Sponsors Link

Apakah Perbedaan Wasir dan Ambeien? Ketahui 6 Ketidaksamaannya

Sponsors Link

Pada dasarnya, wasir dan ambeien adalah istilah untuk penyakit yang sama. Di dalam dunia kedokteran, penyakit ini disebut hemoroid. Wasir atau ambeien ini terjadi jika pembuluh darah di bagian rektum dan anus mengalami pembesaran. Hal ini bisa diakibatkan oleh adanya gesekan (mengejan) saat buang air besar yang akhirnya mengiritasi pembuluh darah tersebut. Tidak perlu khawatir, ambeien ini bukanlah penyakit yang serius dan bisa sembuh dalam beberapa minggu. Namun, jika sakit terasa berlebihan dan ambeien tidak kunjung sembuh, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter.

ads

Wasir atau ambeien bisa disebabkan berbagai oleh berbagai faktor. Meskipun terkadang dalam beberapa kasus, sulit diketahui apa faktor penyebabnya. Pada wanita hamil, mereka bahkan sangat rentan mengalami wasir atau ambeien ini. Ini karena terjadinya peningkatan tekanan pada pembuluh-pembuluh daerah antara anus dan rektum bagian bawah ini. Selain itu, susah BAB (buang air besar) juga menjadi momok penyebab wasir ini. Sebaiknya Anda harus memperhatikan sistem pencernaan makanan dalam tubuh Anda dan segera ketahui cara mengatasi susah BAB agar metabolisme tubuh kembali lancar dan terhindar dari wasir.

Perbedaan wasir dan ambeien, ada dua macam wasir yang harus Anda ketahui. Berikut ini penjelasannya:

  • Wasir internal

Wasir internal biasanya terjadi di bagian dalam rektum. Jika mengalami wasir jenis ini, tentu Anda tidak akan bisa melihatnya. Bahkan Anda tidak akan merasakan rasa sakit sama sekali. Salah satu tanda yang bisa dikenali adalah jika saat BAB disertai darah segar.

  • Wasir eksternal

Wasir eksternal bisa kita rasakan karena berada di luar anus kita. Jika teriritasi, wasir jenis ini bisa menimbulkan rasa gatal pada anus dan bisa juga mengeluarkan darah.

  • Ambeien thrombus

Ambeien jenis ini sebenarnya adalah wasir ekternal yang kemudian terus menerus teriritasi yang kemudian menyebabkan menggumpalnya darah di area sekitar ambeien eksternal. Jika terjadi demikian, bisa menimbulkan pembengkakan, rasa sakit yang sangat, dan munculnya benjolan keras di area anus.

Gejala Wasir dan Ambeien

Gejala wasir pada satu orang dan lainnya bisa saja berbeda-beda. Bahkan beberapa orang yang menderita wasir bisa jadi tidak merasakan gejala-gejala apapun. Namun, ada beberapa hal di bawah ini Anda alami, bisa jadi Anda mengalami wasir, sebagai berikut:

  1. Keluar darah segar saat buang air besar yang tidak disertai rasa sakit.
  2. Iritasi pada daerah anus
  3. Rasa gatal di sekitar anus

Namun, ada beberapa hal di bawah ini Anda alami, bisa jadi Anda mengalami ambeien, sebagai berikut:

  1. Rasa sakit atau tidak nyaman pada anus
  2. Bengkak di sekitar anus
  3. Benjolan keras pada anus

Penyebab Wasir dan Ambeien

Perlu diketahui, pembuluh darah yang berada di sekitar anus sangatlah lentur. Sehingga, jika terjadi tekanan yang besar, pembuluh darah ini bisa membesar dan membengkak. Perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat bisa menjadi salah satu cara untuk meredakan wasir. Sementara itu, mari cari tahu faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab timbulnya wasir.

  1. Mengejan saat BAB
  2. Duduk terlalu lama
  3. Diare kronis
  4. Sembelit
  5. Obesitas
  6. Hamil
  7. Kurang asupan serat

Selain itu, frekuensi terjadinya wasir bisa semakin bertambah seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini sebabkan semakin jaringan pada pembuluh darah di sekitar rektum dan anus.

Sponsors Link

Pengobatan Wasir dan Ambeien

Untuk menyembuhkan perbedaan wasir dan ambeien, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Baik jika Anda ingin mengobati wasir dengan bahan-bahan alami maupun dengan treatmen dari dokter. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar wasir segera lenyap:

1. Konsumsi makanan tinggi serat

Perbanyak makan buah pelancar BAB seperti pepaya atau sayuran dan buah-buahan lainnya yang mengandung banyak serat. Karena, pada dasarnya wasir disebabkan oleh BAB yang sulit sehingga harus mengejan berlebihan hingga mengiritasi pembuluh darah. Untuk itu, Anda membutuhkan lebih banyak serat agar BAB menjadi lancar dan tidak keras. Selain buah dan sayuran, gandum utuh juga termasuk bahan makanan yang mengandung banyak serat. Selain itu, wajib bagi anda untuk menghindari makanan-makanan yang bisa menimbulkan banyak gas di dalam perut.

2. Gunakan pengobatan topikal

Gunakan obat yang memang khusus diformulasikan untuk menyembuhkan wasir. Obat-obat yang mengandung hydrocortisone adalah obat yang biasa digunakan mengobati wasir. Biasanya obat sejenis ini dioleskan pada bagian anus, bahkan ada pula yang harus dimasukkan ke dalam anus agar bisa mengenai bagian yang teriritasi.

3. Berendam dengan air hangat

Mengalami wasir? Salah satu cara yang sederhana tetapi manjur untuk mengobatinya adalah dengan berendam di air hangat. Atau, Anda juga bisa dengan hanya mengompres bagian anus dengan air hangat. Lakukan dengan teratur. Setidaknya, Anda perlu melakukan hal tersebut sebanyak tiga kali sehari dan 10-15 menit setiap sesinya. Dalam beberapa hari, bisa dipastikan wasir akan sembuh.

4. Jaga kebersihan area anus

ads

Jika ingin segera cepat sembuh dari wasir, usahakan menjaga kebersihan area anus. Mandi secara rutin setiap harinya bisa membuat area anus terhindar dari bakteri dan kuman yang bisa memperparah wasir. Gunakan air hangat untuk membasuh dan membersihkan area anus. Usai mandi, Anda juga perlu mengelap bagian anus dengan kain lembut atau tissue agar bagian tersebut kering dan tidak lembab.

5. Hindari penggunaan tissue toilet yang kasar

Area anus pada dasarnya merupakan area yang sangat sensitif. Satu goresan saja bisa mengakibatkan luka dan mengiritasi. Untuk itu, hindari menggunakan tissue yang kasar. Selalu sedia tissue yang lembut atau tissue basah untuk membersihkan area anus setelah BAB.

6. Kompres dengan air dingin

Jika wasir terlanjur bengkak dan menimbulkan rasa sakit, Anda bisa meredakan rasa sakit tersebut dengan mengompres bagian anus dengan air dingin atau es. Dengan begitu, bengkak akan mengempis dan rasa sakit pun hilang.

7. Minum obat pereda rasa sakit

Jika rasa sakit semakin menjadi-jadi, Anda bisa meminum obat-obat pereda rasa sakit. Ibuprofen atau aspirin bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit tersebut dalam waktu singkat. Namun perlu diingat, obat-obatan ini hanya menghilangkan rasa sakit tersebut untuk sementara waktu saja.

8. Thrombectomy

Jika benjolan keras yang merupakan gumpalan darah sudah terbentuk di area wasir eksternal, prosedur pengangkatan benjolan tersebut kemungkinan harus dilakukan. Jika tidak, rasa sakit dan tidak nyaman yang ditimbulkan bisa sangat menjadi-jadi dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

9. Injeksi

Injeksi atau biasa disebut sclerotherapy juga bisa menjadi alternatif untuk mengobati wasir yang sudah cukup serius. Dalam hal ini, cairan kimia tertentu akan disuntikan ke bagian wasir eksternal untuk mengempiskan wasir tersebut.

10. Laser

Penyinaran dengan infrared atau laser juga bisa dilakukan untuk melenyapkan wasir. Namun, teknik ini mungkin bisa menyebabkan sedikit pendarahan bahkan bisa membuat wasir internal menjadi keras.

11. Hemorrhoidectomy

Jika berbagai upaya dan prosedur di atas sudah dilakukan dan belum menumukan hasil, biasanya dokter akan menyarankan tindakan hemorrhoidectomy. Dengan tindakan ini, jaringan-jaringan yang dapat menyebabkan pendarahan akan dihilangkan. Biasanya penderita wasir akan mendapatkan bius lokal saat operasi berjalan. Di anatara prosedur pengobatan wasir yang lain, prosedur satu ini bisa dibilang sangat efektif mengatasi wasir yang sering datang dan berkepanjangan.

Pencegahan Wasir dan Ambeien

Mencegah wasir datang sebenarnya tidak membutuhkan treatment khusus. Namun diperlukan komitmen dan ketelatenan yang besar untuk memulai hidup sehat sehingga terbebas dari penyakit termasuk perbedaan wasir dan ambeien. Asupan makanan hingga metabolisme tubuh termasuk peran enzim dalam metabolisme perlu diperhatikan agar tubuh Anda benar-benar sehat.  Selain itu, untuk menghindari wasir mungkin Anda juga perlu untuk mengetahui cara membersihkan usus yang kotor.

Beberapa cara di bawah ini bisa Anda praktekan untuk mencegah perbedaan wasir dan ambeien:

1. Makan makanan banyak serat

Serat sangat dibutuhkan untuk melancarkan sistem metabolisme tubuh. Serat juga bisa membuat feses tidak keras dan menghindarkan anda dari sembelit. Sehingga Anda pun aka terhindar dari masalah kesehatan seperti wasir.

2. Perbanyak minum air putih

Minum air putih minimal delapan gelas per hari akan membuat anda terhindar dari sembelit. Anda juga bisa menambahkan dengan meminum jus untuk asupan cairan tubuh dan vitamin.

3. Konsumsi suplemen serat

Sponsors Link

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengkonsumsi suplemen serat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Hal ini penting, karena jika pencernaan terganggu biasanya penyakit-penyakit lain akan mudah muncul, seperti halnya dengan wasir. Dan, menurut penelitian kita memang kebanyakan kurang akan serat. Untuk itu, direkomendasikan untuk wanita mendapatkan asupan serat sebanyak 25 gram per hari dan 38 gram per hari untuk pria. Perhatikan juga, jika anda mengkonsumsi suplemen seperti ini, maka wajib bagi Anda untuk minum minimal 8 gelas sehari.

4. Jangan mengejan

Usahakan jangan mengejan saat buang air besar. Jika dilakukan, hal tersebut bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di anus dan menyebabkan wasir.

5. Hindari menahan BAB

Kebiasaan menahan BAB sangatlah dilarang karena bisa menyebabkan berbagai permasalahan kesehatan, ringan maupun serius. Untuk itu, jika perut sudah terasa ingin BAB, maka segerakan ke toilet.

6. Berolahraga

Olahraga juga bisa menghindarkan Anda dari sembelit dan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di anus. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu Anda jauh dari obesitas yang menjadi salah satu penyebab wasir.

7. Hindari duduk yang terlalu lama

Saat bekerja biasanya seseorang akan duduk dalam waktu yang lama. Di sela-sela mengerjakan pekerjaan, setidaknya Anda harus beristirahat atau hanya sekadar berdiri untuk mengendurkan otot-otot serta mengurangi tekanan pada pembuluh darah sekitar anus.

Demikian itulah beberapa penjelasan dari perbedaan antara wasir dan juga ambeien yang bisa anda ketahui, beberapa perbedaannya yang sering terjadi yang bisa anda bedakan sendiri.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :