Sponsors Link

Perut Sakit Seperti Ditusuk Tusuk, Kenapa? Apa Bahayanya?

Sponsors Link

Seorang pasien sedang berkonsultasi pada dokternya, ia mengeluhkan sakit yang sudah dialaminya beberapa hari ini. Pasien tersebut mengeluhkan bahwa ia merasa sakit di bagian perutnya seperti ditusuk-tusuk. Selain itu, ia juga mengeluhkan bahwa terkadang ia merasa mual disertai BAB mencret yang cukup menguras tenaganya. Pasien bertanya tentang pengobatan yang sesuai dengan penyakitnya itu.

ads

Setelah mendengarkan keluhan pasien tersebut, sang dokter perdarahan saluran cerna bagian bawah akhirnya mendiagnosa bahwa sakit perut seperti ditusuk-tusuk seperti yang dialami pasien ini, disertai mual dan mencret, bisa disebabkan oleh sakit radang. Radang ini bisa terjadi pada bagian organ pencernaan atas seperti lambung dan usus. Penyebabnya juga kebanyakan berasal dari penyakit pencernaan.

Berikut ini penyebab sakit perut ditusuk-tusuk disertai mual dan mencret yang dialami sang pasien :

  • Gastroenteritis

Penyakit yang mengakibatkan infeksi pada organ usus atau perut, yang disebabkan oleh beberapa jenis virus serta bakteri. Gastroenteritis juga dikenal dengan istilah flu perut atau flu lambung. Penyakit ini juga memunculkan gejala, salah satunya adalah mual, muntah, diare hingga perut yang terasa seperti ditusuk-tusuk.

  • Kram perut karena masuk angin

Kondisi kram perut yang cukup membuat perut seperti ditusuk-tusuk ini juga bisa diakibatkan karena adanya kontraksi otot-otot di bagian perut kita. lebih parahnya, sakit kram perut juga bisa jadi karena adanya gangguan pada organ dalam di sekitar perut, atau adanya kanker serta gangguan kehamilan.

  • Keracunan Makanan

Kondisi seseorang yang keracunan makanan adalah orang yang mengkonsumsi makanan yang ternyata sudah terkontaminasi oleh beberapa organisme yang menular, seperti virus, parasit, bakteri dan kontaminasi makanan.

  • Tifus

Seseorang yang mengalami sakit tifus juga mengalami gejala sakit perut yang seperti ditusuk-tusuk, disertai mual dan muntah. Orang yang terkena tifus juga mengalami perubahan BAB. Tifus merupakan infeksi pada usus 12 jari yang disebabkan oleh bakteri seperti salmonella typhi.

  • Sindrom Pramenstruasi

Bagi para wanita yang mungkin sudah selesai mengalami haid gejala flu perut atau menstruasi di setiap bulanya, adalah gejala fisik , emosi serta psikologis yang dialami wanita dalam siklus haidnya. Salah satu gejala yang dialami adalah sakit di bagian perut yang rasanya seperti ditusuk-tusuk.

  • Sakit perut karena Penyakit Pencernaan

Sakit perut mendadak pertanda penyakit serius seperti, Usus buntu, batu ginjal, tukak peptic, divertikulus, batu empedu, dan kehamilan terganggu. Sakit perut dikarenakan beberapa gangguan penyakit pada system pencernaan ini rasanya juga seperti ditusuk-tusuk.

  • Penyakit Kolesistitis

Selain beberapa diagnose dokter diatas tadi, salah satu penyakit yang memungkinkan pasien merasa perutnya sakit seperti ditusuk-tusuk adalah kolesistitis. Penyakit ini adalah sakit radang dan inflamasi pada bagian organ kantong empedu. Kantong empedu merupakan organ yang menyimpan empedu, yang memiliki cairan yang berperan untuk melakukan pencernaan lemak dalam tubuh manusia. Peradangan ini bisa terjadi secara tiba-tiba (akut) atau Jangka Panjang (kronis).

Kolesistisis akut biasanya terjadi pada sumbatan di saluran empedu. Sedangkan Kolesistitis kronis adalah kondisi peradangan pada empedu setelah mengalami kolesistitis akut selama beberapa kali. Gejala dari kolesistitis akut bisa berupa sakit pada bagian kanan atas perut dan berlangsung selama berjam-jam. Rasa sakit akan lebih terasa setelah mengkonsumsi makanan berlemak. Sakitnya bisa menjalar hingga ke punggung dan tulang belakang.

Sponsors Link

Disamping perasaan sakit seperti itu, inflamasi juga terkadang bisa muncul dengan gejala sebagai berikut:

  • Rasa sakit yang bertambah parah saat menarik napas panjang
  • perut bagian kanan sakit saat disentuh
    Demam
  • Berkeringat
  • Sakit kuning
  • tidak nafsu makan

Bahaya Sakit Perut Seperti Ditusuk-tusuk

Sakit perut merupakan jenis sakit yang cukup membuat tidak nyaman, bahkan bisa membuat kita merasa lemas dan lelah untuk menahan sakitnya. Ini merupakan pertanda bahwa di dalam perut kita terdapat masalah yang terjadi pada organ-organ dalam perut kita. Adanya luka atau infeksi di dalam organ tersebut, memungkinkan muncul rasa sakit perut seperti ditusuk-tusuk.

