Sponsors Link

Perut Kembung Setelah Operasi Usus Buntu: Penyebab Dan Penanganannya

Sponsors Link

Apa itu usus buntu ?

ads

Bila di lihat secara sekilas , sakit perut yang di sebab kan oleh maag dan juga ussu buntuk mempunyai gejala yang menyerupai atau hampir sama. Tidak jarang ada beberapa orang yang salah mengartikan dari gejala sakit perut yang mereka alami. Nah maka dari itu akibatnya beberapa ooarng yang memang sebenarnya usus buntu malah menyangka dirinya terkena sakit perut di karenakan maag dan juga telat makan. Maka dari itu jangan sampai anda salah mengertikan penyebab sakit perut anda yang malah berujung pada bertambah parahnya usus buntu. Ketahui juga tentang bab lembek terus menerus.

Usus buntu atau appedictis merupakan peradangan yang terjadi pada apendiks atau yang lebih kita kenal dengan usus buntu. Usus buntu merupakan sebuah struktur yang mempunyai bentuk seperti selang kecil yang menempel pada bagian bawah organ usus besar yang terletak pada perut bagian bawah kanan. Nah ketika anda tidak segera mengobatinya usus buntu anda dapat pecah dan dapat menyebabkan infeksi hingga ke bagian perut lainnya. Ketika situasi tersebut sudah terjadi maka lapisan perut anda juga akan mengalami peradangan dan dapat berakibat fatal.

Kenapa perut kembung setelah operasi usus buntu ?

Operasi usus buntu merupakan suatu tindakan sebagai langkah untuk mengantisipasi terjadinya radang pada usus buntu. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus anda waspadai setelah anda melakukan operasi usus buntu. Naha agar anda terhindar dari hal – hal yang tidak di inginkan , seperti yang akan kita bahas tadi , ya kenapar perut kembung setelah menjalani operasi usus buntu. Akan tetapi pada umumnya operasi dilakukan bertujuan untuk menyembuhkan, akantetapi juga akan mempunyai efek samping seperti perut terasa kembung saat setelah operasi usus buntu. Baca juga penyebab kanker usus buntu.

Setelah menjalani operasi usus buntu biasnya ada beberapa masalah dan juga keluhan yang sering di keluhkan oleh semua pasien, dan biasanya seperti perut terasa kembung, mengalami mual , mengalami gangguan BAB , dan juga sembelit. Akan teteapi hal tersebut adalah wajar terjadi dalam beberapa kurun waktu tertentu dan akan membaik dengan sendiri atau secepat mungkin tergantung dari pola hidup sehat yang anda jalani.

Penanganan perut kembung setelah operaasi usus buntu

Agar memastikan keluhan yang sedang anda alami, ada baiknya anda untuk memeriksakan terlebih dahulu diri anda ke dokter atau ke ahlinya di mana anda melakukan operasi, agar anda mendapatkan kejelasan dari gejala yang anda alami dan juga langkah – langkah untuk menjalani penyembuhan dengan cara yang benar. Biasanya setelah anda berkunjugn ke dokter , dokter akan menyarankan untuk melakukan tes secara berkelanjutan seperti dengan metode rontgen ataupun USG. Nah untuk penanganan yang selanjutnya akan di berikan berikan sesuai dengan gejala yang sedang anda alami saat itu atau keluhan yang sedang anda alami. Disini kami akan memberikan beberapa cara untuk menghilangkan atau mengurangi perut terasa kembung saat setelah menjalani operasi usus buntu. Baca juga efek setelah operasi usus besar.

  • Mengonsumsi obat yang di sarankan atau di anjur kan oleh dokter dimana anda operasi.
  • Mengurangi makan – makanan yang rasanya pedas, asam, dan juga yang mengandung asam.
  • Menggunakan badan anda untuk bergerak ringan, atau melakukan olah raga ringan
  • Menjauhi stress , karna stress dapat membuat kondisi badan anda menurun.

Kondisi perut yang kembung setelah operasi usus buntu juga dapat di sebabkan oleh beberapa faktor di bawah ini :

Sponsors Link

  • Sering mengkonsumsi makanan yang pedas , asam , berlemak dan juga mengandung kafein
  • Mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan gas seperti soda , kol , sawi ,dll
  • Kurang nya bergerak atau imobilitas pada tubuh anda
  • Mengalami sembeli atau juga susah buang air besar
  • Mengalami gejala stress, Baca juga Cara mencegah kanker usus.
  • Karena efek samping dari salah satu obat.

Gejala perut kembung setelah operasi usus buntu meruapakn gejala yang wajar, dan biasnya akan sembuh dalam beberapa waktu terdepan , cepat atau tidak nya juga tergantu dari kondisi si pasien dan dari pola hidup si pasien semisal dari makanan yang dia konsumsi , dan si pasien juga harus tau makanan apa saja yang harus dia jauhi pasca operasi usus buntu. Akan tetapi ketika anda mengalami perut kembung dengan durasi waktu yang lama semisal berbulan – bulan , maka anda patut curiga dan harus segera mengecek nya dengan mengunjungi dokter dimana anda operasi kemarin, agar mendpatkan penanganan yang khusus dan masalah perut kembung anda segera teratasi.

Perlu di ingat juga bahwa anda harus memperhatikan antara gejala maag dan juga usus buntu karna hampir sama, jangan sampai anda salah mendiagnosis karna bisa berakibat semakin bertambah parahnya usus buntu tersebut. Dan juga seperti yang sudah kita jelaskan di atas tadi , bahwa ketika usus buntu pecah makan akan dapat berakibat fatal dan dapat membuat perut anda juga dapat terkena peradangan, nah maka dari itu anda harus mengenali seteiap gejalanya, jika anda ragu maka datanglah ke ahli atau kedokter untuk mendapatkan kepastian tentang gejala yang sedang anda alami. Baca juga ciri ciri usus luka.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Usus Buntu