Sponsors Link

Apakah Perut Terasa Penuh dan Sesak Nafas Disebabkan Penyakit Pencernaan?

Sponsors Link

Organ-organ pencernaan tersebut akan bekerja dalam system metabolisme  tubuh kita, kemudian akan mendistribusikan dan menyerap makanan dan  sari makanan, serta membuang sisa pembuangan makanan tersebut yang tidak diperlukan tubuh dalam bentuk tinja. Salah satu organ pencernaan yang penting ini adalah lambung.

ads

Lambung kita ternyata Memiliki fungsi dan peran penting  cara agar bisa kentut saat perut kembung bagi system metabolisme tubuh kita. Lambung bisa mengalami masalah dan terkena penyakit yang mengakibatkan efek kurang nyaman pada diri kita, serta  sakit di bagian sekitar perut. Adapun keluhan yang dialami, berupa sakit di bagian perut dan membuat perut menjadi terasa penuh hingga sesak.  Gejala berupa perut penuh dan sesak ini, bisa jadi karena ada kelainan pada organ lambung Anda, yang  harus segera diobati dengan tepat.

Gejala Perut Terasa Penuh dan Sesak

Pada umumnya, belum diketahui adanya gejala khusus, jika seseorang mengalami keluhan berupa sakit perut dan perut yang terasa penuh sesak. Gejala tersebut biasanya muncul berupa rasa kurang nyaman sekali di  perut, kemudian perut  terasa kenyang cepat  dan penuh,  hingga kita menjadi agak sulit bernafas. Tidak sedikit juga, akhirnya membuat rasa mual hingga muntah.

Sesak Nafas

Sesak nafas merupakan kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk bernapas, karena tidak cukup mendapat asupan udara. Bernapas adalah bagian  penting dari setiap kelangsungan hidup kita, namun jika terjadi masalah pernapasan, yang membuat sesak napas, tentu akan menurunkan kualitas hidup dan menimbulkan penyakit tertentu. Susah BAB saat haid. Sesak napas ternyata dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti berikut ini:

  • Asma
  • Alergi
  • Pilek
  • Anemia
  • Sinusitis
  • Tuberkolosis
  • Tekananan darah rendah
  • Kehamilan
  • Paru-paru basah
  • Kanker paru-paru

Dari beberapa penyebab di atas, umumnya sesak nafas banyak terjadi karena sakit asma atau terkena penyakit yang berhubungan dengan paru-paru dan jantung. Sesak nafas seperti ini biasanya berlangsung dalam jangka waktu yang panjang dan dapat disebut sesak nafas kronik. Sementara, untuk gejaka sesak nafas ringan yang dialami sebagian orang, bisa jadi merupakan gejala penyakit dari organ pencernaan dalam, seperti maag atau asam lambung.

Penyebab Perut Terasa Penuh dan Sesak

Mengapa seseorang bisa menderita keluhan berupa  sakit di area perutnya, hingga perut menjadi terasa penuh dan cenderung sesak? Umumnya, hal ini  terjadi akibat seseorang menjalankan pola makan yang salah. Jika makan  tanpa dikunyah dengan sempurna, dan masuk ke kerongkongan hingga lambung, hal ini bisa menjadi penyebab perut menjadi sesak dan penuh. Selain itu, keadaan perut juga akan menjadi lebih besar (mengalami kembung). Perut terasa penuh dan sesak juga bisa jadi gejala dari suatu penyakit. Berikut ini 20 penyebab perut terasa penuh dan sesak yang wajib diketahui, khususnya oleh penderita maag :

  • Penyakit Asam Lambung

Penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) merupakan sakit penderita tipes boleh minum es asam lambung yang memunculkan reaksi sensasi rasa panas dan terbakar, serta rasa sakit di bagian dada dan ulu hati. Gejala yang muncul karena sakit asam lambung yang diderita, biasanya berupa keadaan perut yang penuh dan sesak.

  • Tukak Lambung

Penyakit tukak lambung hampir sama dengan penyakit GERD, namun disertai dengan keadaan lambung yang luka Karena mengalami peradangan. Jangan sepelekan penyakit ini, lebih baik  segera lakukan pengecekan medis, agar mendapatkan penanganan yang tepat. Salah satu gejalanya juga menimbulkan perut terasa penuh dan mual.

  • Sindrom Iritasi Usus Besar

Sindrom IBS atau irritable bowel syndrome merupakan suatu kondisi penyakit yang  ini tidak berhubungan dengan keadaan usus yang meradang, hingga terjadinya kanker usus besar. Penyakit sindrom usus besar ini, terkadang muncul begitu saja, namun berkaitan dengan keadaan  otot usus yang ternyata sensitif. karena hal ini , perut yang penuh dan sesak bisa dialami.

Sponsors Link

  • Intoleransi Laktosa

Tubuh manusia terkadang tidak bisa menerima beberapa zat makanan dan membuat reaksi alergi. Salah satunya adalah intoleransi terhadap laktosa. Laktosa merupakan zat gula alami yang biasanya ditemukan pada produk olahan susu. Bagi orang yang tidak bisa menerima atau alergi terhadap zat laktosa ini, dapat membuat organ ususnya menimbulkan polip yang membuat perut selalu terasa penuh juga sesak.

  • Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah keadaan susah buang air besar, yang disebabkan oleh pola makan yang kurang baik. Normalnya, manusia bisa melakukan BAB hingga 3 kali satuminggu. Namun, saat sembelit, beberapa orang bahkan tidak bisa BAB hingga berminggu-minggu. Efeknya, tentu saja akan membuat perut menjadi penuh dan sesak.

  • Pola Makan Tidak Teratur

Sudah menjadi hal yang umum, jika seseorang memiliki pola makan yang tidak teratur, maka masalah pencernaan akan dialaminya. Makan yang tidak teratur sudah pasti dapat memunculkan masalah pencernaan, seperti maag, asam lambung dan membuat perut menjadi penuh juga sesak.

  • Stress

Stress yang dialami sebagian orang ternyata berhubungan dengan keadaan pencernaan kita. Hal ini terjadi karena seluruh kinerja organ, bekerja atas perintah dari otak , melalui saraf-saraf yang terhubung di dalam tubuh. Tidak heran, ketika sedang stress, terkadang perut kita menjadi terasa penuh hingga sesak.

  • PMS Pada Wanita

PMS suatu masa dimana wanita mengalami haid selama maksimal satu hingga dua minggu. Para wanita pasti tahu dan merasakan, bagaimana keadaan perut ketik sedang menjalani haid? Perut menjadi penuh, sesak dan terasa kembung.

  • Makan yang Tidak Dikunyah Sempurna

Mengunyah merupakan tahap awal dari pencernaan kita. Sebab itulah, kita disarankan untuk mengunyah makanan dengan benar , minimal 12 kali, agar organ usus bisa mencernanya dengan baik. Makanan yang dikonsumsi oleh pencernaan kita, memang seharusnya berukuran kecil bahkan halus, agar mudah ketika melewati organ lambung dan usus.

ads
  • Gelisah

Sama halnya seperti stress, saat seseorang merasa gelisah, pencernaanya juga akan terganggu. Organ lambung memang menjadi area yang utama, yang mengalami efek dari rasa cemas, gelisah atau stress tadi. Perasaan gelisah yang berlebih juga menstimulasi otak dan berhubungan dengan pencernaan, khususnya lambung dan menimbulkan gejala perut terasa sesak.

  • Berbicara Ketika Makan

Sebaiknya saat makan hindari untuk berbicara. Saat kita makan sebaiknya kita mengunyah makanan dengan benar, hingga menjadi partikel kecil yang mudah dicerna. Bisa dibayangkan, jika makanan yang sedang dikunyah ternyata tertelan, dengan sengaja, maka ini bisa membahayakan lambung dan menimbulkan masalah perut berupa penuh sesak.

  • Minuman Bersoda

Mengkonsumsi minuman bersoda memang menyegarkan, apalagi bagi Anda penggemar minuman semacam cola atau pepsi. Tapi tahukah Anda, bahwa minuman yang menyegarkan tersebut adalah jenis minuman yang kurang bersabahat untuk kesehatan pencernaan kita. Selain itu, akibat yang ditimbulkan adalah perut menjadi sesak penuh.

  • Terdapat Cairan Pada Rongga Perut (Ascites)

Cairan ascites ini yang menyebabkan keadaan perut menjadi seperti itu. Jika Anda  pernah mengalami penyakit seperti penyakit hati atau gagal ginjal, hal itu  bisa beisiko membuat  perut  terasa penuh sesak bahkan mual.

  • Terlalu Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Buah-buahan serta sayuran memang makanan yang sehat untuk dikonsumsi. Walau begitu, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Akibatnya perut bisa jadi mual dan penuh sesak. Sayuran dan buah yang dikonsumsi terlalu cepat, terlebih tanpa dikunyah dengan bena,  bisa membuat keadaan perut kita menjadi penuh sesak.

  • Pankreatis

Letak organ pankreas berada di sekitar organ hati manusia. Pankreas juga merupakan salah satu organ yang penting dalam proses pencernaan. Ketika orang yang berukuran kecil dibanding yang lainya ini,

  • Batu Empedu

Kondisi ini dapat terjadi, dimana cairan yang ada pada kantong empedu tersebut, berfungsi untuk mendukung pencernaan dan lemak yang gak mengeras.

  • Penyakit Crohn

Penyakit Crohn merupakan penyakit yang terjadi  pada organ usus, karena  penyakit ini menyerang lapisan dinding system pencernaan secara menyeluruh. Umumnya, penyakit ini menyerang organ usus kecil dan usus besar.

  • Kanker Usus Besar

Penyakit kanker usus besar juga bisa menyebabkan bagian perut menjadi terasa penuh disertai sesak. Hal ini bisa terjadi karena terdapat kumpulan polip-polip yang muncul di area organ usus, yang dibiarkan sehingga menjadi kanker usus besar.

  • Kanker Ovarium

Kanker ovarium merupakan kanker yang bertumbuh di bagian indung telur. Kanker ini umumnya diderita wanita yang telah melewati masa menopause. Kanker ovarium memiliki gejala berupa sakit perut yang melanda di sekitar perut. 

Sponsors Link

  • Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah penyakit pencernaan, karena mengkonsumsi zat gluten secara berlebihan. Bisa dikatakan seseorang menderita Celiac bila ia memiliki intoleransi tubuh terhadap zat gluten dan menyebabkan reaksi alergi. Penderita celiac biasanya akan merasakan gejala seperti perut yang menjadi penuh efek konsumsi suplemen bagi gangguan pencernaan disertai rasa mual yang cukup hebat.

Anjuran Mengatasi Perut Terasa Penuh dan Sesak

Dikhawatirkan, gejala yang dirasakan ternyata tidak kunjung hilang dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli penyakit dalam, agar bisa dilakukan analisa serta pemeriksaan fisik. Biasanya dokter akan melakukan beberapa tes penunjang, seperti tes EKG, foto rontgen, CT scan, endoskopi dan lain sebagainya. Selain itu, beberapa penggunaan obat tradisional seperti kunyit misalnya, juga dapat dijadikan alternative pengobatan yang aman tanpa efek samping.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk melakukan beberapa hal berikut ini:

  • hindari merokok dan paparan asap rokok
  • kelola stres dengan bijak
  • kurangi minum minuman bersoda dan berkafein
  • hindari minum minuman keras
  • hindari langsung berbaring setelah makan
  • konsumsi makanan bergizi dalam porsi kecil namun lebih sering
  • kurangi mengonsumsi makanan pedas dan berminyak

keadaan ketika perut terasa penuh, terkadang membuat tidak nyaman dan mengganggu aktifitas. Apabila diikuti dengan rasa sesak nafas, sebaiknya cek terlebih dulu, mungkin Anda memiliki riwayat penyakit pernapasan seperti asma misalnya. Jika memang perut terasa penuh dan sesak nafas ini karena penyakit organ pencernaan dalam (asam lambung misalnya), sebaiknya segera melakukan pengobatan yang tepat agar segera sembuh.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :