Sponsors Link

Perut Buncit Setelah Operasi Usus Buntu Bahayakah? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Operasi usus buntu adalah merupakan suatu tindakan untuk mengatasi terjadinya radang usus yang buntu. Akan tetapi ada yang perlu di waspadai, setelah anda oprasi usus buntuk, agar terhindar dari hal-hal yang tidak di ingin kan. Saat ini operasi merupakan satu-satunya jalan untuk menyembuhkan penyakit usus buntu. Pada umumnya operasi yang dilakukan untuk menyembuhkan, mempunyai efek samping seperti rasa nyeri. Akan tetapi oprasi ini sekaligus untuk meminimalizir hal-hal yang buruk seperti kematian. baca dan ketahui juga tentang ciri ciri usus luka

ads

Setelah operasi usus buntu ada beberapa masalah atau keluhan yang sering di pertanyakan oleh semua pasien, biasanya seperti perut terasa mual, kembung, mengalami gangguan BAB atau sembelit. Akan tetapi hal tersebut biasanya hanya terjadi secara ringan dan wajar, sementara dan dalam kurun waktu tertentu akan membaik sendiri tergantung pola hidup sehat anda. Akan tetapi kondisi perut yang buncit atau kembung juga disebabkan oleh beberapa factor lainya seperti :

  • Mengonsumsi makanan yang pedas, asam,berlemak dan juga mengandung kafein
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak gas seperti soda,kol,sawi,dll
  • Kurang gerak atau imobilitas
  • Mengalami sembelit atau susah buang air besar
  • Mengalami stress
  • Salah satu efek samping karna mengkonsumsi obat.

Efek samping Lainya Setelah Operasi Usus Buntu

1.  Mengalami Rasa Nyeri Pada Bagian Perut

Usus buntu sangat bahaya jika anda biarkan, dan dapat pecah sekita dan akan tambah membahayakan untuk si penderita. Maka karena itu operasi usus buntu sangat di anjurkan bagi penderita usus buntu untuk mengangkat usus buntu. Akan tetapi ada beberapa efek samping dari operasi usus buntu yang harus anda ketahui yang di sebabkan oleh jahitan dan juga sayatan oleh dokter di dalam usus anda. Biasanya ini akan membuat pasien merasa nyeri pada bagian perutnya pada saat setelah operasi .

2. Sepsis

Nah untuk efek samping berikutnya adalah sepsis, sepsis adalah suatu dimana kondisi yang dapat menyerang darah dan ju organ-organ lain pada bagian tubuh anada. Pada kebanyakan orang yang menyamakan antara sepsis dengan septicemia, akan tetapi ternyata septicemia merupakan kondisi dimana yang diakibatkan oleh bakteri pada aliran darah dan ini juga biasanya dapa menyebabkan sepsis. Jika gejala atau penyakit ini tidak secepatnya di tangani dengan benar akan memberikan gejala atua penyakit yang lebih hebat dan dpat mengancam kondisi pasien seperti ginjal dan juga jantung.

3. Mengalami Infeksi

Infeksi juga merupakan salah satu efek samping dari operasi usus buntu. Namun tidak Cuma usus buntu rata-rata semua operasi rentan akanterjadinya infeksi. Pada saat infeksi terjada maka akan munculnya nanah pada umumnya khasus seperti ini akan mempersulit penyembuhan anda pasca operasi usus buntu. Untuk khasis infeksi sebagai efek samping. Biasanya luka kulit akan sulit sembeh yang ini cukup menghawatirkan da nada baiik nya anda segera berkonsultasi ke dokter atau ke ahli ketika hal ini terjadi untuk terjadinya adanya Bab lembek terus menerus.

4. Mengalami Pendarahan

Terjadi pendarahan sangat mungkin terjadi pada pasien pada saat setelah operasi usus yang cukup besar. Ada baiknya anda tanyakan dahulu kepada dokter atau ahlinya akan resiko yang satu ini.

5. Mengalami Demam

Sponsors Link

Setelah pasien menjalani operasi usus buntu, pasien mempunyai resiko untuk terkenan demam, karna ada hubunganya dengan efek dari akan terjadinya infeksi pada tubuh pasien. Akan tetapi salah satu penyebab demam biasanya karna terjadinya infeksi pada tubuh. Namun demam juga kemungkinan terjadi akibat  mengalami rasa sakit atau nyeri pada bagian perut yang tak kunjung mreda pascar operasi. Anda jangan coba coba untuk menangani nya sendiri, karna jika anda mengambil tindakan yang salah anda dapat membuat penyakit atau gejala anda menajadi semakin parah. baca dan ketahui juga tentang Cara mencegah kanker usus.

6. Bau Yang Tak Sedap Pada Sayatan

Bau yang tak sedap pada bekas sayatan, kemungkinan adalah efek samping dari operasi usus buntu. Hal ini bisa di anggap cukup mengkhawatrkan ada baiknya anda langsung berkonsuktasi ke dokter atau tempat dmana anda melakukan operasi usus buntu, agar mendapat kejelasan dan di beri langkah-langkah untuk menghadapi efek samping ing

7. Mengalami Pembengkakan

ads

Pembengkakan pada bagian perut juga merupakan salah satu efek samping dari operasi usus buntu. Bisa jadi pembengkakan ini terjadi pada bagian sayatan yang tentunya bisa berbahaya untuk anda, anda perlu mengkonsultasikan kepada dokter ataudmana tempat anda kmarin melakukan operasi usus buntu. Apakah pembengkakan ini biasa atau ada kesalahan dari dokter agar anda mendapat solusinya.

