Sponsors Link

Perbedaan Tukak Lambung Dengan Tukak Peptik Beserta Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Apakah ada perbedaan tukak lambung dengan tukak peptik? Jawabannya adalah secara medis, tidak ada perbedaan tukak lambung dengan tukak peptik dan yang membedakan hanyalah istilah. Tukak sendiri memiliki nama lain, yakni ulkus atau luka. Jadi, secara bahasa, maksud tukak lambung atau tukak peptik adalah luka pada lambung.

ads

Tukak lambung adalah kondisi dimana adanya luka di mukosa dan kemudian menyebar ke organ lainnya, seperti lambung dan usus, ciri-ciri usus luka. Lebih parah lagi, luka ini menyebabkan hilangnya lapisan epitel di permukaan dinding lambung. Luka ini disebabkan oleh asam lambung. Berikut ini beberapa fakta penyakit tukak peptik.

  • Prevalensi kasus penyakit ini di Indonesia adalah kurang lebih 150.000 kasus per tahunnya.
  • Penderitanya banyak di usia 19 – 60 tahun dan 60 tahun ke atas.
  • Penderitanya sebagian besar berjenis kelamin laki-laki.

Penyebab utama dari penyakit ini sebenarnya hanya satu, Segala hal yang menyebabkan tingkat asam lambung di dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan mengakibatkan lambung jadi terluka.

Kemudian, apabila dijabarkan terdapat beberapa pemicu yang bisa menyebabkan ketidakseimbangan asalm lambung, yakni:

  1. Terjadinya infeksi bakteri Helicobacter pylori
  2. Penggunaan obat anti inflamasi yang berlebihan dan terus-menerus
  3. Mengonsumsi minuman keras, alkohol, dan kafein
  4. Mengonsumsi makanan pedas
  5. Punya kebiasaan merokok
  6. Stress
  7. Punya riwayat sakit maag yang tidak diobat

Terdapat beberapa gejala penyakit tukak lambung, yakni:

  1. Sakit perut bagian atas tengah
  2. Ada sensasi terbakar di dada
  3. Muntah
  4. Mual
  5. Kembung
  6. Perut tidak nyaman
  7. Mudah lelah
  8. Cara mengatasi feses berwarna hitam
  9. Berat badan menurun
  10. Anemia

Perbedaan dengan Penyakit Maag

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tidak ada perbedaan tukak lambung dengan tukak peptik. Namun demikian, secara sekilas, tukak lambung memiliki gejala dan pengertian yang hampir sama dengan penyakit maag. Penyakit maag disebabkan oleh peningkatan asam lambung penderita akibat beberapa pemicu, seperti:

  • makan pedas, asam, dan berlemak
  • pola makan tidak teratur
  • minum minuman yang mengandung alkohol dan/atau kafein

Kemudian, meski gejala penyakit maag bervariasi, tetapi, pada umumnya, penderita maag akan mengalami beberapa gejala berikut ini.

  1. maag menyebabkan sakit pinggang
  2. sakit maag menyebabkan bau mulut
  3. ada rasa nyeri pada perut bagian atas
  4. mual
  5. muntah
  6. rasa panas di bagian dada

Akan tetapi, sebenarnya ada perbedaan tukak lambung dengan maag. Perbedaan intinya adalah pada kondisi yang dialami oleh penderita. Pada penyakit maag hanya terjadi peradangan tidak sampai terluka.

Sponsors Link

Sedangkan tukak lambung terdapat luka dan bahkan berpotensi menghabiskan seluruh lapisan lambung sehingga berbahaya bagi kesehatan dan nyawa penderitanya.

Cara Mengobati Tukak Lambung atau Tukak Peptik

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa tukak lambung dapat juga disebabkan oleh adanya riwayat penyakit maag yang tidak diobati. Untuk itu, sangat penting untuk diingat, meski penyakit maag tidak dapat hilang seketika, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati penyakit maag, seperti:

  1. Mengonsumsi obat antasida setengah jam sebelum makan
  2. Tidak mengonsumsi makanan pedas, berlemak, dan asam
  3. Tidak mengonsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol
  4. Mulai menerapkan waktu makan teratur atau bisa juga menerapkan pola makan yang sering-sering (5-6 kali sehari) tetapi porsi makannya kecil

Akan tetapi, apabila penyakit maag tidak diobati secara tepat dan sudah menyebabkan tukak lambung, bisa saja dilakukan operasi. Nama operasinya adalah vogotomy atau operasi yang dilakukan untuk memotong bagian saraf vagus agar tukak lambung tidak menyebar ke area lain dan malah memperparah lukanya.

Demikian informasi mengenai perbedaan tukak lambung dengan tukak peptik. Selain itu, dibahas juga mengenai perbedaan penyakit maag dan tukak lambung. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,