Sponsors Link

3 Posisi Tidur Saat Maag Yang Wajib Segera Harus Anda Perhatikan

Sponsors Link

Diantara Anda semua pasti sering mendengar seorang teman, keluarga, atau kolega yang mengeluhkan kalau mereka memiliki maag, dimana biasanya kata-kata tersebut muncul ketika penyakit tersebut sedang kambuh, atau ketika dalam keadaan mereka telat makan dimana muncul ketakutan maag akan timbul. Tahukah anda bahwa maag itu hanyalah merupakan istilah awam yang digunakan oleh masyarakat kita untuk menggambarkan rasa sakit atau nyeri yang dirasakan pada bagian perut (lambung), dan istilah tersebut memang cuma ada di Indonesia, dan bahkan tidak ada istilah tersebut pada bidang medis dan kedokteran.

ads

Oleh sebab itu jika kita membahas kata-kata maag sendiri, maka sedikitnya kita perlu kembali pada pelajaran sejarah dan bahasa indonesia, sehingga kita dapat mengerti dari mana kata tersebut berasal dan apa yang dimaksud dengan kata maag itu sendiri. Seperti yang sudah diketahui bahwa bahasa indonesia merupakan bahasa yang cukup kompleks karena selain berasal dari beberapa bahasa daerah, bahasa indonesia juga banyak menyerap banyak bahasa asing terutama belanda untuk dijadikan basis suatu kata, salah satunya adalah kata “maag”. Sebelum kami lanjutkan membahas mengenai posisi tidur saat maag yang baik, silahkan anda baca beberapa artikel kami sebelumnya yang baik bagi pencernaan anda seperti macam-macam olahraga yang baik untuk penerita asam lambung, lalu apa saja cara mengatasi anak susah makan nasi, kemudian bahaya makan sebelum tidur dan juga 9 cara mengembalikan nafsu makan.

Contohnya saja jika seseorang yang hanya makan sekali sehari atau tidak teratur, kemudian menjalani pola hidup tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi minuman kafein dan alkohol, dan tidak rajin olahraga, namun secara psikis selalu bahagia dan tidak mudah stress, mungkin tidak akan terserang maag, namun bukan berarti tubuhnya sehat dan suatu saat dapat langsung terkena penyakit yang lebih berbahaya lagi dan bahkan membahayakan nyawa. Contoh lainnya adalah para survivor kanker, dimana banyak menceritakan bahwa mereka dapat cepat sembuh karena kekuatan mental yang positif dan keinginan untuk sembuh yang kuat yang dapat membuat mereka melewati pengobatan dengan sukses dan menganggap segala efek samping adalah suatu hal yang kecil dibandingkan kesembuhan itu sendiri, sehingga efek samping yang dirasakan dianggap sebagai sesuatu yang lumrah dan akan lewat jika kanker teatasi.

Posisi Tidur Saat Maag

Anggaplah bahan bakar sebagai makanan yang dikonsumsi, ganti oli dan maintenanceadalah bentuk olahraga dan pola hidup yang sehat dan teratur, dan cuci mobil adalah luar dalam adalah bagaimana kita selalu membersihkan tubuh dan pikiran yang “kotor” agar selain terbebas dari penyakit tubuh, juga terbebas dari penyakit hati. Kemudian hal ketiga yang dapat menjadi penyebab maag adalah makanan dan minuman yang kita konsumsi, yang mana beberapa makanan dan minuman tertentu memiliki rasa dan tekstur yang cukup intens dimana lambung kita akan sulit untuk menerimanya. Kondisi lambung setiap orang memiliki sensitivitas yang berbeda-beda; ada yang memiliki lambung dengan sensitivitas tinggi, dimana ketika mengkonsumsi makanan pedas level sambal 1, maka lambung sudah terasa panas dan tidak nyaman, namun ada juga orang yang memiliki lambung “kuat” yang bahkan jika mengkonsumsi makanan pedas level 10 maka tidak ada efek yang siginifikan atau bahkan tidak terasa sakit dan panas (lambungnya).

