Sponsors Link

Perut Terasa Panas dan Mual Bahayakah? Apa Akibatnya?

Sponsors Link

Apakah Anda pernah mengalami perut yang sedang panas? Kondisi semacam ini bisa jadi karena adanya masalah pencernaan yang cukup serius. Adapun penyebab dari perut yang panas ini beragam. Penyebabnya bisa jadi karena gangguan asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), atau bisa juga karena alergi terhadap makanan maupun gastritis. Keluhan lainya yang terkadang tidak diketahui penyebabnya seperti Dispepsia.

ads

Kondisi perut panas seperti ini bisa juga merupakan efek dari cara mengatasi bab setelah makan kondisi lambung yang perih, panas serta perut kembung. Penyakit lambung utama yang menyebabkan efek seperti itu adalah penyakit maag. Penyakit maag yang sering dianggap sepele ini malah bisa menimbulkan lambung terasa panas, perih, mual hingga perut yang kembung dan kurang nyaman.

Penyebab Perut Terasa Panas

Umumnya, perut yang terasa panas ini adalah gejala gangguan pencernaan yang disebabkan oleh banyak faktor. Seperti diulas di paragraph awal tadi, bahwa penyebab tersering adalah refluks asam lambung hingga ke kerongkongan. Refluks ini lama-lama akan menyebabkan iritasi pada tenggorokan kita, yang membuat radang tenggorokan dan suara serak.

Pola makan yang kurang teratur, serta sering mengesampingkan obat tradisional peritonitis masakan yang sehat, juga dapat menjadi pemicu muculnya sakit perut panas. Seseorang yang stress juga berpotensi untuk mengalami sakit perut panas karena pada saat itu, kinerja pencernaan menjadi lambat. Hal tersebut tentunya akan memicu asam lambung, mual dan perut terasa panas.

  • Dispepsia

Penyakit dyspepsia ini merujuk pada gejala gangguan pencernaan yang penyebabnya tidak diketahui secara jelas. Namun, salah satu gejalanya adalah munculnya sensasi rasa panas pada bagian perut. Selain itu gejala lainya yang muncul seperti kembung, bersendawa, dan rasa tidak nyaman pada perut bagian atas.

  • GERD

GERD merupakan bagian dari lambung yang membentuk cincin otot paling bawah di bagian kerongkongan, mengalami masalah berupa tidak bisa menutup dengan sempurna. Hal itu berakibat naiknya asam lambung dan terkadang menimbulkan rasa panas pada perut.

Untuk kasus GERD, biasanya beberapa faktor seperti obesitas, kehamilan dan kebiasaan merokok. Faktor makanan yang pedas asam atau yang banyak mengandung bahan tomat, juga dapat memicu sakit GERD. Adapun gejala –gejala yang dialami seseorang yang terkena GERD, sebagai berikut:

  • Perut terasa terbakar saat malam hari dan ketika berbaring di tempat tidur
  • Napas terdengar seperti asma, karena refluks menyebabkan terjadinya iritasi di jalan napas
  • Mengalami batuk kering yang tidak berdahak
  • Alergi Makanan

Setelah mengkonsumsi makanan atau minuman tertentu, mungkin cara mengobati asites diantara Anda ada yang merasa bagian perutnya menjadi panas dan seperti terbakar hingga ke bagian atas dada. Hal ini bisa jadi merupakan tanda Anda sedang alergi terhadap makanan yang dikonsumsi. Sebaiknya hentikan untuk mengkonsumsi makanan tersebut atau meminum minuman tersebut, agar terhindar dari gangguan pencernaan seperti diare.

  • Gastritis

Penyakit pencernaan yang satu ini disebabkan oleh bakteri yang bernama Helicobacter Pylori Helicobacter Pylori yang menyerang bagian organ lambung. Bakteri seperti ini dapat merusak lapisan pelindung di bagian dinding lambung. Saat lapisan pelindung ini rusak, maka bagian dinding lambung akan mengalami peradangan. Gastritis dapat dipicu oleh kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alcohol, serta alergi terhadap makanan yang mengandung gluten, dan menderita penyakit pencernaan yang cukup berbahaya seperti Crohn, Celiac, dan radang usus.

Sponsors Link

Gejala Perut Sedang Panas

Setelah mengetahui penyebab dari perut yang sedang panas, maka gejala lainya yang juga cukup sering dialami adalah:

  • Kehilangan nafsu makan
  • Terasa nyeri di bagian Ulu hati
  • Kembung
  • Mual
  • Cegukan
  • Cara Mengatasi Perut yang Sedang Panas

Bahaya Perut Terasa Panas

Ketika kondisi perut menjadi panas, dan setelah diketahui penyebabnya adalah beberapa gejala penyakit lambung, jika dibiarkan tentu akan berbahaya. Efek jangka pendek yang ditimbulkan tentunya berupa rasa kurang nyaman ketika mengkonsumsi makanan.

Masalah perut terasa panas dan terkadang cukup sakit ini, tidak datang hubungan lambung dengan otak begitu saja. Awalnya, sakit perut panas ini merupakan kondisi dari faktor defensive dan agresidari organ Lambung kita. berikut penjelasanya:

ads
  • Faktor Defensif Lambung

HCL ini membuat asam menjadi keras dan dihasilkan oleh kelenjar lambung. HCL ini juga berfungsi untuk saluran pencernaan, untuk membasmi kuman yang masuk ke tubuh melalui saluran cerna.

