Sponsors Link

Perlengketan Usus Setelah Operasi Usus Buntu: Penyebab, Bahaya dan Penanganan

Sponsors Link

Meskipun ada obat usus buntu tanpa operasi, sampai saat ini, operasi usus buntu adalah satu-satunya cara medis yang dapat dilakukan untuk menangani usus buntu yang terinfeksi atau meradang. Seperti prosedur operasi pada umumnya, operasi pengangkatan usus buntu juga memiliki efek samping dan komplikasi terhadap kesehatan tubuh, walaupun beberapa efek samping tersebut hanya bersifat ringan dan hanya terjadi sementara saja saat tubuh dalam masa pemulihan.

ads

Efek samping tersebut biasanya berangsur-angsur akan hilang bersamaan dengan pulihnya tubuh pasca operasi usus buntu. Beberapa komplikasi operasi usus buntu sementara yang bersifat di antaranya adalah sakit setelah operasi usus buntubekas operasi usus buntu sering sakit, dan gangguan pencernaan. Selain komplikasi ringan yang telah disebutkan di atas, operasi usus buntu juga terkadang memberikan komplikasi yang cukup berat, salah satunya adalah perlengketan usus.

Penyebab Perlengketan Usus Setelah Operasi Usus Buntu

Perlengketan usus atau adhesi perut adalah keadaan yang terjadi ketika menempelnya jaringan serta otot pencernaan pada dinding perut. Pada keadaan yang normal, permukaan organ pencernaan berstektur licin dan lembut, sehingga perlengketan tidak mungkin terjadi. Akan tetapi, apabila terdapat luka pada jaringan antar organ pencernaan, luka tersebut dapat menyebabkan usus menempel, sebab luka membuat permukaan jaringan pada organ pencernaan lebih lengket yang menyebabkannya lebih mudah menempel pada didnding perut.

Penempelan antar saluran pencernaan serta penempelan saluran pencernaan dengan jaringan otot perut, adalah jenis komplikasi perlengketan usus setelah operasi usus buntu. Berikut adalah beberapa gejala perlengketan usus setelah operasi usus buntu:

  1. Nyeri atau kram pada perut
  2. Rasa kembung pada perut
  3. Susah buang air besar dan buang angin
  4. Perut buncit setelah operasi usus buntu
  5. Mual yang terkadang muntah

Perlengketan usus setelah operasi usus buntu sebenarnya cukup umum terjadi pada pasien operasi usus buntu. Lantas apa yang menyebabkan perlengketan usus bisa terjadi setelah operasi usus buntu? Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Gastroenteritis (Infeksi Perut)

Perlengketan usus setelah operasi usus dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada lambung dan usus (gastroenteritis). Infeksi ini disebabkan oleh beberapa jenis virus dan atau bakteri. Mengonsumsi makanan yang telah terinfeksi oleh virus atau bakteri adalah salah satu cara gastroenteritis bisa terjadi. Infeksi perut dapat dengan mudahnya menyebar terutama di tempat fasilitas umum seperti ruang perawatan umum. Di bawah ini adalah gejala gastroenteritis:

  1. Rasa sakit atau kram pada perut
  2. Mual yang terkadang disertai muntah
  3. Menurunnya nafsu makan
  4. Berat badan menurun
  5. Diare
  6. Terkadang demam dan sakit kepala
  • Usus Buntu Pecah

Usus buntu pecah biasanya terjadi jika tidak segera dilakukan penanganan yang tepat pada usus buntu yang terinfeksi. Perlengketan usus pada umumnya terjadi setelah dilakukannya operasi untuk mengatasi usus buntu yang pecah. Sebelum dilakukan operasi, usus buntu yang pecah pun telah dapat menyebabkan perlengketan usus. Itu dikarenakan saat usus buntu pecah, usus akan meradang dan luka yang terisi dengan nanah. Luka bernanah ini sangat berpotensi mengakibatkan menempelnya usus dengan otot perut.

Sponsors Link

  • Prosedur Operasi yang Tidak Bersih

Perlengketan usus setelah operasi usus buntu dapat terjadi apabila prosedur operasi usus buntu yang dilakukan tidak bersih dan tidak hati-hati. Paparan benda asing yang tidak steril, seperti misalnya sarung tangan operasi, jarum operasi, dan alat operasi lain, pada jaringan organ pencernaan saat dilakukannya operasi usus buntu, dapat menyebabkan perlengketan usus.

Keteledoran dokter yang melakukan prosedur operasi pun dapat menyebabkan perlengketan usus setelah operasi usus buntu. Keteledoran tersebut misalnya saja tidak dicucinya darah atau ada darah yang tersumbat selama prosedur operasi berlangsung. Oleh karena itu, lebih baik tanyakan langsung pada dokter yang menangani Anda saat operasi usus buntu.

  • Penyebab Lain

Perlengketan usus setelah operasi usus buntu bisa saja disebabkan oleh gangguan yang tidak ada hubungannya dengan usus buntu maupun komplikasi setelah operasi usus buntu. Penyebab tersebut di antaranya adalah infeksi rahim, vagina, dan ovarium. Terkadang dinding perut juga dapat menempel tanpa sebab. Oleh sebab itu, periksakan pada dokter untuk segera dilakukan pemeriksaan agar tahu apa penyebab pasti perlengketan usus setelah operasi usus buntu.

Bahaya Perlengketan Usus Setelah Operasi Usus Buntu

Sponsors Link

Normalnya, perlengketan usus ringan pasca operasi usus buntu adalah sebagai salah satu proses dari pemulihan tubuh. Namun, bahaya akan muncul jika perlengketan usus berubah menjadi perlengketaan usus berat. Jika tidak segera ditangani, perlengketan usus yang berat akan menjadi penyebab usus tersumbat.

Penyumbatan usus ini mengganggu peredaran makanan di dalam saluran pencernaan, akibatnya makanan tersebut dapat bercampur dengan asam lambung dan gas. Jika itu terjadi, penekanan pada usus akan terjadi yang menyebabkan usus bocor. Ketika usus bocor, segala sesuatu di dalam usus bisa keluar dan masuk ke rongga perut. Keadaan tersebut disebut sebagai kondisi darurat medis yang dapt mengancam nyawa di penderitanya. Maka dari itu, segera lakukanlah tindakan apabila mengalami perlengketan usus berat setelah operasi usus buntu.

Penanganan perlengketan usus setelah operasi usus buntu

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba untuk membantu memulihkan perlengketan usus buntu setelah operasi usus buntu:

  1. Lakukanlah diet bernutrisi lengkap
  2. Minum air putih yang cukup
  3. Lakukanlah aktivitas fisik ringan
  4. Hindari merokok dan asap rokok
  5. Rutin periksakan pada dokter

Demikianlah artikel mengenai penyebab, bahaya, dan penanganan perlengketan usus setelah operasi usus buntu. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :