Sponsors Link

Perut Perih Setelah Makan Gejala – Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Bagaimana jadinya, jika kita sedang makan-makanan enak favorit kita, kemudian setelah selesai makan, perut terasa perih setelah makan. Hati-hati saja, karena bisa jadi pencernaan Anda sedang mengalami gangguan tertentu. Normalnya, setelah makan kita akan merasa kenyang dan perut juga akan terasa normal saja. Sebaliknya, jika perut malah menjadi perih setelah makan, bisa jadi Anda sedang mengalami sakit maag yang cukup serius.

ads

Gejala Perut Perih

Gejala yang dirasakan ketika perut perih, tentunya penyebab mual setelah makan adalah rasa tidak nyaman di bagian perut, diselingi rasa perih yang cukup mengganggu. JIka kita biarkan lama, biasanya gejala ini akan memicu sakit perut, bahkan hingga mual dan muntah. Sebaiknya, ketika perut terasa perih setelah makan, segera cari obat alami yang tepat atau segera berkonsultasi ke dokter.

Penyebab Perut Terasa Perih Setelah Makan

Lalu apa yang menimbulkan keluhan perut terasa perih setelah makan ini benar karena dipicu oleh gangguan pencernaan? Jawabanya adalah benar. Pencernaan kita sepertinya menjadi begitu sulit untuk mencerna makanan yang sehari-hari kita konsumsi. Padahal makanan yang dikonsumsi adalah makanan kesukaaan kita yang memiliki rasa yang enak. Namun, bisa jadi, makanan yang dikonsumsi malah sudah terkontaminasi bakteri dan virus berbahaya.

Jika setelah makan Anda mengalami rasa perih, kemungkinan besar penyebabnya adalah gangguan pencernaan pada organ dalam kita. menyangkut gangguan pencernaan, sepertinya harus dilakukan pemeriksaan medis terlebih dulu untuk mengetahui penyebabnya. Adapun secara umum, penyebab dari perut terasa perih setelah makan adalah sebagai berikut :

  • Sakit Tukak Lambung

Tukak lambung adalah gangguan pada system pencernaan, karena lambung mengalami luka, pada bagian tukak (duodenum) atau pada usus 12 jari.penyebab timbulnya perih sel darah putih yang berlebih di saluran pencernaan pada perut adalah lambung yang luka, serta nyeri pada bagian ulu hati.

Kita harus dapat membedakan antara tukak lambung dengan tukak duodenum. Jika rasa perih dan sakit di bagian perut ini terjadi tidak lama, bisa jadi ini memang gejala tukak lambung, rasanya akan lebih sakit setiap memiliki waktu. Namun, jika rasa perih sakit muncul 2.3 tajam setelah makan.

Tukak Lambung dan Tukak Duodenim

Kedua jenis tukak lambung ini, masing-masing terdapat pada Luka pada lambung). Tukak lambung merupakan hal yang sering terjadi, karena penyebab umumnya tiak berskala lintas. Untuk tukak lambung, beraeri Anda mengalami luka di organ lambung langsung. Adapun tukak duodenum (usus 12 jari) juga salah satu timbulnya penyakit ini.

Untuk memedakan keduanya, antara tukak lambung dan tukak duodenum itu, dapat dilihat dari gejala yang dirasakan.Jika rasa perih yang dialami terjadi karena mengkonsumsi makanan dengan banyak, sehingga untuk bergerak sja menjjadi kolot.

  • Naiknya Asam Lambung Ke Kerongkongan (GERD)

Perlu diketahui, bahwa asam lambung ini sebenarnya berperan penting dalam system pencernaan dalam tubuh kita. Asam lambung ini berfungsi untuk membantu proses makanan yang diuraikan dalam organ lambung agar mudah terserap oleh tubuh. Tapi, jika kita kurang menjaga kesehatan lambung dengan baik, maka asam lambung yang diproduksi ini malah akan berlebih sehingga menyebabkan asam lambung naik hingga ke kerongkongan kita.

Asam lambung yang naik, mengindikasikan adanya gangguan pada system pencernaan atau disebut dengan istilah GERD atau Gastro Esophageal Reflux). GERD terjadi karena asam lambung yang diproduksi tadi menjadi berlebih, sehingga system pertahananya tidak kuat untuk menahan asam lambung, yang akhirnya naik ke kerongkongan. Makanan yang melewati kerongkongan juga tidak bisa melewatinya dengan lancar.

Sponsors Link

  • Dispepsia

Terjadinya peradangan dinding lambung bagian dalam dengan beberapa gejala yang dialami seperti nyeri yang sangat kuat di bagian atas perut atau dada disertai dengan obat tradisional apendisitis mual, perut sesak dan bersendawa.

  • Gastritis

Terjadinya iritasi lambung, peradangan juga pengikisan pada dinding lambung dengan gejala nyeri yang timbul dan memunculkan sensasi rasa panas di dalam lambung. Perut menjadi cepat kenyang sakit perut, mual, muntah dan membuat nafsu makan berkurang.

Cara Mencegah Perut Perih  Setelah Makan

Untuk melakukan pencegahan yang alami dan mudah, sebaiknya Anda jalankan beberapa langkah berikut ini secara teratur :

  • Hindari konsumsi makanan asam, pedas, bersantan, berlemak tinggi, kopi, teh, coklat
  • Hindari kebiasaan merokok (mengiritasi dinding lambung menyebabkan gastritis yang dapat berlanjut menjadi tukak lambung)
  • Hindari konsumsi rutin obat-obat anti nyeri atau jamu-jamu yang tidak diketahui apa isi nya atau minuman energi yang terlalu sering atau makanan pengawet, semua itu menyerang langsung ke lambung.
  • Hindari telat makan, usahakan selalu mengisi dengan makanan ringan atau sedikit namun sering (setiap 3-4 jam sekali)
  • Lakukan olahraga rutin.
  • KOnsultasikan ke dokter untuk mengeathui penyebab pastinya, sehingga dapat diberikan obat yang sesuai dan tepat.
ads

Pengobatan Perut Perih Setelah Makan

penyakit asam lambung sangat bervariasi, mulai dari pengobatan yang dilakukan sendiri, obat-obatan khusus sampai prosedur operasi yang dilakukan sebagai langkah terakhir.   Obat-obatan yang dapat mengatasi Asam Lambung (GERD)

  • Antasida untuk menetralisir asam lambung dan meredakan rasa sakit akibat tukak lambung
  • Alginat yang berfungsi untuk melindungi dinding lambung dan esofagus dari asam lambung
  • Penghambat reseptor H2 untuk mengurangi jumlah produksi asam lambung
  • Penghambat Pompa Proton mengurangi jumlah produksi asam lambung di perut
  • Prokinetik yang berfungsi mempercepat proses pengosongan perut sehingga makanan dan asam lambung lebih cepat masuk ke usus

Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk meringankan pengobatan kanker lambung gejala asam lambung bahkan mencegah berulangnya sakit asam lambung, seperti:

  • Makan tepat pada waktunya
  • Makan secukupnya (tidak terlalu kenyang)
  • Jangan langsung berbaring sehabis makan mminimal 2-4 jam
  • Mengurangi konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak
  • Kurangi berat badan jika berlebih
  • Kurangi minum teh, kopi, minuman beralkohol dan merokok
  • Kurangi stress
  • Tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat

Jika anda mengalami gejala asam lambung yang selalu menetap dan tidak ada perubahan sebaiknya anda mengunjungi dokter agar anda mendapatkan pengobatan yang tepat dan spesifik.

Pengobatan Tradisional Perut Perih

Adapun beberapa obat tradisional yang bisa dicoba untuk dikonsumsi dengan penyebab penyakit kolik lebih enak dan aman. Berikut ini obat tradisional yang cocok untuk mengobati perut perih, terutama jika disebabkan oleh penyakit lambung :

  • Madu dan Serbuk Kayu Manis

Madu dan serbuk kayu manis ternyata merupakan obat alami yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai keluhan penyakit, termasuk masalah pencernaan seperti perut terasa perih. Adapun cara mengkonsumsi madu untuk obat perut perih adalah sebagai berikut:

  • Sediakan madu
  • sendok makan
  • Masukkan serbuk kayu manis (dapat dibeli dipasar/Giant Sp Market) ke dalam madu sebanyak 1 sdt.
  • Aduk hingga merata.
  • Minum secara Rutin 20 menit sebelum makan.
  •  Minum sebanyak 3 kali, setiap sebelum makan (pagi,siang,sore)
  •  Makan teratur (tidak boleh telat)

Disarankan, harus Rutin dan Berkelanjutan mengkonsumsi madu dan kayu manis yang dicampur dan menjadi obat.   Jika merasa perut tidak nyaman (panas,begah,nyeri,sakit,mual dsb) sebaiknya biasakan segera minum air hangat dicampur madu.

Penjelasan rasional tentang madu dan serbuk kayu manis adalah  Madu merupakan obat dari segala penyakit yang sudah tidak asing lagi dan diyakini manfaatnya dalam hal ini dapat mencegah inflamasi atau peradangan pada lambung serta meregenerasi kembali sel yang rusak dan membran mukosa yang sudah terkikis dan juga sekaligus memperbaiki mukosa yang terkikis akibat asam lambung. Adapu Serbuk kayu manis berguna dalam membersihkan lambung dan perut.

Sponsors Link

  • Temulawak

Temulawak memiliki senyawa turunan seperti jenis kurkuminoid, diariheptan, monoterpen dan sekuiterpen jenis bisabolen. Temulawak juga mengandung zat selulosa dan minyak atsiri, pati, protein dan mineral, serta lemak dan zat kuning yang biasa disebut cara perawatan kolostomi kurkumin.

  • Kunyit

Kunyit mengandung senyawa kurkominoid . Senyawa tersebut terdiri dari kurkumin, bidesmitoksikurkumin dan desmotoksikumin. Kunyit juga memiliki kandungan zat lain yang bermanfaat untuk tubuh kita. zat-zat tersebut seperti minyak astiri, lemak, karbohidrat, protein, kalsium, vitamin C, zat besi dan juga fosfor.

Bagi Anda yang memiliki keluhan sakit maag, kunyit dapat diolah menjadi ramuan yang berkhasiat untuk obat sakit maag Anda. Cara mengolahnya sebagai berikut :

  • Ambil sebanyak 2 – 3 rimpang kunyit
  • Bersihkan kunyit lalu kelupas kulitnya
  • Peras kunyit tersebut hingga keluar airnya
  • Minum Air perasan tersebut, saat pagi dan sore hari dengan rutin agar cepat sembuh

Gangguan penyakit pada organ lambung, rupanya cara mengobati gastroparesis dapat memunculkan rasa perih di area perut, terlebih ketika sudah selesai makan. Sebagian orang juga kadang merasakan perutnya perih karena perutnya kosong dan belum diisi makanan untuk dikonsumsi. Sebaiknya ketahui gejala awal dari perut perih, kemudian hindari untuk membiarkanya dalam waktu lama. Untuk pencegahan, Anda bisa mencoba obat tradisional untuk perut perih setelah makan, agar tidak menimbulkan efesk samping yang berbahaya.

Sponsors Link
, ,
Oleh :