  • Faktor Agresi

Adapun faktor agresi lambung merupakan faktor yang dapat merusak lambung seperti obat-obatan, aspirin, penghilang rasa sakit dan lainya.

Konsumsi obat yang berhubungan dengan gejala utama (asam lambung) seperti obat antasida yang dapat mentralkan asam lambung yang dialami. Anda juga bisa meminta resep obat khusus pada dokter untuk mendapatkan obat yang terbaik.

 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Perut Panas

Tidak dipungkiri, reaksi penyakit lambung yang terjadi dapat menimbulkan cara menghilangkan mual karena maag rasa panas pada area perut kita. Hal tersebut bisa jadi diakibatkan makanan yang dikonsumsi, kurang bersahabat untuk lambung Anda yang sensitif. Berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi agar perut tidak mengalami panas yang cukup mengganggu:

  • Makanan berlemak tinggi seperti daging goreng, keripik goreng, keripik kentang dan lainya
  • Bawang Putih
  • Cokelat
  • Buah yang memiliki kandungan asam tinggi seperti tomat
  • Makanan pedas
  • Bawang merah
  • Kafein
  • Alcohol
  • Soda dan minuman berkarbonasi

Jika Anda sedang mengalami gejala sakit perut yang sedang panas, maka beberapa cara berikut ini dapat meringankan rasa nyeri dan sensasi panas seperti terbakar tersebut, di dalam perut :

  • Lakukan Manajemen Stress

Manajemen stress Anda, mulai dengan selalu berpikir positif dan melatih pernapasan. Jika panic, sebaiknya jangan membuat Anda menjadi stress. Jika perlu lakukan olahraga untuk relaksasi seperti Yoga, meditasi hingga berdo’a sesuai kepercayaan masing-masing.

  • Gaya Hidup Sehat

Konsumsi makanan sehat dan jalankan pola hidup sehat efek konsumsi suplemen bagi gangguan pencernaan dengan seimbang. Hentikan kebiasaan buruk seperti minum alcohol, merokok dan lakukan olahraga secara teratur untuk kesehatan pencernaan yang lebih baik.

  • Konsumsi Makanan Sehat

Jalankan pola makan sehat seperti menghindari makanan pedas, asam, bawang kopi, mint dan cokelat. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang hambar saja, seperti nasi, biskuit dan jagung.

Obat Tradisional Untuk Perut Panas

Mengalami keluhan perut panas tentunya akan membuat kita merasa tidak nyaman, terlebih ketika selesai makan. Untuk melakukan pengobatan perut panas, selain penggunaan obat-obat kimia tertentu, Anda juga dapat mencoba ramuan obat tradisional untuk meredakan perut panas. Berikut ini beberapa minuman sehat pencegah rasa panas pada perut:

Sponsors Link

  • Air kelapa hijau – Air kelapa hijau mengandung zat anti racun dan antibiotik alami yang mampu melindungi pencernaan agar tetap sehat dan terhindar dari perut panas. Minumlah air kelapa hijau satu kali sehari setiap hari agar kesehatan pencernaan selalu dalam kondisi terbaiknya
  • Jahe – Minuman jahe yang ditambahkan dengan air lemon dan gula aren sangat nikmat dan mampu mengusir masuk angin serta ajaib dalam mencegah perut panas serta kembung. Khasiat jahe mampu bertindak sebagai antioksidan aktif dalam menjaga kestabilan asam lambung dan kesehatan jaringan pencernaan.
  • Yogurt – Bakteri baik yang ada didalam yogurt mampu menjaga kesehatan lambung , Usus dan organ pencernaan lain sehingga seseorang dapat terhindar dari perut yang terasa panas.
  • Kunyit – Kunyit memiliki kandungan zat antibiotik dan anti mikroba yang dapat melindungi organ pencernaan dari serangan bakteri yang berasal dari dalam tubuh maupun luar tubuh termasuk radikal bebas. Kunyit mengandung vitamin C yang cukup tinggi yang bisa bertindak sebagai antioksidan pencegah perut mual, mengobati nyeri perut dan terhindar dari serangan panas dibagian perut. Minum air kunyit yang sudah ditambahkan gula aren da air lemon atau asam kawak.
  • Cuka Apel, Bahan alami ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah mengobati perut panas
  • Jus Lidah Buaya, Lidah buaya ini juga dikenal banyak manfaatnya untuk kesehatan, khususnya pencernaan kita. Perut panas juga dapat diatasi dengan mengkonsumsi pengobatan kanker lambung jus lidah buaya, karena dapat mengurangi radang yang terjadi.
  • Susu, ketika perut menjadi panas, minumlah susu dalam keadaan dingin. Usahakan minum susu jenis UHT atau streril karena baik untuk kesehatan
  • Yogurt, minuman permentasi seperti yogurt juga dapat membantu mengurangi sensasi terbakar pada perut kita. Selain itu, yogurt juga baik untuk pencernaan kita
  • Almond, jenis kacang-kacangan ini sering juga dijumpai untuk kuliner kita. kacang almond dapat menetralkan cairan yang ada pada organ lambung.

Perut panas yang biasanya terasa setelah kita makan sesuatu yang mungkin terlalu pedas atau asam, kemudian bagian perut terasa sakit dan panas seperti terbakar, bisa jadi beberapa gejala penyakit lambung yang disebutkan tadi terjadi pada Anda. Jika perut terasa mual dan panas bisa jadi berbahaya dan aibatnya cukup serius bagi kesehatan. Sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter ahli penyakit dalam.

Sponsors Link
, ,
Oleh :