Jika sakit perut yang diderita tidak juga sembuh, sebaiknya pengobatan kanker usus tanpa operasi perhatikan terlebih dulu, dimana tepatnya rasa sakit itu muncul. Adapun beberapa bahaya sakit perut yang seperti ditusuk-tusuk dan sebaiknya mulai diperhatikan adalah :

  • Penyakit Crohn
  • Intoleransi Laktosa
  • Batu Ginjal atau Batu Empedu
  • Sindrom iritasi Usus
  • Gastroeshophageal reflux
  • Gangguan pencernaan
  • Infeksi saluran kencing
  • Apendisitis
  • Flu perut
  • Diare
  • Sembelit
ads

Diagnosa Sakit Perut

Ketika dokter akan mediagnosa pasien dengan keluhan cara mengobati gastroparesis sakit perut, dokter akan terlebih dulu menanyakan gejalanya kepada pasien. Setelah itu, jika pemeriksaan seperti itu kurang memuaskan hasilnya, pemeriksaan bisa dilanjutkan dengan melakukan  test fisik seperti  serta tes ultrasound, Xray, MRI, Endoskopi serta kolonoskopi.

Menghilangkan Sakit Perut Secara Alami

Sakit perut yang seperti ditusuk-tusuk, yang dialami pasien diatas adalah salah satu jenis sakit perut yang banyak dialami oleh orang lainya. Indikasi umum akan menyebutkan bahwa sakit perut seperti ditusuk-tusuk ini adalah akibat gangguan dari organ dalam perut tersebut, atau gangguan pada saluran pencernaan.

Untuk menghindari dan mengurangi rasa sakit perut, sebaiknya kita memilih cara yang alami dibandingkan dengan pengobatan berbahan kimia. Obat alami, selain mudah didapatkan dan dibuat, juga bisa meminimalisir efek samping dari penggunaanya. Berikut ini beberapa jenis obat alami yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit perut, termasuk sakit perut seperti ditusuk-tusuk:

  • Oralit

Oralit adalah ramuan tradisional yang banyak dimanfaatkan ramuan tradisional untuk perut panas untuk obat alami dalam menyembuhkan penyakit sakit perut, diare dan lain sebagainya. Jika Anda mengalami sakit perut yang seperti ditusuk-tusuk, maka dapat mengkonsumsi oralit dengan cara membuatnya sendiri atau membelinya di apotek terdekat.

  • Daun Jambu Biji

Tanaman alami daun jambu biji ini juga dimanfaatkan untuk mengobati penyakit yang berkaitan dengan pencernaan. Daun jambu biji juga bisa menghasilkan sakit perut. Daun jambu biji memiliki kandungan tannin yang bermanfaat untuk melawan pertumbuhan bakteri penyebab sakit di bagian perut.

  • Daun Cermai

Daun cermai adalah jenis daun alami lainya untuk obat, yang memiliki sifat antibakteri yang mampu membunuh kuman atau bakteri yang menjadi penyebab sakit perut yang seperti ditusuk-tusuk. Olah daun cermai dengan ditumbuk, kemudian seduh hasil bubuknya dan minum minimal 2 kali sehari.

  • Kunyit

Kunyit atau curcuma sudah menjadi obat alami untuk sakit perut dan mengatasi masalah gangguan pencernaan lainya. Kunyit yang bersifat anti peradangan ini dapat meringankan sakit perut karena penyakit pencernaan, atau karena masalah menstruasi pada wanita haid.

  • Akar Bunga Matahari

Tanaman bunga matahari yang memiliki bunga berwarna cara mengobati maag dengan kunyit  kuning dan indah ini, juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan sakit perut yang seperti ditusuk-tusuk. Bagian akar dari bunga matahari ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis sakit perut.

  • Jahe

Jahe merupakan tanaman obat alami populer lainya yang juga berkhasiat untuk menyembuhkan  berbagai penyakit. Jahe juga mengandung zat zingiberin dan gingerol yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai keluhan sakit perut.

  • Kapulaga

Rempah-rempah yang juga cukup terkenal ini adalah salah satu obat alami dari jenis rempah yang digunakan untuk berbagai macam bahan masakan. Selain itu, kapulaga juga bisa dimanfaatkan untuk menghangatkan badan dan merupakan rempah yang memiliki kandungan anti bakteri, yang tentunya dapat meredakan sakit perut.

Sponsors Link

  • Bawang Merah

Bawang merah yang juga biasa digunakan sebagai bumbu masak, ternyata dapat dimanfaatkan untuk obat oles saat sakit perut seperti ditusuk-tusuk melanda. Cukup campurkan minyak kelapa dengan bawang merah, dan jadikan obat oles untuk bagian luar perut ketika sakit.

  • Daun Iler

Setelah daun cermai tadi, ternyata jenis daun lainya yaitu daun iler juga berkhasiat untuk menyembuhkan sakit perut. Tanaman langka ini juga mengandung anti peradangan dan anti bakteri. Tumbuk daun iler dengan tambahan garam lalu tambahkan air dan aduk hingga rata, untuk kemudian diminum.

  • Biji Jati Belanda

Biji jati belanda sering digunakan sebagai bahan herbal untuk obat alami. Salah satu khasiatnya adalah untuk mengatasi berbagai jenis sakit perut, termasuk seperti sakit perut yang ditusuk-tusuk. Dengan menumbuk biji jati belanda dan ditambahkan air, ramuan obat ini sudah pengobatan kanker lambung bisa diminum.

Sakit perut biasanya dianggap merupakan tanda sakit yang biasa. Namun, jika sakit perut yang dirasakan seperti ditusuk-tusuk dan juga berlangsung lama, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. Perut sakit seperti ditusuk-tusuk juga bisa jadi tanda penyakit pencernaan yang berbahaya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :