Sponsors Link

Kenapa Perut Terasa Kenyang Padahal Belum Makan? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Ya, kembali lagi pada artikel-artikel tentang kesehatan pencernaan dokterpencernaan.com. Jika pada artikel-artikel sebelumnya sudah membahas tentang fisura ani dan penyebabnya serta perbedaan hemoroid dan prolaps recti, kali ini dokterpencernaan.com akan membahas tentang perut terasa kenyang padahal belum makan, kenapa? Apa penyebabnya? Namun sebelum membaca isi artikel ini lebih lanjut, jangan lupa juga membaca artikel-artikel lain seperti cara mengobati ambeien dengan daun handeuleum, gejala megacolon pada bayi, penyebab mencret akibat asam lambungkhasiat daun kemangi untuk maag dan kesehatan serta jantung berdebar-debar karena asam lambung berikut ini ya.

ads

Mungkin beberapa dari kita pernah mengalami suatu kondisi dimana perut terasa penuh, begah, kembung, disertai rasa mual dan rasa kenyang padahal baru sedikit makanan yang masuk atau bahkan belum sama sekali. Kondisi tersebut terkadang memberikan rasa tidak nyaman dan amat mengganggu sehingga mampu menurunkan kualitas kehidupan. Apalagi jika dibiarkan terlalu berlarut-larut sehingga asupan makanan dan minuman terganggu, tentunya akan dapat menyebabkan rasa lemas serta kurang bertenaga dikarenakan kurangnya nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Lantas apakah yang menyebabkan fenomena tersebut? Apakah berisiko menjadi dampak jangka panjang bagi tubuh kedepannya? Berikut ini artikel dokterpencernaan.com tentang perut terasa kenyang padahal belum makan, kenapa? Apa penyebabnya?

Penyebab Rasa Tidak Nyaman Pada Perut

  • Perasaan tidak nyaman yang dialami pada bagian perut seperti perut terasa penuh, begah, kembung, serta terkadang disertai dengan rasa mual dan kekenyangan sebelum adanya asupan makanan yang masuk, dapat disebabkan oleh gangguan-gangguan pada sistem pencernaan bagian perut atau tepatnya pada organ lambung.
  • Gangguan-gangguan pada organ lambung terkadang memiliki gejala-gejala tertentu seperti: ukuran perut yang terlihat mengembung atau membesar, frekuensi sendawa yang terlalu sering, buang angin yang terus-menerus dan berkelanjutan.
  • Beberapa gangguan organ pencernaan tersebut, yang masih dalam stadium ringan, dapat disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan pola hidup yang kurang baik seperti mengkonsumsi makanan atau minuman yang kurang menyehatkan, kecenderungan frekuensi makan yang tidak beraturan atau kondisi fisik yang tidak prima.
  • Pada stadium yang lebih lanjut, berbagai gangguan tersebut bisa juga disebabkan oleh penyakit-penyakit yang menggangu sistem pencernaan atau organ-organ tertentu seperti: naiknya asam lambung (dispepsia) ataupun radang lambung (gastritis).

Dan berikut ini beberapa pembahasan mengenai pengertian dan perbedaan dispepsia dan gastritis – Perut Terasa Kenyang Padahal Belum Makan, Kenapa? Apa Penyebabnya?

  • Dispepsia

Dispepsia adalah istilah medis yang digunakan dalam menggambarkan keadaan atau kondisi yang dialami organ sistem pencernaan khususnya lambung dan kerongkongan. Pada situasi-situasi tertentu lambung menghasilkan suatu cairan pencernaan yang disebut dengan asam lambung atau juga dikenal dalam istilah medis sebagai gastric acid. Dikarenakan oleh sebab-sebab tertentu, produksi asam lambung tersebut bisa meningkat dan menyebabkan iritasi pada dinding-dinding lambung dan terkadang hingga naik ke kerongkongan (menimbulkan perasaan mual). (Baca juga: cara menghilangkan mual saat tipes)

Dispepsia pada umumnya menyebabkan rasa nyeri dan perih dilambung, serta terkadang jika asam lambung sudah naik ke kerongkongan akan terasa seperti tersedak suatu cairan masam. Namun jika stadium yang dialami sudah cukup kronis, dispepsia dapat menyebabkan rasa sakit dan seperti terbakar di bagian lambung, mual yang tidak tertahan serta muntah-muntah. Jika kondisi ini sudah dapat dirasakan, disarankan agar berkonsultasi dengan tenaga medis untuk penanganan lebih lanjut.

