Sponsors Link

34 Perbedaan Hemoroid Dan Prolaps Recti yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Jika pada artikel sebelumnya, dokterpencernaan.com sudah membahas tentang penyebab fisura ani, maka pada artikel kali ini akan membahas tentang perbedaan hemoroid dan prolaps recti beserta cara pengobatannya. Umum pada masyarakat terdapat sebuah pengertian yang salah dalam membedakan kedua penyakit tersebut. Terutama bagi orang-orang yang tidak memiliki latar belakang medis, kedua penyakit tersebut sama-sama dianggap sebagai penyakit yang umum dikenal dengan istilah ambeien atau wasir.

ads

Namun apakah anggapan itu benar adanya, ataukah hanya salah satu diantara kedua penyakit tersebut yang dapat disebut dengan demikian? Jika iya, lantas manakah diantara kedua penyakit tersebut yang benar untuk disebut dengan istilah ambeien atau wasir? Berikut ini artikel dokterpencernaan.com tentang perbedaan hemoroid dan prolaps recti beserta cara pengobatannya yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut, jangan lupa baca juga beberapa artikel dokterpencernaan.com berikut ini: perbedaan dispepsia dan gastritis, obat tradisional wasir stadium 4, cara mengobati ambeien dengan daun handeuleumjantung berdebar-debar karena asam lambung, dan cara mengatasi intoleransi laktosa.

Pengertian Prolaps Recti dan Hemoroid

Prolaps recti adalah istilah medis yang digunakan untuk menamakan sebuah kondisi cidera yang terjadi pada organ pencernaan. Prolaps recti terdiri dari dua kata yang jika kita artikan masing-masing katanya akan dapat memberikan pengertian secara langsung mengenai kondisi cidera tersebut.

Ulasan pengertian Prolaps Recti:

  • Dalam istilah medis, prolaps digunakan untuk menggambarkan sebuah kondisi cidera dimana suatu organ mengalami dislokasi ataupun bergeser dari tempat dimana ia seharusnya berada, sedangkan recti atau rectum adalah salah satu dari organ sistem pencernaan yang merupakan bagian akhir dari usus besar dan berada sebelum anus; berfungsi  sebagai penyimpanan sementara feses sebelum akhirnya penuh dan mengirim perintah keotak untuk dibuang (keinginan untuk buang air besar).
  • Dari kedua kata diatas dapat diambil kesimpulan bahwa prolaps recti adalah cidera dislokasi yang dialami oleh rectum. Cidera tersebut menimbulkan sebuah kondisi dimana dinding rectum menyembul keluar dari areal anus.
  • Prolaps recti umum terjadi pada wanita berusia lanjut, meskipun tidak menutup kemungkinan cidera ini dialami oleh usia-usia muda dan juga oleh para pria.
  • Jarang ditemukan pada kasus-kasus prolaps recti yang mengancam nyawa atau berujung hingga kematian. Namun, efek yang ditimbulkan dapat cukup mengganggu dan memberikan efek samping yang signifikan dalam kegiatan sehari-hari

Ulasan pengertian Hemoroid:

  • Hemoroid sama halnya dengan prolaps recti merupakan istilah yang digunakan dalam dunia medis untuk menyebut sebuah kondisi kelainan yang dialami oleh organ-organ sistem pencernaan.
  • Hemoroid adalah suatu kelainan yang dialami ketika terjadi suatu pembengkakan pada jaringan-jaringan yang terdapat pembuluh darah balik (vena), dimana pembengkakan tersebut khususnya terjadi pada areal dinding rectum ataupun anus.
  • Penyakit ini menimbulkan tonjolan pada bagian-bagian tersebut.
  • Tonjolan di bagian dalam atau dikenal dengan hemoroid internal melingkupi tonjolan di daerah dinding rectum, sedangkan tonjolan di bagian luar atau dikenal dengan hemoroid external melingkupi tonjolan dikulit bagian anus dan menyembul keluar.
  • Hemoroid inilah yang sebenarnya dapat disebut dengan penyakit ambeien atau wasir. (Baca juga: Perbedaan wasir dan ambeien)
  • Penyakit ini umum dijumpai oleh wanita-wanita pasca melahirkan dan juga bagi para pria dewasa yang sering berkutat pada kegiatan-kegiatan dimana mereka diharuskan untuk duduk lama tanpa ada waktu beristirahat.
  • Hemoroid internal jarang dapat dirasakan keberadaannya dikarenakan terletak di dinding rectum dan berada pada bagian dalam anus. Satu-satunya gejala yang bisa dilihat adalah dengan adanya pendarahan keluar dari areal anus.
Sponsors Link

Perbedaan Prolaps Recti dan Hemoroid

Sebagian besar perbedaan prolaps recti dan hemoroid terletak pada penyebab dari kedua kondisi tersebut dan efek yang dialami.