8. Gangguan Pada Ginjal

Operasi usus buntu juga bisa membuat ancaman pada kesehatan ginjal pasien, dimana gangguan ginjal ini merupakan efek samping juga dari operasi usus buntu. Organ ginjal mempunyai fungsi yang penting, jika ginjal mengalami kerusakan kinerja nya pasti tak akan masimal akan sebelumnya, nah makanya konsultasi kan ini kedokter agar ginjal anda sehat-sehat saja. Pada saat ginjal menjadi resiko dan hal lainya sampai terjadii, maka akan membuat dampak pula terhadap organ tubuh yang lainya. Itu mengapa alsan para dokter memberikan saran waktu istirahat untuk pasien pasca menjalani operasi usus buntu agar tubuh cepat kembali pulih.ketahui tentang tipes disertai batuk.

9. Sembelit

Pasca operasi usus buntu, ada waktunya pasien pasti bakal mengalami sembelit atau susah buang air besar. Hal ini tidak Cuma terjadi setelah operasi usus buntu saja, dengan meminum air putih yang banyak anda dpat menghilangkan gejala ini dan juga memakan buah-buahan yang rendah serat. Setelah menjalani operasi usus buntu, sembelit juga dapat terjadi pada pasien, nah maka memang di sarankan untuk meminum air putih, agar cairan pada tubuh anda tetap terjaga dengan baik. Meminum air putih yang banyak juga dapat menjauhkan anda dari bahaya dehidrasi. Nah biasakan mengkonsumsi air putih 2 liter perharinya.

10. Mengalami Radang Selaput Otak

Meski yang di tangani dan di angkat adalah usus buntu, namun akan tetapi dmana hal ini ada pada bagian perut, efek samping nya dapat juga mempengaruhi pada bagian otak. Radang selaput otak juga dapat terjadi akibat infeksi. Antibiotik yang biasanya di gunakan untuk obat infeksi. Jika ini tidak di tangani secara khusus dan tidak anda tindakan yang serius akan menjadi semakin parah dan membuat anda menerima gejala dan penyakit yang lebih membahayakan bagi tubuh anda. Anda dapat berkonsul tasi ke dokter atau dimana tempat anada kemarin melakukan operasi agar mendapatkan penanganan khusus dan di beri solusi oleh dokter dan cepat mendapat penanganan.

11. Mengalami Radang Selaput Perut

Radang selaput perut adalah suatu infeksi yang dapat terjadi dalam rongga perut akibat usus buntu yang mengalami kebocoran pada dalam perut. Kondisi ini biasanya di alami anak-anak atau juga wanita hamil.

12. Rasa lelah

Rasa lelah merupakan gejala yang normal, rasa lelah akan timbul setelah anda menjalani operasi usus buntu. Rasa lelah ini juga merupakan dampak atau efek samping dari pasien pasca operasi usus buntu atau juga dampak dari pemberian obat pereda rasa mual atau nyeri. Akan tetapi ketika operasi usus buntu di lakukan dengan benar dan sesuai aturan akan meminimalisir efek samping, dan efek setelah operasi usus besar.

Penanganan Penyakit Perut Bunci Akibat Operasi

Sponsors Link

Agar dapat mengetahui penyebab akan keluhan yang anda alami, alangkah baiknya anda memeriksakan diri anda ke dokter atau ke ahlinya atau juga tempat di mana anda melakukan operasi, agar mendapatkan kejelasan dan langkah-langkah untuk menjalani penyembuhan yang benar. Biasanya anda akan di suruh melakukan tes secara berkelanjutan seperti rontgen dan juga USG. Untuk penanganan selanjutnya akan di berikan sesuai dengan gejala yang anda alami atau keluhan yang anda alami. Disini kami juga merangkum beberapa tips untuk anda terapkan agar mengurangi efek samping hingga menghilangkan efek samping setelah operasi usus buntu. anda juga harus mengetahui tentang penyebab kanker usus buntu:

  • Mengonsumsi obat dari dokter atau yang di anjurkan dokter
  • Kurangi makan-makanan yang pedas,asam, dan juga mengandung santan
  • Gunakan badan anda untuk gerak-gerak secara ringan dan teratur
  • Jauhi stress

Nah semoga dengan adanya artikel ini anda mengetahui kenap perut anda buncit kenap anda merasa lelah, kenapa anda menglami gangguan-gangguan setelah mengalami operasi usus buntu. Ternyata ada beberapa efek samping yang perlu anda ketahui. Ketika anda menglami salah satu gejala di atas ada baiknya anda langsung mengkonsultasikan ke dokter atau ke tempat dimana anda kemarin melakukan operasi agar mendapat kan penanaganan khusus dan anda akan di kasih tau bagaimana langkah-langkah atau obat yang dapat menyembuhkan efek samping tersebut.

Akan tetapi jika operasi usus buntu di lakukan dengan benar dan sesuai aturan itu akan meminimalisir efek samping pasca oprasi. Pola hidup sehat anda pasca operasi juga wajib di perhatikan untuk mendukung penyembuhan anda semakin cepat dan menghindari efek samping setelah operasi. Jadi perut buncit setelah operasi itu juga merupakan gejala efek samping yang wajib anda konsultasikan ke dokter. Jangan tunggu terlalu lama ketika mengalami gejala di atas agar tidak terjadi hal-hal yang berbahaya.

Sponsors Link
, ,