Sponsors Link

3 Perbedaan Maag dengan Gerd yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Sakit maag yang umum dialami sebagian besar orang, sebenarnya disebabkan oleh faktor yang hampir sama. Beberapa faktor utamanya adalah pola makan yang buruk, tingkat stress, hingga gaya hidup yang kurang sehat seperti minum alcohol dan mengkonsumsi obat-obatan yang berbahaya. Ketika maag menjadi bertambah parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan pengobatan kanker usus tanpa operasi dokter specialis gastrointestinal untuk mengetahui penyebab maag yang sebenarnya.

ads

Gejala sakit maag juga sering ditandai dengan rasa mual dan menyebabkan muntah, bahkan hingga pusing kepala. Biasanya ini terjadi karena asam lambung naik. Maag juga sering kambuh saat seseorang terbiasa untuk mengosongkan perutnya dalam waktu yang cukup lama. Orang yang pola makanya tidak teratur juga akan sering mengalami maag yang kambuh.

Sedangkan Gerd adalah sebutan lain dari sakit asam lambung, yang terkadang disamakan dengan sakit maag. Gerd biasanya terjadi ketika seseorang merasakan sakit seperti terbakar di bagian dada atau perutnya. Hal ini biasanya kambuh saat setelah makan, atau ketika sudah sarapan maag tetap kambuh jam tidur sedang berlangsung.

Anda yang pernah mengalami sakit asam lambung tinggi, tentunya merasakan bagaimana asam lambung ini naik ke sekitar kerongkongan kita karena katup diantara lambung dan kerongkongan kurang berfungsi dengan maksimal. hal seperti ini disebut gastroesophageal reflux disease atau GERD. Gejala yang dialami biasanya berupa sakit pada bagian dada dan ulu hati, kita akan susah menelan makanan dan mulut umumnya berasa pahit atau asam dan keadaan perut kita sangat tidak nyaman.

Penyebab manusia bisa terkena asam lambung seperti ini, belum bisa diketahui secara detail. Terkadang, orang yang obesitas juga bisa mengalami asam lambung yang tinggi. Selain itu, Anda yang suka mengkonsumsi jenis minuman yang memicu asam lambung, serta makanan berlemak dalam jumlah yang banyak, serta konsumsi kopi, cokelat dan juga alcohol, dapat menyebabkan kita mudah terkena khasiat wortel untuk asam lambung asam lambung yang tinggi. Lambung kita bisa mengalami radang dan pencernaan menjadi terganggu.

Perbedaan Maag dengan Gerd

Maag disebut juga gastritis adalah terjadinya peradangan pada bagian mukosa lambung yang terjadi karena  meningkatnya jumlah asam lambung yang diproduksi, serta berkurangnya lapisan yang melindungi mukosa lambung tersebut. Gejala utama dari sakit maag adalah nyeri perut di bagian atas. Gejala sakit maag yang semakin parah, dapat menyebabkan penyakit tukak lambung hingga kanker lambung.

Gerd (gastroesophageal reflux disease) atau kita kenal dengan penyakit asam lambung, merupakan kondisi  saat asam lambung naik ke atas dari lambung menuju ke kerongkongan, disebabkan melemahnya lingkaran otot yang membatasi lambung dan kerongkongan. Adapun gejala utama Gerd adalah rasa sensasi terbakar di bagian dada. Bahkan jika terjadi komplikasi Gerd, akan sayuran pelancar bab  mengakibatkan peradangan kerongkongan , kanker kerongkongan, tukak kerongkongan.

Lalu apa perbedaan antara maag dan gerd? Penyakit maag dan gerd sebenarnya adalah penyakit yang berbeda. Namun, sebagian besar orang beranggapan kedua penyakit ini adalah sama. Jika dilihat dari penyebabnya, mungkin memang sama. Namun, ada beberapa perbedaan yang dapat ditemukan dari kedua penyakit lambung ini, seperti berikut :

Sponsors Link

  • Maag Karena Luka Pada Lambung

sudah umum diketahui, bahwa maag terjadi karena adanya luka pada bagian mukosa lambung, namun tidak berpengaruh pada organ lainya. Sementara Gerd, adalah berbaliknya isi lambung berupa cairan asam yang keluar kembali menuju kerongkongan, bahkan bisa menyebabkan komplikasi dan menimbulkan penyakit lainya.

  • Gerd Dapat Disembuhkan

asam lambung naik biasanya terjadi karena beberapa faktor, termasuk gaya hidup yang kurang sehat. Namun, jika pasien melakukan pengobatan tepat, maka Gerd bukan tidak mungkin dapat sembuh. Sebaliknya, maag tidak bisa sembuh, karena maag adalah penyakit “kambuhan”, bisa kambuh kapan saja, jika pasien tidak makan teratur.

  • Obat yang Berbeda

agar mencapai kesembuhan yang maksimal, sebaiknya tidak menyamakan obat untuk asam lambung dan maag. Keduanya memang sama-sama terjadi pada lambung, namun sebaiknya diberikan obat yang berbeda agar lebih ampuh.

Umumnya, baik sakit maag atau asam lambung (gerd), dapat hubungan lambung dengan otak diatasi dengan cara sederhana. Meminum obat maag atau obat gerd yang biasanya tersedia di apotik terdekat, juga dapat membantu mengatasi gejala sakit maag dan asam lambung tertentu.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag