Sponsors Link

Sakit Maag Sering Diare: Bahaya, Akibat dan Pengobatannya

Sponsors Link

Sakit maag merupakan kondisi dimana terdapat peradangan atau luka yang timbul pada permukaan lambung. sakit ini dapat terjadi secara perlahan (maag kronis) dan bisa juga menyerang secara tiba-tiba (maag akut). Dibeberapa kasus sakit maag dapat menyebabkann luka lambung dan berpotensi meningkatkan risiko terjangkit kanker lambung. Tetapi sakti maag pada dasarnya bukan suatu penyakit berbahaya jika ditangai dan diberikan pengobatan dengan baik.

ads

Penyebab sakit maag bisa saja disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satu contohnya adalah adanya kelebihan asam lambung yang mengakibatkan iritasi di selaput lendir lambung. dalam kondisi norma asam lambung diperlukan dalam membantu pencernaan saat mengolah makanan. Dari adanya luka dan iritasi pada lambung menyebabkan lambung menjadi sakit, perih, dan mulas pada perut. Selain itu diare juga menjadi salah satu gejala kambuhnya sakit maag, bisa juga diare muncul akibat penyakit penyerta maag. Tidak jarang diare muncul dipicuakibat asupan makanan.

Dalam beberapa kasus, sakit maag sering diare bisa saja berhubungan. Sebab keduanya memiliki kesamaan dalam hal menyerang saluran pencernaan, jika sakit maag menyerang lambung pada diare bagian usus lah yang menjadi korban. Pada waktu sakit maag kambuh atau muncul, lambung terpacu untuk berkontraksi lebih keras lewat gerakan reflek (gerakan tanpa harus didasari otak) bernama refleks gastrointentinal, gerakan tersebutlah yang menjadikan perut terasa mulas dan membuah diare.

Bahaya

Jika sakit maag menjadi penyebab diare, Anda harus waspada, apalagi jika diare terjadi dalam waktu berkali-kali atau sering  dan fases hanya berwujud cairan. Sebab hal ini dapat menjadikan kondisi tubuh anda kekurangan cairan dan membuat tubuh menjadi lemas.

Pengobatan

Terdapat du acara penanganan untuk maag sering diare, berikut merupakan penjelasannya :

  1. Tanpa Obat

Cara penanganan pertama untuk mengatias maag sering diare adalah menghindari perut kosong dengan cara mengatur jadwal makan serta pola makan menggunakan porsi kecil dan frekunsi makan menjadi lebih sering dengan memilih makanan yang lunak atau muedah dicerna.

Selanjutnya adalah menghindari makanan maupun minuma yang mengandung alkohol, coklat, gas, kafien, CO2 misalnya soft drink. Yang ketiga adalah hindari keracunan makanan, mengurangi jika diperlukan berhentilah merokok, hindari makanan penyebab perut kembung, dan segera selesaikan masalah agar terhindar dari stress.

Selain penjelasan diatas, untuk membantu meredakan maag sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan untuk sakit maag seperti dibawah ini :

  1. Menggunakan Obat
Sponsors Link

Penggunaan obat dilakukan apabila penanganan tanpa menggunakan obat sudah tidak membantu. Pilihan utama bagi penyakit maag ialah antasida, antasida bekerja sebagai penetral asam lambung yang diproduksi secara berlebih dengan cara melindungi selapur lender lambung dari kerusakan.

Komposisi antasida yang dijual dipasaran lazimnya berupa campuran garam alumunium, garam mangnesium dan simetikon. Galam alumunium dan mengnesium berfungsi untuk mengikat asam lambung, akibatnya tinggal keasamaan pada lambung menjadi berkurang. Sedangkan simetikon berguna dalam mengeluarkan gas berlebih dalam saluran pencernaan.

Untuk mengatasi diare, yang lazim digunakan adalah meminum cairan oralit atau minum pengganti elektrolit tubuh. Ini membantu untuk mengurangi rasa lemas ketika diare muncul bersamaan dengan maag. Namun jika Anda ingin menggunakan obat maag bersama cairan oralit atau pun minuman pengganti elektrolit untuk mengatasi maag sering diare sebaiknya konsultasi dengan dokter untuk menghindari risiko yang akan ditimbulkan dan ciri-ciri diare sembuh pun segara didapatkan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Maag