Sponsors Link

Perut Sakit Saat Makanan Masuk: Bahaya, Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Makan adalah kegiatan rutin dan wajib dilakukan oleh makhluk hidup, sebab melalui makan, kita akan mendapat energi untuk melakukan aktivitas apapun. Tidak hanya itu, melalui makan juga kita akan mendapat nutrisi, vitamin serta mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Setelah makan, normalnya kita akan merasa kenyang. Akan tetapi, bagaimana jika setelah makan, justru bukan rasa kenyang yang didapat? Bagaimana jika perut terasa lapar setelah makan, perut buncit setelah makan, atau masalah lain justru muncul setelah makan?

ads

Sakit perut setelah makan adalah salah satu masalah yang cukup umum terjadi pada cukup bayak orang di dunia ini. Yang jelas perut sakit saat makanan masuk ke dalam perut bukanlah hal yang normal. Itu adalah sebuah tanda bahwa sedang terjadi masalah pada tubuh kita, terutama pada sistem pencernaan kita. Lantas mengapa perut sakit saat makanan masuk bisa terjadi? Apa penyebabnya? Apakah itu berbahaya? Adakah penanganan yang dapat dilakukan untuk mengobatinya? Mari kita bahas satu per satu.

Bahaya Perut Sakit Saat Makanan Masuk

Perut sakit saat makanan masuk biasanya akan mereda jika segera dilakukan penanganan. Bahaya akan timbul jika masalah kesehatan ini dibiarkan saja. Seperti yang telah disinggung di atas, perut sakit saat makanan masuk bisa menjadi pertanda bahwa ada penyakit yang sedang menyerang tubuh. Penyakit tersebut bisa saja penyakit serius yang dapat menimbulkan bahaya atau komplikasi apabila hanya dibiarkan saja. Bahkan sakit perut ini bisa saja menjadi sakit perut yang mematikan.

Untuk mengetahui bahayanya, lebih baik cari tahu terlebih dahulu apa penyebab sakit perut ini, karena bahaya atau komplikasi tergantung dari penyebabnya. Menghubungi dokter sangat disarankan agar dokter dapat memeriksa lebih lanjut agar tahu apa penyebab utama perut sakit saat makanan masuk yang Anda derita.

Penyebab Perut Sakit Saat Makanan Masuk

Perut sakit saat makanan masuk pada umumnya disebabkan oleh penyakit lain. Namun, ada juga penyebab lainnya yang menyebabkan sakit perut setelah makanan masuk ke dalam perut, seperti keracunanan makanan misalnya. Di bawah ini adalah penjelasan singkat mengenai beberapa penyebab perut sakit saat makanan masuk:

1. Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Jenis makanan yang dikonsumsi tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan perut, sehingga jenis makanan tertentu dapat menyebabkan perut sakit saat makanan masuk. Jenis makanan yang dapat berpengaruh pada sistem pencernaan dan dapat menimbulkan rasa perut sakit seperti ditusuk-tusuk setelah memakannya, antara lain:

  • Makanan pedas
  • Makanan asam
  • Makanan mengandung lemak tinggi
  • Makananan bersantan

2. Maag

Maag atau dispepsia biasa saja menjadi penyebab perut sakit saat makanan masuk. Orang yang mempunyai maag biasanya akan merasakan gejala maag pada saat makan dan setelah makan, atau bahkan saat sebelum makan. Maag terlebih lagi akan terjadi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang dapat memicu tubuh untuk meningkatkan produksi asam lambung. Gejala sakit maag setelah makan antara lain:

Sponsors Link

3. Intoleransi Makanan

Perut sakit saat makanan masuk bisa saja karena intoleransi makanan. Intoleransi makanan terjadi ketika tubuh tidak mempunyai enzim tertentu yang memadai untuk mencerna makanan tertentu. Akibatnya perut bisa sakit ketika sistem pencernaan sedang mencerna makanan tertentu. Susu dan pisang adalah contoh dari makanan yang sering mengakibatkan intoleransi makanan, sehingga tidak heran jika banyak orang yang mengalami diare setelah minum susu atau sakit perut setelah makan pisang. Selain sakit perut, di bawah ini adalah gejala lain yang menandakan intoleransi makanan:

ads
  • Diare
  • Mual
  • Muntah
  • Mengeluarkan gas secara berlebih
  • Terkadang membuat lemas

4. Keracunan Makanan

Keracunan makanan dapat terjadi ketika makanan yang dikonsumsi telah terkontaminasi oleh mikroorganisme, seperti virus, bakteri, parasit atau racun. Ketika keracunan makanan, sistem pencernaan akan terganggu sebagai reaksi tubuh. Itulah mengapa keracunan makanan bisa menjadi penyebab perut sakit saat makanan masuk. Tanda keracunan makanan antara lain:

Selain penyebab di atas, di bawah ini adalah penyebab lainnya perut sakit saat makanan masuk:

  1. Makan terlalu cepat
  2. Tukak lambung
  3. GERD
  4. Obstruksi usus
  5. Batu empedu
  6. Kolitis ulseratif
  7. Pankreatitis
  8. Penyakit seliak

Pengobatan Perut Sakit Saat Makanan Masuk

Pengobatan perut sakit saat makanan masuk tergantung dari penyebabnya. Oleh sebab itu, baiknya periksakan dulu ke dokter agar tahu penyebabnya. Untuk sementara, cara di bawah ini dapat dilakukan untuk membantu meredakan rasa sakit perutnya:

  1. Kompres hangat bagian perut yang sakit untuk meredakan rasa sakit perut
  2. Konsumsi yogurt untuk menambah populasi baik di dalam perut
  3. Minum air kelapa jika keracunan makanan adalah penyebabnya
  4. Hindari makanan yang dapat menyebabkan sakit perut
  5. Perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi yang mungkin terjadi
  6. Konsumsi makanan penetral asam lambung atau makanan untuk asam lambung (link)
  7. Minum obat pereda rasa sakit jika diperlukan
  8. Hubungi dokter apabila gejala tidak kunjung sembuh atau bertambah parah

Itu tadi informasi singkat mengenai perut sakit saat makanan masuk ke dalam perut. Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
, , , , ,