Sponsors Link

21 Perbedaan Polip dan Wasir dari Gejala dan Pengobatannya

Sponsors Link

Masih banyak yang mengira bahwa polip dan wasir adalah dua penyakit yang sama, karena gejala umum yang menandai kedua gangguan ini cukup mirip. Akan tetapi, tentu saja kedua penyakit ini sangat berbeda satu sama lainnya. Perbedaan polip dan wasir terletak pada bagian tubuh yang diserang, gejala, penyebab, serta pengobatannya. Mari kita bahas satu per satu perbedaan di antara polip dan wasir.

ads

Bagian Tubuh yang Diserang

  • Polip

Polip adalah benjolan yang tumbuh tidak normal yang dapat muncul pada bagian tubuh mana saja. Ada dua jenis polip, yakni polip jinak dan polip ganas (polip kanker). Biasanya polip tumbuh di bagian usus, hidung, atau rahim. Polip usus adalah jenis polip yang gejalanya mirip dengan gejala wasir.

Polip usus muncul di dalam usus atau rektum. Biasanya polip usus tumbuh di dalam usus besar, yang biasa disebut dengan polip kolon. Benjolan polip dapat tumbuh membesar seperti tumor pada umumnya atau bisa saja berbentuk datar atau tidak besar. Orang yang berumur 50 tahun ke atas adalah kelompok orang yang beresiko besar terkena polip usus.

Polip usus biasanya jinak atau tidak ganas karena dapat diangkat melalui prosedur kolonoskopi. Namun, polip usus jinak dapat berbahaya jika tidak segera ditangani, karena polip jinak dapat berbubah menjadi polip ganas (kanker).

  • Wasir

Wasir (hemorrhoid) atau ambeien adalah kedaan ketika pembuluh darah vena pada rektum bengkak atau bengkak, akibatnya terjadi benjolan pada anus. Gangguan ini terdiri dari dua jenis, yakni inernal hemorrhoid atau wasir yang terjadi di dalam rektum (saluran penghubung usus besar dengan anus), dan external hemorrhoid atau wasir yang muncul di sekitar daerah dubur.

Berbeda dengan polip, wasir bukanlah sejenis benjolan yang berupa tumor. Wasir juga tidak bahaya seperti polip, yang jika dibiarkan dapat tumbuh menjadi kanker yang dapat mengancam nyawa si penderita.

Sponsors Link

Perbedaan Gejala Wasir dan Polip

  • Polip

Penderita polip usus biasanya tidak menyadari bahwa dirinya sedang terserang polip, karena biasanya memang gejala penyakit polip usus tidak terlalu tampak. Jika ada gejala, gejala yang timbul pun seringnya serupa dengan gejala wasir, yakni gejala berupa kotoran bercampur darah atau keluarnya darah saat buang air besar. Selain buang air besar berdarah, berikut ini adalah gejala lainnya yang menandakan polip:

  1. Berubahnya pola buang air besar yang ditandai dengan sulitnya buang air besar (sembelit) atau diare secara bergantian
  2. Perasaan lemas yang berlebihan akibat dari anemia dan kekurangan zat besi, karena kerapnya darah yang keluar ketika buang air besar.
  3. Perasaan tak nyaman pada perut berupa nyeri, keram dan mual yang terkadang diiringi dengan muntah.
  4. Tidak menutup kemungkinan terdapat gejala lain yang menyertai gejala-gejala di atas. Pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter sangat dianjurkan.
  • Wasir

Jika pada kebanyakan kasus polip gejala tak terlalu nampak, pada kebanyakan kasus wasir justru gejala sangat tampak sekali, terlebih pada gejala wasir eksternal (external hemorrhoid). Berikut ini adalah gejala wasir:

  1. Buang air besar disertai dengan darah berwarna merah terang
  2. Perasaan tak nyaman pada area anus atau di sekitar anus yang ditandai dengan gatal dan nyeri, terkadang terjadi pembengkakan di area tersebut.
  3. Khusus wasir eksternal, benjolan dapat muncul pada anus yang dapat keluar masuk.
  4. Rasa nyeri dan tak nyaman biasanya hanya terjadi pada penderita wasir eksternal. Sedangkan untuk wasir internal, si penderita biasanya tidak merasakan nyeri sama sekali.

Perbedaan Penyebab Wasir dan Polip

Penyebab wasir pada umumnya karena kebiasaan buang air besar yang buruk dan gaya hidup yang buruk, di antaranya:

  1. Sering mengejan atau mengejan terlalu keras saat buang air besar
  2. Obesitas
  3. Kurang mengonsumsi makanan kaya akan serat tinggi
  4. Jarang berolah raga atau melakukan aktivitas fisik
  5. Terlalu lama duduk
  6. Sering melakukan aktivitas seks yang tidak wajar (seks anal).
  7. Diare kronis atau sembelit kronis

Sedangkan penyebab polip usus biasanya terjadi karena adanya mutasi atau berubahan gen pada sel tubuh. Mutasi gen ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

  1. Usia. Polip biasanya menyerang lansia yang berusia 50 tahun ke atas
  2. Faktor keturunan. Kemungkinan besar polip akan menyerang pada orang yang memiliki riwayat polip di keluarganya.
  3. Penyakit lain, seperti diabetes dan radang pencernaan.
  4. Obesitas.
  5. Kurangnya aktivitas fisik
  6. Merokok dan minum minuman keras.

Perbedaan Pengobatan Polip dan Wasir

Sponsors Link

Polip dan wasir adalah dua jenis penyakit yang berbeda, tentunya cara pengobatannya pun berbeda. Wasir, terutama wasir internal biasanya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa penanganan apapun atau hanya dengan pengobatan di rumah, atau dengan cara mengobati ambeien secara alami. Berikut adalah beberapa pengobatan wasir:

  1. Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi.
  2. Mencoba bahan alami pereda rasa nyeri akibat wasir, seperti cara menghilangkan wasir dengan cuka apel
  3. Melakukan sitz bath (rendam duduk)
  4. Mengompres bagian anus yang terasa sakit dengan cara menghilangkan wasir dengan batu es
  5. Mengonsumsi obat wasir baik itu berbentuk krim atau supositori
  6. Tidak mengejan saat buang air besar
  7. Lakukanlah olah raga atau aktivitas fisik ringan setiap hari, seperti berjalan santai untuk membantu proses penyembuhan wasir
  8. Minta pertolongan dokter jika wasir dirasa parah dan menggangu aktivitas sehari-hari

Berbeda dengan wasir yang dapat disembuhkan tanpa bantuan dokter, pengobatan polip justru membutuhkan bantuan doker. Akan tetapi masih ada cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses pengobatan polip, di antaranya adalah:

  1. Berhenti merokok dan mengonsumsi minuman keras
  2. Memperbanyak aktivitas fisik
  3. Memperbanyak konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran
  4. Mengonsumsi makanan kaya akan zat besi untuk menghindari anemia
  5. Cobalah obat tradisional polip usus dan pengobatan tumor usus tanpa operasi

Itulah tadi perbedaan polip dan wasir. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda mengenai polip dan wasir.

Sponsors Link
, , , , ,