Sponsors Link

Benarkah Sakit Maag Menyebabkan Bau Mulut? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Dalam kehidupan sehari-hari, bau mulut kerap menjadi kekhawatiran setiap orang karena bau mulut bisa memengaruhi hubungan antar-individu. Umumnya, bau mulut disebabkan oleh akumulasi bakteri di dalam mulut. Bau mulut, atau halitosis, seringkali dikaitkan dengan pilihan makanan yang kita konsumsi, seperti makan bawang putih. 

ads

Tidak hanya disebabkan oleh makanan, bau mulut juga dapat disebabkan oleh penyakit, misalnya diabetes, penyakit liver, atau ginjal. Penjelasan umumnya adalah karena tubuh merupakan suatu sistem yang saling terkoordinasi, maka apabila ada salah satu organ tubuh yang tidak berfungsi dengan baik, akan berdampak pada organ lainnya, salah satu contohnya adalah mengenai hubungan erat antara lambung dengan otak.

Pada beberapa kasus, bau mulut yang tidak sedap juga dipengaruhi oleh gejala maag kambuh. Hal ini berkaitan mulai dari bakteri hingga kadar asam lambung dalam tubuh manusia. Berikut ini akan dibahas beberapa penyebab dari bau mulut yang diakibatkan oleh penyakit maag:

1. Bakteri Helicobacter pylori

Helicobacter pylori atau H.pylori adalah bakteri yang hidup di dalam mulut tapi ada juga yang hidup di dalam perut manusia. Ada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa sakit maag dapat menyebabkan bau mulut dan ini distimulasi oleh adanya infeksi bakteri H.pylori.

2. Refluks asam lambung yang kronis

Gestro-oesophaegal reflux disease (GERD) atau refluks penyebab asam lambung naik adalah kondisi dimana asam lambung mengalir di sepanjang kerongkongan manusia. Kondisi ini kemudian membuat timbulnya rasa terbakar di dada dan perut. Akan tetapi, perlu dicatat bahwa rasa terbakar di dada dan perut dapat disebabkan oleh beberapa hal. Hampir setiap orang pernah mengalami GERD ini. Kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan ini yang kemudian menyebabkan bau mulut tidak sedap.

3. Kinerja lambung tidak maksimal 

Lambung penderita maag tidak berfungsi dengan baik sehingga adanya penyebab cairan lambung berwarna hijau bisa kembali naik ke kerongkongan dan bahkan ke mulut. Kandungan asam lambung yang naik ini bermacam-macam, seperti sisa makanan. Tentu saja, hal ini dapat memicu terjadinya bau mulut yang diakibatkan oleh maag. Oleh karenanya, mengembalikan fungsi optimal lambung adalah hal yang perlu dilakukan. Penderita maag bisa mulai mengonsumsi makanan yang berkhasiat untuk mengatur asam lambung.

Cara Mengatasi Bau Mulut yang Diakibatkan oleh Maag

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut yang diakibatkan oleh penyakit maag, seperti:

  • Jangan langsung tidur setelah makan, Posisi tidur yang baik pasca operasi usus buntu setelah makan bisa memicu asam lambung naik lagi ke kerongkongan dan mulut. Berilah jeda sekitar dua jam sebelum tidur.
  • Berhenti merokok, Ini penting, karena kandungan nikotin di dalam rokok bisa mengganggu fungsi lambung yang membuat cairan lambung naik lagi ke kerongkongan.
  • Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut dan kerusakan lambung, seperti alkohol dan bawang putih. Mulailah konsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesehatan lambung.
  • Mengonsumsi obat antasida, Obat antasida dapat mengurangi kadar asam lambung seseorang. Cara mengobati maag dengan kunyit dan obat ini dijual bebas di apotek terdekat tanpa harus menggunakan resep dokter.

Demikian penjelasan mengenai bau mulut yang disebabkan oleh maag. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag