Sponsors Link

Kenapa Perut Kembung Badan Terasa Lemas? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Apakah Anda pernah merasakan perut menjadi kembung, setelah makan sesuatu? Atau karena makanan pedas dan asam adalah favorit Anda, setiap kali selesai makan makanan tersebut, keadaan perut menjadi kembung dan kaku secara tiba-tiba? Jika iya, maka bisa jadi Anda mengalami gejala perut kembung yang banyak juga dialami sebagian orang di luar sana. Kondisi perut bisa menjadi kembung, karena kondisi perut yang penuh dan bisa jadi, di dalamnya sedang ada  penumpukan gas yang tidak dikeluarkan.

ads

Jika perut ditekan, makan akan terasa mengeras dan  bengkak. Selain karena makanan, masih banyak faktor yang bisa pengobatan tumor usus tanpa operasi menyebabkan perut kembung. Umumnya, seseorang yang memiliki masalah pencernaan, seperti sedang mengalami konstipasi atau sembelit, juga mengalami beberapa penyakit pencernaan yang serius seperti asites atau kanker usus, salah satun gejala yang dirasakan berupa perut kembung. Mengalami perut yang buncit dan kembung, tentunya akan membuat kita merasa kurang nyaman, sebab dapat menimbulkan gejala lain juga,  seperti kram perut, sulit bernafas, sering bersendawa dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri Perut Kembung

Keadaan perut yang menjadi kembung, sebenarnya dapat dihindari jika kita mengetahui ciri-ciri dari perut kembung yang kita alami. Saat beberapa cirinya sudah terdeteksi, maka langkah selanjutnya adalah mencari penyebab dari perut kembung tersebut. dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam menemukan obat yang tepat, agar perut kembung cara mengobati disentri bisa kembali normal. Berikut ini beberapa ciri-ciri perut kembung yang sering terjadi :

  • Perut Menjadi Begah

Perut kembung akan membuat perut seolah terasa penuh dan begah. Padahal, mungkin Anda hanya mengkonsumsi sedikit makanan. Perut begah membuat perut menjadi bergejolak, dan tidak jarang membuat kita akan sering bersendawa, namun bukan karena kenyang.

  • Makan Berlebihan

Ketika seseorang mengkonsumsi makanan secara berlebihan, hal ini akan sangat mudah membuat perut  kembung. Masuknya lebih banyak udara ke dalam tubuh, ketika mengunyah berbagai makanan, akan membuat udara di dalam perut berkumpul dan mendorong dinding-dinding perut.

  • Pelebaran Pembuluh Darah

Ini merupakan suatu keadaan yang terjadi karena cuaca di sekitar kita. Perut kita menjadi kembung, disebabkan oleh  udara yang cenderung panas, yang memicu pembuluh darah kita menjadi lebih lebar. Kemudian, darah secara otomatis akan mengakumulasi cairan yang terdapat pada  jaringan tubuh dan membuat penyebab perut kembung perut kita rentan mengalami kembung.

  • Penyebab Perut Kembung

Setelah mengetahui beberapa gejala yang dapat terjadi ketika perut kembung, selanjutnya kita perlu mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Perut kita bisa menjadi kembung dan kencang karena berbagai hal. Jika Anda baru mengalaminya,  mungkin ini  bukan suatu penyakit yang berat, Namun harus tetap ditangani. Selain rasa kurang nyaman, dikhawatirkan perut kembung menjadi indikasi penyakit lain yang bisa membahayakan kesehatan. Mari kita bahas beberapa hal yang bisa menyebabkan perut kembung, yaitu:

  • Penggunaan kipas angin terlalu lama ketika sedang beraktifitas atau bekerja
  • Minum susu dan mengkonsumsi produk olahan susu lainya yang ternyata memiliki kandungan laktosa
  • Makan berlebihan tanpa dikunyah hingga lembut
  • Terlalu banyak mengkonsumsi sayuran putih seperti (kol, lobak dan sayur toge)
  • Kebiasaan minuman Soda atau minuman lain seperti bird an Wine
  • Keadaan diri yang sedang mengalami stress dan depresi yang berlebihan
  • Tidak kentut atau buang angin
  • Sedang mengalami sembelit

Badan Lemas dan Perut Kembung

Lemas merupakan suatu keadaan seseorang yang sedang tidak bertenaga. Oleh karena kehilangan tenaganya, hal tersebut mempengaruhi aktifitasnya serta dapat menimbulkan penyakit lain. Ketika seseorang sedang lemas, rasanya ia tidak akan sanggup melakukan apa-apa dan hanya ingin berbaring saja. Sebenarnya, badan yang menjadi lemas merupakan hal yang biasa dialami oleh sebagian orang, dan  tidak ada kaitanya dengan penyakit lambung yang sedang dialami. Rasa lemas yang membuat seseorang khasiat pisang untuk asam lambung seperti tidak bergairah ini disebabkan oleh :

Sponsors Link

  • Keadaan otak yang kekurangan  oksigen
  • Mengalami anemia (kekurangan sel darah merah) yang akut
  • Malas utnuk melakukan olahraga secara teratur
  • Saat didiagnosis penyakit kronis, keluhan pasien biasanya menjadi lemas
  • Produksi Hipoglikema (kadar gula darah) yang  rendah
  • Mengalami keadaan tekanan darah tinggi atau hipertensi

Selain beberapa faktor diatas, sebagian orang lainya juga bisa mengalami badan lemas akibat kekurangan asupan makanan yang sehat dan bergizi dalam menu makan sehari-harinya. Penting bagi Anda yang memiliki keluhan badan lemas, untuk selalu memperhatikan pola makan, juga menyeimbangkan kandungan gizi yang terdapat dalam makanan yang dikonsumsi. Jalani hidup cara mengobati perut perih akibat makan pedas yang lebih sehat, dengan cara :

  • Mencukupi asupan nutrisi dengan makanan yang kaya zat besi dan folat, sebagai sumber pembentukan sel darah merah yang penting untuk kekuatan tubuh
  • Coba untuk beristirahat lebih teratur dan tidur maksimal 8 jam setiap hari
  • Lakukan rutinitas  berolahragapaling tidak 3 hingga 5 kali per hari, selama 30 menit. Lakukan olahraga yang ringan terlebih dulu
  • Agar mengetahui perkembangan kesehatan, Anda bisa melakukan medical check up ke dokter,  minimal 1 tahun sekali

Adapun, jika Anda pernah mengalami sakit maag, kemudian dibarengi dengan perut yang terasa kembung perih dan membuat badan menjadi lemas, memang itu merupakan gejala khas untuk dispepsia atau sakit maag yang dialami sebagian orang (tidak semua orang merasa gejala yang sama). Sakit maag semacam ini biasanya hilang timbul dan dapat diatasi dengan mengkonsumsi obat khusus dan tradisional.

Sponsors Link

Selain itu, seorang pasien penderita maag,  yang juga mengalami stress,  bisa merasakan akibat kekurangan karbohidrat keluhan berupa badan yang lemas. Stress yang membuat lemas, bisa terjadi karena orang tersebut lelah untuk memikirkan  masalah yang dihadapi, sehingga menurunkan staminanya. Selain itu, berikut ini beberapa hal yang dapat membuat badan lemas perbedaan tukak lambung dengan tukak peptik  dan juga mengalami sakit maag :

  • Pola kehidupan yang sedang dijalani, apakah penuh tekanan atau biasa saja
  • Waktu yang diperlukan untuk cukup berisitirahat, kurang tidur juga bisa membuat badan lemas
  • Menjalankan pola makan yang teratur, bahkan tepat waktu
  • Menjadi rutin berolah raga yang membuat badan lebih sehat dan kuat
  • Kapasitas beban pekerjaan yang berlebihan
  • Wanita yang sedang menjalani masa haid, sering merasa badanya menjadi lemas

Solusi untuk badan lemas yang mungkin sedang dialami, Anda dapat mulai memperbaikinya dengan memulai dari peningkatan frekuensi makan agar lebih maksimal, hingga 6 kali per hari. Namun usahakan saat dikonsumsi harus secara pelan dan dikunyah hingga lembut. Hal itu dilakukan kulit manggis untuk lambung untuk membuat lambung terisi dan tidak kosong dalam waktu lama.

Selain itu, Jika keluhan perut kembung badan terasa lemas tidak membaik, saat sedang mengalami maag, Anda dapat mencoba minum obat penetralisir asam lambung terlebih dulu, kemudian berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat mengetahui apakah pengobatan yang dilakukan sudah benar.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :