Sponsors Link

Perut Lapar Setelah BAB: Penyebab, Bahaya dan Pengobatan

Sponsors Link

Kebanyakan orang akan merasakan perasaan lega setelah buang air besar. Bahkan ada juga yang merasakan tubuh menjadi lebih enteng setelah buang air besar. Akan tetapi, ada saja orang yang mengalami gejala kurang lazim setelah buang air besar, lapar misalnya. Sebenarnya, perut lapar setelah BAB itu adalah hal yang wajar, karena hal itu bisa saja menjadi bagian dari proses metabolisme tubuh.

ads

Apabila Anda termasuk ke dalam orang yang merasakan perut lapar setelah BAB, itu tandanya tubuh Anda sedang mengirimkan sebuah sinyal bahwa kemungkinan besar tubuh sedang mengalami gangguan kesehatan, atau sedang kekurangan zat tertentu. Pada intinya, perut lapar setelah BAB dapat menjadi sebuah pertanda bahwa sesuatu sedang terjadi dalam tubuh Anda. Terlebih lagi jika rasa lapar tersebut disertai dengan gejala lain seperti tubuh lemas dan gemetar serta jantung berdebar kencang tak beraturan, atau mengalami gejala aneh saat BAB seperti BAB disertai mual, BAB lendir bening, atau diare sampai keluar darah.

Penyebab Perut Lapar Setelah BAB

Terdapat beberapa penyebab mengapa perut terasa lapar setelah buang air besar. Berikut ini adalah uraiannya:

1. Tubuh Perlu Tambahan Energi

Tubuh perlu tambahan energi adalah penyebab pertama dari perut lapar setelah BAB. Hal ini utamanya terjadi jika Anda terakhir makan berjam-jam sebelum buang air besar. Alhasil, makanan yang dimakan berjam-jam sebelum buang air besar tersebut telah dicerna dan dibakar menjadi energi yang Anda pakai untuk beraktivitas. Terlebih lagi apabila sebelum buang air besar, Anda melakukan aktivitas fisik yang cukup berat yang membutuhkan lebih banyak energi. Akibatnya, Anda akan merasa perut lapar setelah BAB, sebab persediaan energi di dalam tubuh menipis.

2. Dehidrasi

Perut lapar setelah BAB bisa menjadi pertanda bahwa tubuh Anda sedang kekurangan cairan atau dehidrasi. Saat dehidrasi tubuh memang memerlukan cairan, tetapi bagi beberapa orang justru laparlah yang dirasakan alih-alih haus saat mengalami dehidrasi. Hal ini terutama terjadi pada orang yang tidak terbiasa minum air putih. Cobalah minum beberapa gelas air putih dan tunggu selama belasan menit. Jika rasa lapar hilang, tandanya perut lapar setelah BAB yang Anda rasakan sebelumnya disebabkan oleh dehidrasi ringan.

3. Kurang Gula Darah

Perut lapar setelah BAB dapat menjadi pertanda bahwa tubuh sedang kekurangan gula pada darah. Hal ini utamanya apabila rasa lapar disertai dengan gejala berupa:

  • Tubuh gemetar dan lemas
  • Jantung berdebar lebih cepat
  • Pucat
  • Berkeringat

Penyebab lain perut lapar setelah BAB:

  1. Penyakit asam lambung
  2. Maag
  3. Stress
  4. Terlalu banyak karbohidrat
  5. Sering konsumsi minuman beralkohol
Sponsors Link

Bahaya Perut Lapar Setelah BAB

Bahaya atau tidaknya perut lapar setelah BAB tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu, konsultasikanlah kepada dokter untuk tahu apa penyebabnya.

Pengobatan Perut Lapar Setelah BAB

Berikut adalah cara yang dapat membantu mengatasi perut lapar setelah BAB:

  1. Sering makan dengan porsi sedikit
  2. Minum air putih yang cukup setiap hari
  3. Kurangi asupan karbohidrat
  4. Atur asupan gula tubuh
  5. Sering konsumsi makanan yang mengandung banyak serat 
  6. Konsumsi makanan untuk asam lambung jika penyebabnya adalah penyakit asam lambung
  7. Cobalah buah yang baik untuk penderita maag apabila penyebabnya adalah maag
  8. Olahraga

Sekian penjelasan singkat mengenai perut lapar setelah BAB. Selalu tanya dokter agar tahu pasti apa penyebab dan pengobatan perut lapar setelah BAB yang Anda alami.

Sponsors Link
, , , ,