Sponsors Link

Perut Tiba Tiba Membesar – Gejala, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Pernahkah Anda mendapati perut tiba-tiba membesar ?  Perut yang menjadi besar, tampaknya akan membuat kita terlihat lebih gemuk. Ketika perut menjadi gemuk dan kembung, celana yang dikenakan terasa lebih sempit. Perut kembung tiba-tiba dan membesar sebaiknya tidak dianggap sepele. Bisa jadi, itu merupakan gejala awal penyakit yang manfaat madu bagi pencernaan berbahaya.

ads

Sebagian orang terkadang berpikir tentang perut membesar  ini, bisa dialami siapa saja karena orang tersebut kurang menjalankan olahraga dengan baik, atau suka makan dalam porsi banyak. Namun, rupanya perut yang besar ini merupakan pertanda penyakit yang cukup serius, yang menyerang system pencernaan. Maka dari itu, kita harus waspada ketika mengalami perut membesar cara mengobati diare dengan daun jambu biji secara tiba-tiba.

Gejala Perut Tiba-Tiba Membesar

Perut yang membesar tiba-tiba, juga akan menunjukan beberapa gejala. Gejala tersebut adalah penyakit yang ditandai dengan perut membesar. gejala seperti ini akan menjadi bahan diagnosa doker untuk adanya indikasi penyakit lain yang lebih serius. berikut beberapa gejala perut tiba-tiba membesar :

  • Liver

Manusia memiliki organ liver di perutnya hanya satu. Maka dari itu, kita harus lebih waspada ketika perut mendadak menjadi membesar , karena mungkin saja ini karena organ liver atau (hati) kita mengalami gangguan. Penyakit liver juga dikenal dengan penyakit kuning. Gejala yang manfaat jahe untuk sakit maag ditimbulkan juga munculnya warna kuning di seluruh tubuh penderita, termasuk bagian organ mata.

  • Perut Kembung

Gejala ini adalah diagnosis yang pertama kali tercetus, ketika perut kita tiba-tiba menjadi membesar. Gejala ini biasanya terjadi karena kita mengalami masuk angin, dan perut kita menjadi kembung karena masuknya gelembung udara ke dalam lambung yang tidak bisa keluar lewat organ usus besar. Bisa dibilang, ketika angin ini masuk, kita tidak bisa kentut.

  • Iritasi Usus Besar

Saat seseorang mengalami sakit iritasi usus besar, perutnya juga bisa membengkak dan merasakan nyeri hingga perut menjadi kembung. Selain itu, biasanya gejala ini diikuti gejala lainya, seperrti diare dan rasa mulas yang sangat. Keluhan sakit iritasi usus besar ini biasanya terjadi karena akibat kurang serat konsumsi makanan yang terkonaminasi zat atau bakteri jahat.

  • Penyakit Hormonal

Penyakit hormonal seperti saat wanita sedang haid, juga bisa membuat perut membesar secara tiba-tiba. Ketika wanita menjalani siklus hormone haid ini, cairan akan terkumpul khasiat wortel untuk asam lambung dalam area perut, sehingga perut terasa penuh.

  • Kanker Ovarium

Penyakit yang bisa dibilang paling berbahaya dari semua penyakit yang menyebabkan perut membesar tiba-tiba, adalah kanker ovarium. Penyakit ini berbahaya dan dapat menimbulkan kematian. Umumnya, keluhan yang muncul adalah di bagian perut, namun penderita sering mengabaikanya. Gejala lain yang muncul adalah kaki yang bengkak serta sulit digerakan.

Penyebab Perut Membesar 

Berbicara mengenai penyebab perut membesar, sebenarnya bisa menjadi lebih makanan untuk iritasi usus luas makananya. Namun, secara umum perut yang tiba-tiba membesar ini kemungkinan disebabkan karena penyakit Asites. Penyakit ini berupa cairan yang mengisi rongga perut. Adapun beberapa penyebab perut membesar sebagai berikut :

  • Gaga Jantung
  • Sirosis Liver
  • Infeksi bakteri pada rongga perut
  • Kanker rongga perut
Sponsors Link

Jika penyebab utamanya merupakan penyakit Asites, sebaiknya segera dikonsultasikan dengan dokter ahli agar segera mendapat pertolongan medis yang tepat.

Pengobatan Secara Umum

Setelah mengetahui gejala dan penyebab dari perut yang tiba-tiba membesar, jika memang bukan merupakan indikasi dari penyakit yang berbahaya, maka pengobatan dengan bahan alami bisa dilakukan. Ramuan alami yang dapat dikonsumsi sebagai berikut :

  • Ramuan Herbal Pegagan

Tanaman pegagan sudah dikenal sejak lama, sebagai obat tradisional penyebab usus besar luka untuk menyembuhkan segala penyakit, termasuk membantu mengatasi masalah perut yang membesar. Tanaman pegagan mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat memperbaiki sel-sel liver yang rusak. Rebus daun pegagan yang sudah dibersihkan, minum airnya rutin setiap pagi dan sore hari.

  • Kunyit atau Rimpang Kunyit

Ramuan kunyit juga dipercaya sebagai obat untuk mengatasi keluhan sakit yang disebabkan organ pencernaan, yang gejalanya berupa perut yang membesar. Kunyit merupakan anti inflamasi yang maksimal untuk menghentikan peradangan.Kandungan kurkumin pada kunyit, dapat menormalkan fungsi organ hati seperti normal.

Perut yang tiba-tiba membesar dan tidak merujuk pada sakit yang serius, biasanya akan kembali normal setelah kita mengkonsumsi ramuan alami yang dapat mengatasi masalah perut tiba-tiba membesar. Namun, jika gejala yang dialami lebih lebih parah dan terjadi berhari-hari, segera kunjungi dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Sponsors Link
, ,
Oleh :