Sponsors Link

Perdarahan di Saluran Pencernaan Bagian Bawah Kenapa? Apa Penyebabnya?

Sponsors Link

Perdarahan pada saluran cerna di bagian bawah, merupakan kondisi yang memberitahukan tubuh kita, bahwa ada suatu penyakit tertentu yang mengganggu pencernaan dan sedang kita alami. Kondisi seperti ini merupakan tanda dari penyakit tertentu yang sebaiknya segera dikonsultasikan pada dokter, agar mendapatkan penanganan khusus.

ads

Dalam system pencernaan, saluran pencernaan yang merupakan makanan untuk penderita disentri organ dalam tubuh memiliki fungsi untuk mencerna, menyerap dan kemudian mengolah nutrisi dari makanan yang dikonsumsi untuk menunjang kehidupan manusia. Saluran cerna ini terbagi menjadi dua bagian, bagian atas dan bawah. Saluran cerna bagian bawah meliputi usus besar, usus halus, rectum hingga anus.

Penyebab Perdarahan Saluran Cerna Bagian Bawah

Saluran cerna bagian bawah ternyata dapat mengalami perdarahan. Hal ini diakibatkan munculnya suatu gejala penyakit pada saluran cerna tersebut. Jika feses berwarna hitam atau bercampur dengan darah, hal tersebut diakibatkan adanya perdarahan di organ usus halus, usus besar, rectum atau anus.

Perdarahan di bagian saluran cerna bagian bawah bukan merupakan penyakit, namun hanya gejala penyakit. Penyebab penyakit tersebut seperti berikut :

  • Infeksi Usus

Infeksi usus terjadi karena sakit diare atau gastroenteritis. Infeksi makanan untuk penderita diare ini terjadi pada saluran cerna bagian bawah dan penyebabnya adalah virus dan bakteri seperti jenis amuba. Gejala yang muncul tentunya berupa diare berdarah hingga mengeluarkan bau busuk juga disertai demam.

  • Hemoroid

Gejala penyakit ini berupa pembengkakan penyebab kanker usus buntu pada pembuluh darah di dalam dan juga di sekitar anus. Hemoroid merupakan penyebab paling umum dengan adanya kemunculan darah merah berwarna terang dan segar dari saluran pencernaan bagian bawah. Penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya.

  • Polip Usus

Adanya pertumbuhan jaringan usus besar atau rectum yang bisa pantangan makanan penyakit asites jadi merupakan awal dari sakit kanker.Polip usus ini umumnya tidak menimbulkan gejala khusus, namun lebih kuat.

  • Isemic Colitis

Peradangan yang terjadi pada usus besar (kolon), karena sayuran pelancar bab aliran darah yang menuju ke daerah kolon tidak cukup. Gangguan ini sering dialami oleh orang tua yang sudah cukup sering mengalami sakit. Umumnya, orang-orang di usia 60 tahun, rentan terkena penyakit ini.

Kelainan pembuluh darah atau disebut juga angiosdisplasia, seiring dengan bertambahnya usia kelainan ini bisa terjadi pada bagian usus besar hingga menyebabkan perdarahan berulang tanpa terasa sakit

  • Radio Enteritis

Suatu kondisi dimana lapisan usus menjadi rusak cara menghilangkan cairan asites karena terapi radiasi untuk pengobatan kanker, khususnya kanker di daerah panggul seperti kanker serviks, kanker pankreas, kanker prostat dan kanker kolorektal.

Sponsors Link

Pemulihan Perdarahan Saluran Cerna

Perdarahan pada saluran cerna bagian bawah, umumnya akan diperiksa oleh dokter secara rutin dan berkala. Beberapa pemeriksaan fisik hingga pemeriksaan dengan Xray, angiografi , endoskopi dan CT Scan perut juga akan dilakukan.

Perdarahan saluran cerna bagian bawah, sebaiknya harus khasiat wortel untuk asam lambung  diwaspadai. Terlebih, jika terdapat gejala lainya seperti nyeri perut yang menyiksa, demam, lemas dan lemah, serta kulit tampak pucat dan mengalami penurunan berat badan, atau memiliki riwayat berhubungan seks anal dan penyakit keturunan lainya.

Hindari menunggu kondisi hingga parah, Jika Anda sadar kondisi feses menjadi berwarna hitam serta bercampur darah, segera berkonsultasi kepada dokter, jika menemukan gejala perdarahan saluran cerna bagian bawah, agar mendapat penanganan medis yang tepat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :