Sponsors Link

Perut Kembung Terus Menerus, Bahayakah? Apa Penyebabnya

Sponsors Link

Suatu hasil dari proses metabolisme pada tubuh ialah gas. Ketika tubuh kita mengeluarkan gas maka anda akan terasa lega dan nyaman, perut menjadi enak dan nyaman, sehinga anda dapat menyantap makanan dengan kondisi perut yang nyaman. Akan tetapi apa yang dapat terjadi jika anda tidak dapat membuang gas? Ataususah buang gas? Hal ini akan menyebabkan perut kembung. Anda biasanya akan mengalami sendawa yang panjang dan akan terasa tidak nyaman pada bagian perut.

ads

Bahayakah Gejala Perut Kembung?

Perut kembung merupakan hal yang sangatlah umum di alami untuk semua orang. Akan apa yang terjadi jika perut kembung dialami pada jangka waktu yang tidak wajar atau sangat lama dan terasa menyakitkan, dalam kondisis seperti ini anda bisa jadi mendapat penyakit yang erius. Nah di sini kita sudah merangkum apa saja gejala yang di alami saat perut kembung :

  • Perut terasa kembung dengan rasa sakit yang ada di sekitar perut, sakit perut bagian atas tengah
  • Perut terasa kembung di barengi dengan diare parah atau sembelit yang parah juga
  • Nafsu makanya berkurang dan berat badan turu drastic
  • Ada darah di tinja atau juga pendarahan di dalam tinja
  • Sering Menggigil, sendi nyeri,kejang pada otot, dan muntah

Kita memerlukan makanan yang dapat melwati saluran pencernaan kita, mulai dari kerongkongan melewati usus hingga ke tahap bagian akhir. Akan tetapi terkadang juga dapat melwati bagian usus besar dan yang akan keluar bersama feses. Pada setiap malah kegiatan ini dapat menghasilkan gas  yang dapat membuat perut menjadi terasa kembung dan tidak nyaman. Namun ada beberapa penyebab dasar atau umu dari perut kembung sendiri. baca dan ketahui juga tentang obat tradisional apendistis

Penyebab Dasar atau Umum Perut Terasa Kembung:

1. Banyaknya Bakteri Di Dalam Usus

Pada saat mengunyah makanan, tidak semua dari makanan yang kita kunyah di proses di dalam usus. Ada beberapa makanan tertentu yang biasanya tertinggal pada dalam usus, karna makanan ini tidak dapat diurai dengan cepat seperti lainya. Maka hal ini dapat menimbulkan akibat beberapa bakteri ada pada dalam usus anda berusaha untuk melakukan proses fermentasi ke makanan tersebut. Efek samping nya adalah gas yang dapat menyebabkan perut anda terasa kembung

2. Kurangnya Laktase

Ketika kalian tidak mendapatkan lactase dengan jumlah yang sempurna, maka tubuh juga dapat memproduksi gas yang berlebih. Proses ini dapat terjadi dalam usus kecil. Usus kecil kita sangat membutuhkan laktase yang berguna sebagai pemecah laktosa. Ketika laktosa dalam usus kita tidak dapat dipecah, biasanya bakteri akan membuat fermentasi pada hula. Dan hal ini akan menyebabkan perut terasa kembung.

3. Perhatikan Produk Susu

Setiap orang mempunyai system pencernaan yang berbeda-beda. Ada beberapa orang yang mampu mencerna produk susu tertentu dan ada jgua seseorang yang tidak mampu mencerna produk susu tersebut. Orang yang tidak dapat mencerna susu pada biasanya akan bereaksi dengan adanya perut kembung. Gas yang di hasilkan dikarenakan usus halus ama sekali tidak dapat menyerap produk susu tersebut

4. Mengonsumsi Gula Alami

Ada berbagai jenis buah dan juga sayuran yang juga terdapat kandungan gulanya dan menyebabkan perut terasa kembung. Ada beberapa makanan yang mengandung gula alami yang sangat tinggi:

Sponsors Link

  • Pada sayuran ( Kol,kubus,bawang,seledri,jagung,dll)
  • Pada buah (Persik,pisang,apel dan juga melon)
  • Makanan yang terbuat dari tepung
  • Semua jenis olahan yang mengandung susu
  • Minuman yang berkarbonasi

5. Menelan Terlalu Banyak Udara

Ketika makan atau minum sebenarnya tidak Cuma makanan dan minuman yang masuk kedalam mulut anda dan masuk kedalam system pencernaan, ternyata ada udara yang juga ikut masuk. Pada kondisi ini tidak terasa, akan tetapi jika anda mencoba makan dengan waktu yang singkat maka perut anda akan merasakan tidak nyaman dan terasa kembung. Ada udara yang dapat bercampur dengan makanan dan minuman yang anda konsumsi dan masuk kedalam system penernaan anda. Jadi ektika makanan dan minuman terlalu cepat bisa jadi menyebabkan perut anda kembung. baca dan ketahui juga tentang  perut terasa panas dan mual.

6. Mengonsumsi Minuman Bersoda

ads

Minuman yang mengandung soda memang banyak di gemari dan di beli terutama untu kaum remaja. Akan tetapi minuman yang mengandung soda dapat meningkat kan produksi karbondioksida pda perut anda. Biasanya perut anda akan memberikan reaksi dengan mengeluarkan banyak gas dan anda  menjadi sering bersendawa. Jika sudah berlebihan biasanya akan di tandai rasa kembung pada perut anda.

7. Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Sulfur

Banyak jenis makanan yang mengandung sulfur, makanana jenis ini juga dapat mengakibat kan produksi gas yang berlebih dalam perut anda. Kubis,bawang,seledri juga merupakan jenis makanan yang mengandung sulfur yang tinggi. Jadi lebih baik konsumsi makanan tersebut dengan takaran yang pas dan tidak berelebihan.

8. Mengalami Maslah Kesehatan Yang Serius

Perut yang kembung juga dapat disebabkan oleh masalah kesehatan yang serius. Ada beberapa orang tidak menyadari akan kondisi ini. Namun ada beberapa gejala yang bisa menjadi tanda efektif masalah kesehatan yang sangat serius dan sering di tandai dengan adanya perut kembung.:

  • Mengalami Alergi Pencernaan
  • Mengalami alergi makanan
  • Mengalami sembelit atau susah buang air besar
  • Mempunyai alergi pemanis
  • Kurang nya asupan nutrisi
  • Mengalami gangguan pada lambung
  • Mengalami Maag,cara mengobati maag dengan kunyit.

9. Efek Samping Dari Obat

Pemakaian jenis obat tertentu yang bertujuan untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu juga dapat menyebabkan perut anda kembung. Ada beberapa obat yang menimbulkan efek ini. Seperti obat yang untuk mengatasi penyakit mag, obat untuk menghilangkan jamur pada pencernaan anda dan juga obat untuk memperlancar BAB anda atau megnatasi sembelit. agar anda terhindar dari penyakit tipes anda juga dapat membaca  tipes disertai batuk.

10. Mengalami Stres

Saat anda merasa cemas dan mengalami strees karena sebab tertentu, maka perut anda juga dapat terasa kembung dan tidak nyaman. Gangguan dari kecemasan dan strees ini dapat menyebabkan ketidakstabilanya hormone pada tubuh anda yang dapat memicu rekasi antara otak dengan perut. Terkadang strees juga di sertai dengan diare yang parah yang munculnya juga secarra tiba-tiba bahkan sbelumnya sama sekali tidak mengalami diare.

Beberapa Tips Untuk Mengatasi Perut Yang Kembung

Perut yang kembung merupakan sebuah reaksi pada dalam tubuh kita yang dapat di sebabkan dari zat yang tidak seimbang pada bagian organ pencernaan. Hal yang paling penting untuk diketahui adalah anda harus menghentika semua hal yang dapat menyebabkan perut terasa kembung dan tidak nyaman. Nah disini kita juga sudah merangkum tips-tips untuk mengatasi perut kembung dan semoga dapat membantu.

  • Jauhi semua jenis makanan yang dapat memicu terjadinya fermentasi pada usus anda seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung sulfur,makanan yang mengandung karbohidrat yang berteksutr padat dan juga makanan yang mempunyai aroma kuat.
    Sponsors Link

  • Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung prebiotik seperti yogurt. Makanan yang di dalam nya mengandung prebiotic juga dapat menetralakan masalah perut kembung yang anda alami.
  • Anda juga dapat melakukan beberapa olahraga ringan untuk mendorong proses metabolism pada ubuh anda. Tapi olahraga yang dilakukan pada sebelum perut kembung juga dapat membuat anda terhindar dari gejala perut kembung.
  • Anda dapat menggunakan rempah-rempah atau yang dapat membantu anda mengatasi msalah perut kembung yang sedang anda alami. Anda dapat menggunakan Tehjahe karenan jahe juga mengandung senyawa gingerol yang dapat meredakan atau mengatasi masalah perut kembung yang anda alami.
  • Hilangkan strees yang anda lami, anda dapat menenangkan diri dengan kegiatan-kegiatan yang anda sukai dan menjalani relaksasi dengan mengambil nafas dalam dan mengeluarkan nya secara perlahan-lahan.

Gangguan perut kembung ternyata memang gangguan yang umum terjadi kepada setiap orang. Akan tetapi kita anda merasa perut kembung dan mengalami gejala yang tidak normal seperti sering kentut,perutserasa mual, perut terasa tidak nyaman, dll anda juga dapat menannya kan kondisi ini ke dokter atau keahlinya agar mendapat penjelasan yang tepat dan di beri langkah-langkah untuk merdeakan atau mengatasi perut kembung yang anda alami. ketahui juga penyebab serta gejala penyakit perut sakit bagian atas tengah.

Nah semoga artikel ini dapat membantu serta menjawab kenapa anda mengalami kembung dan bagai mana cara mengatasi perut kembung. Karna perut kembung merupakan gejala yang umum terjadi kepada setiap orang. Anda dapat menjalani pola hidup yang sehat dan melakukan aktifitas olahraga agar terhindar dari gejala perut kembung, hindari mengkonsumsi minuman bersoda yang berlebih karna banyak orang yang gemar sekali dengan minuman bersoda tanpa memperhatikan takaran yang pas, lebih baik mengkonsumsi air putih yang bagus untuk kesehatan pada tubuh anda. Tapi jika anda merasa cemas dan takut akan gejala perut kembung yang di alami anda juga dapat mengkonsultasi kan nya langsung dengan dokter atau ahlinya agar mendapat kepastian yang tepat dan akurat dan mengetahui gejala apa yang anda alami. Bagi anda yang masih sering mual walaupun sudah minum obat dan ramuan herbal anda dapat membaca untuk penyebab mual setelah makan.

Sponsors Link
, ,