Namun buat Anda yang terlanjur memiliki maag, maka ada baiknya Anda mengubah pola hidup dan makan menjadi lebih teratur dan menjaga beberapa pantangan seperti menghindari makanan pedas, minuman berkafein, menjaga pikiran agar tidak stress, dan lain sebagainya, yang dapat membantu agar maag tidak kambuh. Jika maag terlanjur kambuh, maka sudah pasti aktivitas anda terganggu karena rasa sakit dan nyeri yang menjalar ke punggung, dan membuat seluruh badan Anda rasanya tidak dapat berfungsi karena terkadang salah gerak atau posisi tubuh dapat menambah rasa nyeri pada lambung.

Buat Anda yang maagnya kambuh cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi obat maag yang diklaim dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri, setelah itu Anda perlu untuk beristirahat dengan tidur agar tidak terlalu merasakan rasa sakit dan nyeri. Untuk Anda yang maagnya sedang kambuh, posisi tidur tertentu dapat membantu mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh Anda nyaman, sehingga dapat tidur lelap tanpa perlu terbangun mendadak, dan mengurangi jam istirahat yang diperlukan. Berikut ini beberapa posisi tidur saat maag yang bisa anda coba lakukan:

Sponsors Link

  • Posisi Kepala naik 30⁰

Mengapa maag disebut suatu gejala adalah mungkin karena rasa sakit dan nyeri yang ditimbulkan memiliki skala yang ringan dan dapat diatasi dengan obat-obatan yang dapat dijual bebas di apotek. Sementara jika rasa sakit atau nyeri yang muncul sudah kronis, sehingga obat-obatan bebas tersebut tidak dapat menghilangkan gangguan maag, maka sebaiknya Anda segera melakukan konsultasi dengan dokter karena mungkin saja terdapat penyakit lambung yang lebih serius lagi. Pada dasarnya karena merupakan suatu gejala, maag bukanlah sesuatu yang dapat membahayakan nyawa, namun apabila Anda memiliki maag dan sedang kambuh, maka rasa sakit yang ditimbulkan akan membuat tubuh Anda tidak nyaman sampai dapat menghentikan aktivitas yang sedang dilakukan.

Kembali lagi kepada soal maag dimana maag sendiri dianggap bukanlah suatu penyakit di dalam dunia kedokteran, melainkan suatu gejala dari penyakit lambung seperti tukak lambung, gangguan pencernaan (indisgetion), GERD (Gastroesophageal Reflux Disease – Asam Lambung) atau inflamasi lambung (gastritis). Perlu diketahui juga bahwa anggapan maag dapat terjadi akibat telat makan tidak sepenuhnya benar, dan juga bukan merupakan satu-satunya alasan penyebab maag; misalnya saja orang yang terbiasa melakukan puasa atau orang yang tidak terbiasa sarapan atau makan malam belum tentu memiliki penyakit maag Jadi kuncinya adalah bukan telat makan yang menyebabkan maag, namun pola makan Anda yang menentukan apakah maag dapat terjadi atau tidak, dimana pola disini adalah kebiasaan dan keteraturan jam makan.

ads

Jika telat makan sedikit saja lambung Anda terasa sakit atau nyeri, maka maag bukan lagi “penyakit” anda; sebaiknya segera periksakan diri Anda ke dokter agar segera diketahui penyebabnya sehingga bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Selain masalah pada pola jam makan, maag sendiri dapat timbul karena keadaan psikis seseorang ketika sedang mengalami stress dan kelelahan mental, walaupun belum ditemukan bukti ilmiah hubungan antara stress dan lambung atau bahkan penyakit lainnya, namun bukti keseharian dan pengalaman beberapa orang pun dapat membenarkan penyataan tersebut.

Kita harus dapat berpikir bahwa tubuh kita seperti mobil, dimana apabila kita rawat dengan baik; mengisi bahan bakar tertentu sesuai yang dianjurkan oleh pabrik, mengganti oli secara teratur, melakukan maintenance bulanan, rajin mencuci bagian luar dan dalam mobil, maka niscaya mobil kita akan selalu terlihat baru, dan siapa pun yang menumpang juga merasa senang dan nyaman. Usahakan posisi kepala Anda pada saat tidur lebih tinggi dari dada dan perut; untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan yang dapat membuat Anda tersedak pada saat tidur. Posisi kepala tinggi juga harus diatur ketinggiannya agar dapat tetap nyaman dan tidak menyebabkan sakit leher dan punggung atas; dengan cara menumpuk bantal maksimal 2.