  • Gastritis

Berbeda dengan dispepsia, gastritis memiliki kondisi yang lebih serius bagi kesehatan organ lambung. Gastritis yang merupakan istilah medis dari penyakit radang lambung disebabkan oleh pengikisan atau iritasi pada dinding-dinding lambung. Iritasi atau pengikisan itu sendiri dapat disebabkan oleh kebiasaan meminum minuman beralkohol, gangguan psikologis seperti stress atau depresi, penggunaan obat-obatan keras, muntah-muntah berkelanjutan, infeksi bakteri atau virus, serta beberapa gangguan organ lambung lainnya.

Sponsors Link

Efek-efek yang ditimbulkan oleh gastritis sekiranya dapat berupa cegukan, kehilangan selera makan, perut kembung hingga sakit yang tak tertahankan, sensasi terbakar dan tertusuk-tusuk pada areal lambung, rasa mual yang tak kunjung hilang, muntah-muntah berkepanjangan yang disertai dengan darah dan cairan hitam, feses yang berwarna kehitaman, serta gangguan-gangguan pencernaan lainnya. Jika tidak segera mendapat penanganan medis, gastritis dapat menjadi penyebab penyakit komplikasi yang lebih kronis seperti tukak lambung atau bahkan hingga menyebabkan kanker.

Perut Terasa Kenyang Padahal Belum Makan, Kenapa? Apa Penyebabnya?

  • Gangguan pada Organ Hati

Selain gangguan-gangguan pencernaan diatas, penyebab perut terasa kenyang padahal belum makan juga dapat disebabkan gangguan-gangguan lain yang tidak memiliki keterkaitan dengan gangguan pada organ-organ sistem pencernaan. Salah satunya adalah dikarenakan adanya gangguan pada organ hati atau yang pada istilah medis disebut dengan istilah liver.

Sponsors Link

Organ hati yang berfungsi untuk menyaring dan menetralisir berbagai zat-zat berbahaya/beracun pada tubuh dan peredaran darah terkadang dapat mengalami gangguan yang menyebabkan rasa kenyang atau perut terasa penuh. Berbagai macam penyakit seperti gangguan pada kantong empedu, penyakit kuning, hipertensi portal ataupun kolestasi terkadang dapat menyebabkan pembengkakan pada organ hati. Pembengkakan tersebut yang akhirnya mempengaruhi volume rongga perut dan mengurangi kapasitas organ lambung sehingga menyebabkan perut terasa kenyang atau penuh padahal belum ada asupan makanan atau minuman yang masuk.

  • Kanker Ovarium

Selain itu khusus bagi para wanita, gangguan pada organ peranakan yaitu rahim khususnya indung telur atau yang dalam istilah medis disebut sebagai ovarium, juga bisa menjadi penyebab rasa kenyang padahal belum makan. Rasa kenyang tersebut terkadang menjadi gejala awal bagi para wanita yang terkena kasus kanker ovarium. Selain rasa kenyang, ada juga beberapa gejala-gejala lain seperti perut kembung atau membengkak, merasakan nyeri di daerah perut tepatnya di bagian rahim, berat badan menyusut secara drastis dan lain-lain.

Itulah pembahasan artikel mengenai perut terasa kenyang padahal belum makan, kenapa? apa penyebabnya? yang dapat membantu dalam mendiagnosa gejala-gejala dini tertentu yang dirasakan dan dialami. Dengan melakukan pencegahan terhadap gejala-gejala dini yang dialami, tentunya dapat menjadi tindakan pencegahan sebelum berkembang menjadi gangguan atau penyakit yang lebih kronis.

Sponsors Link
, ,