  • Penyebab dan Dampak Prolaps Recti

Dikarenakan prolaps recti adalah suatu bentuk cidera dislokasi yang terjadi pada bagian organ sistem pencernaan, maka cidera ini banyak disebabkan karena suatu kecelakaan-kecelakaan ataupun kondisi-kondisi yang tidak diduga. Efek yang dialami prolaps recti-pun tidak bersifat menyakitkan, meskipun dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. Berikut ini penyebab dan dampak dari prolaps recti:

  1. Terlalu kuat mengejan saat buang air besar
  2. Efek samping maupun mal praktek saat pembedahan
  3. Melemahnya bagian otot panggul
  4. Kelainan genetis merupakan penyebab
  5. Dalam beberapa kasus yang masih bersifat ringan bagian dinding rectum yang menonjol keluar dari areal anus tidak akan menyebabkan rasa sakit ataupun perih jika tersentuh, namun dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.
  6. Bagian yang menonjol ini pun sesekali dapat didorong masuk kembali kedalam anus secara perlahan dan lembut, meski bagian tersebut dapat keluar kembali akibat hal-hal tertentu dalam kasus yang lebih parah.
  • Penyebab dan Dampak Hemoroid
ads

Berbeda dengan prolaps recti yang disebabkan oleh kecelakaan atau kondisi tertentu, hemoroid sering terjadi karena disebabkan oleh pola hidup dan kerusakan jaringan dikarenakan sebab-sebab spesifik tertentu. Efek yang ditimbukan oleh hemoroid-pun akan memberikan sensasi yang akan sangat berbeda. Berikut ini beberapa penyebab dan dampak dari prolaps recti:

  1. Adanya pola hidup yang kurang baik
  2. Frekuensi buang air besar yang tidak teratur
  3. Konstipasi
  4. Diare
  5. Obesitas atau kelebihan berat badan
  6. Duduk dalam jangka waktu lama
  7. Gangguan-ganggaun pada areal anus
  8. Dapat memberikan efek ketidaknyamanan dan rasa sakit tertentu.
  9. Menyebabkan pendarahan dan keluarnya lendir dari areal anus pada kasus-kasus yang lebih kronis.

Itulah beberapa perbedaan antara prolaps recti dan hemoroid. Dan berikut perbedaan hemoroid dan prolaps recti beserta cara pengobatannya.

Pengobatan Prolaps Recti dan Hemoroid

Berbeda dengan hemoroid internal, hemoroid external dapat cukup mengganggu penderita dikarenakan adanya benjolan peradangan didaerah anus. Benjolan tersebut akan terasa lunak dan berwarna kemerahan, namun jika sudah terlampau kronis dapat berubah menjadi warna ungu atau kebiruan dan mengeluarkan darah. Namun sama halnya dengan prolaps rectum, kondisi ini jarang dapat membahayakan nyawa atau berujung pada kematian meskipun dapat menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang luar biasa. Berikut ini perbedaan hemoroid dan prolaps recti beserta cara pengobatannya.

Prolaps Recti:

  • Untuk pengobatan prolaps recti dapat dilakukan dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat membantu untuk melunakkan feses sehingga memudahkan dalam proses buang air besar.
  • Beberapa tindakan-tindakan medis sederhana seperti perawatan-perawatan pada dinding rectum yang menonjol dan mengontrol pola hidup pun bisa dilakukan hingga sembuh.
  • Namun untuk kasus-kasus yang lebih lanjut perlu dilakukannya tindakan medis seperti melalui operasi-operasi yang dapat membantu menanggulangi dinding rectum yang menjulur keluar agar kembali ke posisi asalnya.

Hemoroid:

  • Pada kasus-kasus hemoroid yang masih dalam stadium ringan dikarenakan gangguan-gangguan pencernaan seperti konstipasi atau diare, perubahan pola hidup kearah yang lebih sehat tentunya dapat menjadi pilihan termudah untuk membantu dalam proses pengobatan.
  • Mengkonsumsi asupan-asupan yang kaya serat dan rutin melakukan buang air besar dapat membantu menyembuhkan hemoroid pada stadium-stadium awal.
  • Menghindari asupan-asupan yang dapat membuat feses menjadi keras dan konstipasi perlu dihindari agar hemoroid dapat lebih mudah disembuhkan.
  • Penggunaan obat-obatan yang dapat meringankan gejala hemoroid baik yang berbentuk kaplet maupun oles juga dapat diterapkan.
  • Namun pada stadium yang lebih kronis, penanganan-penanganan medis oleh para ahli tentunya diperlukan. Tindakan-tindakan operasi dapat dilakukan terhadap benjolan peradangan vena yang menjadi permasalahan. (Baca juga: Tumbuhan mengobati diare akibat maag)

Itulah tadi perbedaan hemoroid dan prolaps recti beserta cara pengobatannya yang dapat membantu masyarakat dalam membedakan keduanya dan meluruskan anggapan mengenai ambeien atau wasir. Dengan memperdalam wawasan mengenai perbedaan kedua gangguan organ pencernaan tersebut diharapkan masyarakat dapat lebih mawas diri dalam pembiasaan pola hidup sehat sehingga terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan tersebut.

Sponsors Link
, , , ,