  • Tidur Menghadap Kiri

Maag merupakan hasil kata serapan dari bahasa Belanda yaitu “de-maag” yang artinya lambung; sehingga dapat disimpulkan bahwa ketika bangsa Belanda mengeluhkan bahwa mereka memiliki penyakit lambung, maka akan terucap kata de-maag, yang dimana pada tahun-tahun kemudian hingga sekarang istilah tersebut menjadi suatu istilah serapan yang digunakan untuk menggambarkan rasa sakit atau nyeri di lambung. Jika masih tidak percaya, anda bisa mencoba menggoogle-translate kata maag; dimana ketika mengetikkan kata-kata tersebut maka akan otomatis terdeteksi sebagai bahasa Indonesia, dan jika Anda mentranslate ke dalam bahasa Inggris, maka yang muncul adalah kata ulcer yang artinya tukak (luka). Sebagai tambahan, silahkan mengecek kata maag dalam KBBI online.

Secara anatomi dan letak organ, lambung berada di sebelah kiri tubuh, sehingga pada posisi tidur saat maag, menghadap ke arah kiri sangat disarankan untuk Anda, dimana pada saat miring ke kiri, posisi lambung akan berada di bawah saluran esophageal sphincter yang menghubungkan lambung dengan kerongkongan. Dengan posisi tersebut, maka asam lambung tidak akan naik dengan mudah ke kerongkongan sehingga Anda dapat tidur dengan nyaman tanpa rasa sesak dan panas di dada dan tenggorokan. Ada baiknya anda meletakkan penyangga di punggung berupa bantal atau guling agar tubuh tertahan pada posisi tersebut ketika tidur, karena pada saat tidur biasanya orang akan secara tidak sadar berpindah posisi tidur.

  • Tidur Tidak Telentang atau Tengkurap

Tidur telentang ataupun tengkurap sangat tidak disarankan untuk dilakukan, terutama sebagai posisi tidur saat maag, karena membuat posisi lambung akan sejajar dengan saluran esophageal sphincter, dimana asam lambung dapat naik dengan mudah. Pada posisi tengkurap akan ditambah dengan terjadinya tekanan pada dada yang apabila asam lambung naik maka dapat menjadi sesak napas yang terasa sangat menyakitkan.

Walaupun sejatinya maag adalah gejala yang timbul akibat permasalahan pada lambung, dan bukan merupakan penyakit yang membahayakan pada tingkat ringan, tidak ada salahnya Anda melakukan perawatan dan pencegahan agar maag tidak terjadi atau kambuh terlalu sering. Perlu diingat bahwa maag adalah rasa sakit dan nyeri akibat terdapat luka pada lambung yang disebabkan oleh makanan tertentu yang dikonsumsi yang berimbas pada volume asam lambung yang kemudian dapat melukai organ lambung Anda.

Apabila anda ingin mempelajari lebih dalam mengenai Maag, baca juga beberapa artikel kami seperti kenapa Maag sering kambuh saat hamil,  lalu apa saja penyebab sakit Maag setelah makan, kemudian mempelajari perbedaan asam lambung dan Maag, dan apa saja bahaya muntah darah karena Maag kronis, serta alasan di balik Maag menyebabkan sakit pinggang. Jika frekuensi maag kambuh cukup sering, Anda bisa bayangkan jika lambung yang luka belum sembuh kemudian sudah “dilukai” lagi secara terus menerus, maka akibatnya akan sangat buruk bagi lambung Anda. Sehingga dengan memperhatikan posisi tidur saat maag, anda bisa membantu mengurangi risiko komplikasi yang bisa terjadi dan juga membantu rasa sakit akibat maag tersebut, yang dapat muncul pada saat anda sedang tidur.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup