Sponsors Link

Radang Selaput Perut – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Sponsors Link

Apa itu selaput perut?

ads

Selaput perut adalah serosa membran yang tipis dan melapisi dinding pada rongga abdomen dan panggul atau pakaian jeroan perut dan panggul. Ini merupakan membrane serosa yang terbersar di tubuh manusia dan mempunyai pengaturan yang rumit. Selaput Peruttubuh hidup mempunyai tingkat terntu untuk mobilitas pada lemak ekstraperitoneal dan juga dapat di Tarik ke tingkat tertentu tanpa mengalami robek.

Lapisan peritoneum, merupakan selaput perut yang dapat dianggap sebagai balon. Karena hal ini dua lapisan terbentuk, baris atau lapisan pada dinding rongga perut dan panggul baiasa di sebut juga selaput perutparietal. Lapisan lainya juga meliputi organ dan dikenal sebagai selaput perutvisceral. Ruang diantara parietal dan lapisan visceral, merupakan sebuah ruang di dalam balon yang di sebut dengan rongga peritoneum

Lalu apa itu sebenarnya radang selaput perut?

radang selaput perut biasa di sebut juga peritonitis, merupakan radang dan infeksi yang terjadi pada selaput rongga pada perut atau juga peritoneum. Infeksi ini menyerang bagian selaput perut dan juga organ-organ pencernaan lainya  ciri ciri usus luka. Disini kita akan membahas Radang Selaput Perut Gejala Dan Penyebabnya. Radang selaput perut di bagi menjadi 3:

  • Sekunder
  • Primer
  • Radang selaput perut, terkait dengan peritoneal’nym

Radang selaput perut membutuhkan penanganan khusus, jika tidak segara di lakukan penanganan cepat hal ini dapat berakitat fatal.

Beberapa penyebab radang sakit perut:

1. Usus Buntu Pecah

ulkus pada lambung atau biasa di sebut usus berlubang. Pada kondisi ini memungkinkan bakteri memasuki peritoneum melewati lubang yang berada di saluran pencernaan. penyebab kanker usus buntu

2. Medis

pada dialysis peritoneal yang menggunakan tabun kateter yang bertujuan untuk menghapus limbah pada darah anda, pada saat ginjal tidak mampu lagi memadai untuk melakukanya. Infeksi ini dapat terjadi selama dialysis peritoneal, dan juga akibat lingkungan yang tidak mendungkung ( kurang bersih),dan bisa juga karna peralatan yang sering di gunakan terkontaminasi.

3. Gejala Trauma

Pernah mengalami Cedera atau trauma yang susah di lupuakan juga merupakan salah satu penyebab peritonitis atau radang selaput perut, karna banyak kemungkinan bakteri atau juga bahan ilmiah masuk kedalam tubuh anda melalui bagian-bagian dari tubuh anda yang melemah dan untuk memasuki peritoneum.

4. Pankreatitis

Pankreatitis, atau peradangan yang terjadi di pancreas yang di sebabkan oleh infeksi, hal ini juga dapat menyebabkan peritonitis atau radang selaput perut. Karana pada gejala ini bakteri menyebar keluar pancreas.

Sponsors Link

5. Diverticulitis

Infeksi kecil, terjadi pada saluran pencernaan, dengan gejala menggembungnya kantong di saluran pencernaan anda. Hal ini juga dapat menyebabkan peritonitis atau radang selaput perut. Karna jika apabila ada salah satu saja kantong yang pecah dapat menumpahkan limbah ke usus dalam rongga perut anda

Gejala Radang Selaput Perut (peritonitis) :

  • Muntah-muntah yang berlebihan
  • Demam tinggi dan tidak kunjung turun
  • Rasa mual di perut
  • Nyeri pada bagian perut

Pada khasus ini, infeksi dapat menyebabkan jaringan parut dalam bentuk pita jaringan atau biasa di sebut perlengketan,adhesi yang pada akhir nya dapat menyumbat usus anda. Apabila peritonitis atau radang selaput perut tidak segera di obat atu di perhatikan, maka akan semakin karah dan komplikasi dapat berkembang dengan cepat. Gerakan pada peristaltic usus akan hilang dan carian yang tertahan di usus halus dan juga usus besar akan merembes dari peredaran darah ke dalam rongga bagian peritoneum. Selanjutnya akan mengalami dehidrasi berat atau berlebih dan darah juga akan kehilangan elektrolit. Nah untuk selanjutnya akan terjadi komplikasi, seperti kegagalan paru-paru,hati,ginjal,bahkan bisa menyebabkan pembekuan darah yang menyebar cukup luas.

Apa Yang Terjadi Bila Sudah Komplikasi?

ads

Jika radang selaput perut (peritonitis) bisa melebihi peritoneum pada diri anda, dimana dapat menyebabkan beberapahal:

  • Infkesi pada aliran darah anda (Baktermia).
  • Infeksi yang terjadi pada seluruh tubuh anda(Sepsis), sepsis suatu kondisi dimana dapat mengancam jiwa yang berkembang sangat pesat juga bisa menyebabkan trauma dan gagal organ. efek setelah operasi usus besar.

Faktor Yang Meningkatkan Terjadinya Radang Sekaput Perut:

  • Dialisis peritoneal, radang selaput perut pada umumnya di Antara orang-orang yang menggalami atau menjalai terapi diaslisis peritoneal.
  • Lain-lain, pada kondisi medis tertentu, menginkatkan risiko radang selaput perut berkembang sepert, usus buntu, sirosis, radang perut, diverticulitis, dan juga pankreatitis. Bab lembek terus menerus
  • Sejarah peritonitis, jika anda memiliki peritonitis, maka resiko terkena lagi lebih tinggi di bandingkan dengan orang lain yang belum pernah terkena atau mengalami radang selaput perut.

Diagnosis dan Tes:

Dokter akan berbicara kepada anda mengenai riwayat kesehatan anda dan memulai melakukan pemeriksaan pada fisik anda secara keseluruhan. Pada kasus radang selaput perut atau peritonitis, dimana infseksi mungkin di dapat dari kondisi medis atau kesehatan lainya biasa di sebut (peritonitis sekunder). Dan bisa juga dimana infeksi mulai muncul akibat penumpukan cairan dalam rongga perut anda atau biasa di sebut (peritonitis spontan). Dokter anda atau para ahli biasanya akan melakukan hal berikut utuk memeriksa anda:

  • Cek Darah, mengambil sampel darah untuk dikirim ke laboratorium dan memeriksa jumlsah sel darah putih yang sangat tinggi. Kultur darah juga bisa dilakukan untuk membantuk menentukan apa ada bakteri dalam darah anda.
  • Melakukan Tes Pencitraan, dimana dokter atau ahli yang anda percayai akan menggunakan sinar-X untuk memeriksa lubang atau juga perforasi lainya yang berada pada saluran pencernaananda.  Tapi dalam beberapa kejadian/kasus dokter juga sesekali menggunakan (contuerized tomography).
  • Analisis Cairan Peritoneal atau carian yang ada pada perut anda dari penyakit hati. Dokter atau ahli yang anda percayai akan mengambli cairan dalam peritoneum atau selaput perut anda.

Penanganan dan Obat Untuk Radang Selaput Perut:

  1. Obat Antibiotik, pada khasus ini anda mungkin di berikan obat antibiotin yang berfungsi untuk melawan infeksi yang terjadi pada tubuh anda dan melakukan pencegahan penyebaran infeksi. Untuk jenis berserta durasi antibiotic anda, tergantung terhadap tingkat keparahan anda dan jenis radang selaput perut yang sedang anda hadapi.
  2. Melakukan Pembedahan, pembedahan sangat di perlukan berfungsi untuk menghilangkan jaringan yang sudah terinfeksi, mencegah infeksi menyebar, dan juga menbotai infeksi, Terutama apabila radang selaput perut terjadi karna usus buntuk yang pecah. Cara mencegah kanker usus
  3. Lain-lain, untuk ini adalah tergantung dari gejala yang di alami si pasien yang terkena radang selaput perut itu sendiri , karna jika sudah di rumah sakit anda juga akan mendapatkan sperti obat nyeri, sakit kepalda ,oksigen , transfuse darah, dll.

Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Mencegeah Radang Selaput Perut?

Dalam beberapa kasus radang selaput perut (peritonitis) di sebabkan karna kuman yang ada di sekitar kateter. Berikut tahapan-tahapan agar dapat terhindar dari radang selaput perut:

Sponsors Link

  1. Cuci tangan secara teratur, bersihkan sampai ke bawa kuku anda dan di Antara sela-sela jari agar terhindar dari bakteri
  2. Membersihkan kulit yang berada di sekitar kateter dengan menggunakan bantuan alap septik dan di lakukan teratur setiap hari
  3. Jauhkan makanan atau persediaan anda dari tempat terbuka dan kotor
  4. Anda bisa memakai masker, untuk menjaga udara yang masuk dalam tubuh anda
  5. Hindari tidur dengan hewan peliharaan anda, selalu cek kebersihan hewan peliharaan anda
  6. Tanyakan kepada dokter / ahli untuk mendapatkan imunitas atau kekebalan dari bakteri, sehingga dapat terhindar dari radang selaput perut

Jika anda sudah terdiagnosa terkena radang selaput perut atau peritonitis maka anda memiliki penumpukan cairan peritoneal. Pada kondisi ini sirosis, beberapa dokter mungkin akan meresepkan antikbiotik untuk mencegah penyebaran infeksi dan meredakan gejala infeksi. Ketika anda mengambil inhibitor pompa proton, maka dokter anda mungkin meminta anda berhenti untuk meminum itu. Peritonitis atau radang selaput perut juga dapat terjadi akibat usus buntu yang pecah atau cedera di bagian tertentu. Jika anda mengalami ini secara mendadak, maka langkah pertama yang harus di lakukan adalah, mencari medis terdekat dan harus segera, karna jika anda mengalami sakit perut yang berlebih dan parah anda tidak dapat duduk karna akan terasa sakit pada penyakit tipes disertai batuk.

Jika anda mengalami peritonitis, dokter anda biasanya akan menyarankan anda menerima dialysis dengan caralain selama berhari-hari sementara menyebuhkan tubuh anda dari infeksi dan mencegah penyebaran infeksi pada tubuh anda. Jika mengalami peritonitis atau radang selaput perut secara berlanjut atau berulang-ulang terus, anda harus mulai berhenti dialisi peritoneal secara keseluruhan dan beralih ke bentuk lainya yang berbeda dengan dialisis sebelumnya.

Nah semoga info dari radang selaput perut ini dapat membantu anda, menyembuhkan, menangani, bahkan juga terhindar dari radang selaput perut itu sendiri (peritonitis) Jika anda masih mengalami kesakitan yang berlanjut dan belum menemukan cara untuk meredakan infeksi yang terjadi pada tubuh anda, maka anda harus segaa konsultasi dan berobat kedokter untuk menanyakan kondisi anda jangan sampai infeksi menyebar ketubuh anda dan menyebabkan akibat yang fatal, jangan tunggu sampai kronis, segera cek kan kondisi anda agar infeksi segera teratasi dan mereda. Jika yang belum terkena anda dapat membaca agar terjauh dari penyakit radang selaput perut (peritonitis).

Sponsors Link
, , ,