyeri pada perut ketika mengalami sakit perut pada bagian atas tengah.
  • Menggunakan Daun Sembung, Menggunakan daun sembung dapat membantu untuk mengilangkan sakit perut ataupun mual pada perut. Daun sembung terkenal sebagi obat batu, pengencer darah, luka, gatal-gatal, pereda nyeri saat haid, bisa juga untuk penyakit paru-paru seperti bronchitis, dll. Cara menggunakanya pun cukup mudah, cukup cuci dengan air bersi dan potong kecil-kecil lalu rebus hingga mendidih, tuangkan dalam gelas bisa tambah kan madu untuk mengurangi rasa pahit, cukup minum 3x sehari maka nyeri pada perut akan hilang saat mengalami sakit perut pada bagian atas tengah
  • Mengonsumsi Pappermint, Cara ini dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri pada perut. Karena di percaya dapat menangani diare, perut mual, iritasi pada usus, dll.
  • Mengonsumsi Yoghur, Karena yoghurt bagus untuk pencernaan, dan juga yoghur dapat mengurangi hingga menghilangkan rasa nyeri pada perut.
  • Mengonsumsi Buah Pepaya, Karena buah pepaya mengandung enzim papain untuk melancarkan sistem pencernaan, melancarkan bab, dan juga dapat membantu untuk melunakan daging. Pepaya juga mengandung kadar air dan serat yang tinggi, jadi sangat berguna untuk melancarkan sembelit atau bab, sehingga mual saat sakit perut akan hilang dengan sendirinya.
Sponsors Link

Cara Menghindari Sakit Perut Pada Bagian Atas Tengah :

  • Atur pola makan
  • Makan, makanan yang bergizi cukup
  • Kurangi makanan yang asam dan pedas
  • Hindari/kurangi merokok
  • Rajin berolahraga
  • Atur waktu untuk istirahat
  • Konsumsi air putih dalam 1 hari minimal 2 liter
  • Jauhi stress
  • Kurangi mengkonsumsi makanan yang bertekstur keras
  • Hindari minum-minuman yang mengandung alkohol
  • Kurangi mium-minuman bersoda
  • Konsumsi yoghurt karna baik untuk pencernaan anda

Agar selalu terhindar dari sakit perut pada bagian atas tengah, anda harus memperhatikan beberapa cara di atas, seperti atur pola makan, jangan sampai terlambat makan. Kalau bisa atur jam makan mu sehingga pola makan anda bisa teratur dan terhindar juga dari sakit mag, jika terjadi maag anda bisa cara mengobati maag dengan kunyit . Kurangi makan yang asam dan pedas juga karna asam dan pedas dapat menyebabkan nyeri pada perut hingga berhari-hari. Atur waktu olahraga agar tubuh anda bugar dan terjauh dari virus ataupun penyakit. Jangan lupa gunakan waktu tidur anda untuk istarat secukup nya anda, agar badan anda juga merasakan istirahat yang cukup.

Sponsors Link
, , ,