Sponsors Link

Mengapa Perut Sering Mules dan Mencret? Ketahui Penyebab Masalahnya Disini!

Sponsors Link

Rasa mules adalah perasaan tidak nyaman yang membuat perut terasa melilit atau perut sakit seperti kram.  Biasanya rasa mulas diiringi dengan buang air besar yang terus menerus dengan kotoran yag dikeluarkan berbentuk lebih encer atu cair. Perut sering mules dan mencret ini tentu saja sangat menjengkelkan.

ads

Tidak hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman, perut sering mules dan mencret juga dapat menggangu aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi jika rasa mulas dan mencret ini menimbulkan gejala lainnya, seperti mual dan muntah.

Penyebab Perut Sering Mules dan Mencret

Lantas mengapa perut sering mules dan mencret? Sebenarnya rasa mulas dan mencret yang timbul bisa menjadi gejala suatu gangguan kesehatan tertentu, apalagi jika muncul gejala lain yang menyertai mules dan mencret. Oleh karena itu, lebih baik menghubungi dokter untuk diperiksakan lebih lanjut lagi.

Tidak hanya sebagai gejala dari suatu jenis penyakit, rasa mulas dan mencret juga bisa disebabkan oleh jenis makanan yang dikonsumsi dan pola hidup yang tak sehat. Di bawah ini adalah penjelasan dari beberapa penyebab perut sering mules dan mencret:

1. Diare

Perut sering mules dan mencret merupakan gejala dari diare. Diare sendiri adalah kondisi ketika frekuensi buang air besar bertambah dengan kotoran yang dikeluarkan berbentuk lebih lembek dan cair. Seseorang biasa dikatakan sedang mengalami diare jika ia buang air besar 3 kali atau lebih dalam satu hari.

Penyebab diare sangat beragam, namun infeksi bakteri dan kuman adalah penyebab diare yang paling umum. Untuk itu, terapkanlah kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dan setelah dari toilet untuk menghindari bakteri yang menyebabkan diare. Diare tampak sepele, namun penyakit ini biasa berakibat fatal karena bisa membuat para penderitanya dehidrasi. Dehidrasi yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan komplikasi yang serius, bahkan kematian.

2. Mengonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas merupakan saah satu jenis makanan yang dapat menstimulasi pergerakan usus, sehingga makanan akan lebih cepat melawati usus. Kondisi ini menyebabkan kotoran yang dihasilkan akan lebih cair. Akibatnya mencret pun terjadi.

Mengonsumsi makanan pedas juga bisa membuat perut mulas, sebab makanan jenis ini mampu meningkatkan kadar asam lambung di dalam tubuh. Asam lambung di dalam tubuh yang terlalu banyak dapat mnegiritasi lambung, akibatnya sensasi terbakar dan mules akan dirasakan pada bagian perut.

3. Mengonsumsi Makanan Asam

Sama halnya seperti makanan pedas, makanan asam pun termasuk kedalam jenis makanan yang dapat merangsang pergerakan usus dan meningkatkan jumlah asam lambung di dalam tubuh. Sehingga jenis makanan ini dapat menyebabkan perut sering mules dan mencret. Makanan asam, seperti cuka, jeruk nipis, buah rasa asam, dan sebagainya terutama akan membuat perut mules dan mencret pada orang yang memiliki perut sensitif.

4. Intoleransi Makanan

Perut sering mules dan mencret bisa disebabkan oleh intoleransi terhadap zat tertentu di dalam makanan. Intoleransi makanan ini terjadi ketika tubuh tidak memiliki enzim tertentu yang memadai untuk mencerna zat tertentu. Misalnya saja inteloransi laktosa.

Sponsors Link

Para penderita intoleransi laktosa, tubuh mereka tidak mempunyai enzim laktase yang cukup untuk mengubah zat laktosa menjadi glukosa. Akibatnya, orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami gejala intoleransi laktosa saat mengonsumsi makanan yang mengandung laktosa. Perut mules dan mencret adalah salah satu gejala dari intoleransi makanan ini.

5. Mengonsumsi Kopi

Kopi memang nikmat di lidah dan memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Akan tetapi, kopi juga bisa menyebabkan diare setelah minum kopi. Hal itu dikarenakan kopi mengandung sifat pencahar alami yang dapat menstimulsi peristaltik usus, sehingga kotoran yang dihasilkan akan lebih cair. Selain itu, kopi juga mampu meningkatkan produksi hormon gastrin, yakni hormon yang bisa membuat perut bekerja lebih cepat dari seharusnya. Akibatnya perut cepat kosong dan perut akan cepat mulas.

6. Efek Samping Obat Tertentu

Perut sering mules dan mencret juga bisa menjadi efek samping konsumsi obat tertentu. Beberapa jenis obat yang memiliki efek samping berupa rasa mulas dan mencret adalah obat antinyeri nonsteroid, obat pencahar, obat antibiotik, dan sebagainya.

Sponsors Link

Efek samping terutama akan muncul apabila obat dikonsumsi tidak sesuai dosis dan anjuran yang disarankan oleh dokter. Efek samping berupa perut mules dan mencret juga bisa timbul jika obat dikonsumsi bersamaan dengan jenis obat lainnya atau jenis makanan tertentu.

7. Mengonsumsi Makanan Berlemak

Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak juga bisa menyebabkan perut sering mules dan mencret. Pasalnya, kandungan lemak jenuh di dalam makanan dapat memicu kontraksi perut yang bisa menjadi penyebab mencret dan rasa mulas di perut.

Sering mengonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh juga bisa menyebabkan susah buang air besar dan masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, kurangilah makan makanan yang mengandung lemak jenuh tak sehat untuk menghindari akibat buruk yang mungkin terjadi pada kesehatan tubuh.

Itulah beberapa kemungkinan penyebab mengapa perut sering mules dan mencret. Rasa mulas dan mencret yang terjadi tidak akan terjadi apabila kita sebisa mungkin menghindari penyebab-penyebab tersebut. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga merupakan kunci agar kita terhindar dari perut sering mules dan mencret.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :