Sponsors Link

Ini Dia 3 Perbedaan Tukak Lambung dan Tukak Duodenum

Sponsors Link

Tukak lambung adalah salah satu penyakit atau luka yang timbul pada bagian dinding lambung dan hal ini terjadi akibat adanya pengikisan pada lapisan dinding lambung. Luka tukak lambung bisa saja muncul pada bagian pertama usus kecil dan pada bagian kerongkongan. Tukak lambung bisa menimbulkan rasa nyeri pada lambung dan bisa menimbulkan pendarahan pada lambung. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, tanpa adanya batasan usia dan seseorang yang memiliki usia diatas 60 tahun memiliki resiko yang lebih tinggi terserang tukak lambung. Penyakit ini bisa diobati dengan baik secara medis, apabila penyebabnya bisa diketahui dengan jelas dan tidak akan menimbulkan efek samping.

ads

tukak duodenum adalah suatu luka yang muncul pada dinding usu 12 jari dan kondisi ini muncul pada bagian awal usus halus. Luka ini dapat menimbulkan nyeri pada bagian ulu hati dan bisa menyebabkan penderitanya muntah darah. Penyakit ini bisa menyerang semua usia dan penyakit ini bisa timbul akibat kebiasaan yang kurang baik seperti mengkonsumsi makanan yang pedas serta terlalu banyak merokok. Kondisi lambung yang rusak bisa membuat kesehatan seseorang menurun secara drastis dan kondisi lambung yang rusak harus ditanggani dengan pihak kedokteran. Ada berbagai obat tukak lambung dan tukak duodenum. Berikut ini adalah perbedaan tukak lambung dan tukak duodenum:

1. Indikasi

Penyakit biasanya teridentifikasi pada usia 50 tahun ke atas dan tukak duodenum teridentifikasi pada usia 30 sampai dengan 60 tahun. Ada berbagai cara mengobati tukak lambung yang bisa dilakukan dan kasus penyakit tukak duodenum lebih sering terjadi di Indonesia. Tukak lambung lebih sering terjadi pada laki-laki dan tukak duodenum lebih sering menyerang wanita. Indikasi kedua penyakit ini memang sangat membahayakan kesehatan tubuh dan langkah pencegahan kedua penyakit ini adalah dengan menghindari berbagai makanan pedas serta mengandung bahan pengawet.

2. Gejala

Penyakit tukak lambung memiliki gejala yang berbeda dengan penyakit tukak duodenum dan gejala muntah berlebihan terjadi pada kasus penyakit tukak duodenum. Ada berbagai ciri penyakit tukak lambung yang seringkali terjadi dan ada berbagai cara mencegah penyakit tukak lambung yang bisa dilakukan. Pada gejala penyakit tukak lambung seringkali menimbulkan penurunan berat badan dan pada penyakit tukak duodenum seringkali timbul penambahan berat badan. Tukak lambung biasanya menimbulkan rasa nyeri sampai satu jam lamanya dan tukak duodenum biasanya terjadi 2-3 jam lamanya.

3. Rasa Sakit

Pada penyakit tukak lambung rasa sakit terjadi setelah makan dan pada penyakit duodenum terjadi sebelum makan. Perbedaan rasa sakit menjadi salah satu indikator pembeda antara tukak lambung dan tukak duodenum. Ada berbagai pantangan makanan tukak lambung seperti seblak dan makanan pedas lainnya. Bahaya kedua penyakit ini sangatlah mengancam kesehatan manusia dan perlu ada penindakan yang cepat untuk mencegah penyakit lebih parah. Penyakit ini sangat sulit untuk diprediksi dan langkah pencegahannya lumayan sulit.

Itulah ulasan lengkap mengenai perbedaan tukak lambung dan tukak duodenum. Semoga artikel ini dapat memberikan banyak manfaat bagi para pembacanya.

Sponsors Link
, , , , ,