Sponsors Link

26 Perbedaan Gastritis dan Maag dari Gejala dan Penyebabnya

Sponsors Link

Gastritis Dan Maag merupakan khasus yang cukup sering di jumpai. Sampai, menurut data yang di dapat dari Bada Kesehatan Dunia (WHO) di tahun 2012, angka kejadian penyakit maag di Indonesia menunjukan 40,8%. Akan tetapi masih banyak orang yang belum paham teantang Perbedaan Gastritis Dan Maag Apakah Bahaya? Gejalanya Bagaimana, nah di sini kita akan membahasnya secara urut.

ads

Apa sebenarnya maag Itu?

Tidak ada istilah yang pasti dalam ilmu medis. Maag merupakan istilah yang seringkali di gunakan masyarakat untuk mengekspresikan keluhan yang di sebabkan oleh gangguan pada pencernaan(indigestion) contohnya adalah sakit perut, mual, muntah, perut panas, sakit perut bagian atas tengah dan juga kembung. Maag sebenarnya bukan merupakan penyakit akan tetapi gejala yang menandakan ada  penyakit tertentu yang sedang terjadi.

Apa sebenarnya Gastritis itu?

Gastritis merupakan peradangan yang terjadi pada dinding lambung, ini bukan merupakan penyakit namun dimana sebuah kondisi yang di sebabkan oleh banyak factor lainya yang berbeda-beda. Seperti dengan menkonsumsi minum-minuman keras, sering stre, muntah, dan juga mual yang sudah kronis, ini merupakan gejala gastritis. Akan tetapi gastritis juga dapat di sebabkan oleh obat-obatan tertentu, terjadi infeksi, bakteri, refluks empedu dan juga anemia. Kebanyakan kasus yang di alami oleh masyarakat, tidak terlalu memandang lebih gejala itu karna jika gastritis di biarkan dan di diamkan hingga kronis maka dapat menimbulkan hilangya darah dalam tubuh kita dalam jumlah banyak.

Apa Saja Penyebab Penyakit Maag?

  • Telat Makan

Telat makan, seringkali orang terkena maag di karenakan telat makan. Pola makan yang tidak teratur dan sering telat maka, karena tealat makan bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan lambung dan jika sering kali berulang bisa memicu munculnya tungkak lambung. Maka penting sekali bagi kita untuk menjata pola makan kita, agar terjauh dari maag.

  • Karena Infeksi Bakteri

Ternyata penyakit maag juga bisa dialami dari luar tubuh, karena bakteri yang masuk ke lambung. Bakteri yang masuk menyebabkan penyakit apa bila bakteri itu menginfeksi salah satu anggota tubuh kita, salah satunya yang sering di alami adalah maag, apa bila bakteri meng infeksi lambung.

  • Efek Samping Obat-Obatan

penyakit maag juga dapat di sebabkan oleh factor efek samping obat kimia. Pada umunya menggunakan obat kimia tidak terlalu baol bagi tubuh akan tetai mempunyai kelebihan cepat menyembuhkan gangguan pada kesehatan. Maka dari itu obat kimia sering di gunakan orang untuk menyembuhkan gejala penyakit yang mereka alami. Namun tidak ada salahnya jika hanya sakit ringan anda menggunakan obat herbal atau obat tradisional apendistis saja karena obat kimia jika di konsumsi secara berlebih dapat menimbulkan efek samping yang merupakan gangguan kesehatan pada tubuh anda salah satunya adalah maag.

  • Kafein

Ketika anda menkonsumi makanan atau minuman yang mengandung kafein anda dapat melukai lambung anda. Maka dari itu sebaiknya tidak mengkonsumsi secara berlebih makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi. Karena kopi mengandung kafein di dalam nya dan juga dapat menyebabkan maag dan naiknya asam lambung. Maka dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi makanan dan minuman yang megandung kafein secara belebih dapat menyebab kan maag.

  • Alkohol
Sponsors Link

Sama seperti kafein, alcohol juga dapat menyebabkan penyakit maag, karena alcohol mempunyai kandungan yang tidak baik bagi kesehatan lambung anda dan juga bagian tubuh lainya. Dan juga jangan mengkonsusi minuman yang mengandung soda secara berlebih. Karna minuman yang mengandung soda juga dapat menyebab kan anda terkena gejala atau penyakit maag. Anda boleh minum minuman bersoda dan kopi akan tetapi tetap dalam kadar sebatasnya atau wajar, karna semua hal yang berlebihan akan berkaibat tidak baik, baik untuk kita atau kesehatan kita.

  • Makanan Yang Dapat Memicu Asam Lambung

Salah satu penyebab penyakit maag adalah produksi asam lambung yang banyak dan berlebih, karena dengan meningkat nya asam lambung dapat menyebabkan penyakit maag, dan perut mual-mual, perut terasa panas dan mual. Maka itu jangan terlalu berlebih mengkonsumsi makanan yang menyebabkan asam lambung naik, seperti makanan yang asam-asam.

  • Stress

Strees juga menjadi salah satu penyebab penyakit maag, karna strees dapat membahayakan kesehatan fisik kita. Strees juga bisa menimbulkan asam lambung naik dan dapat mengikis dinding lambung. Maka dari itu jauhkan diri anda dari strees agar kesehatan lambung dan bagian tubuh anda selalu sehat dan terjaga agar terhindar dari penyakit tipes disertai batuk.

Apa Yang Dapat Menyebabkan Penyakit Gastritis?

ads

Penyebab utama gastritis merupakan bakteri. Ya bakteri yang mempunyai nama Helicobacter pylori, yang biasa di temukan di air atau makanan yang tercemar. Bakteri ini juga dapat di tularkan melalui perantara dari satu orang pindah ke orang yang lain. Namun gastritis juga mempunyai penyebab umum lainya seperti:

  • Mengkonsumsi makanan bertekstur keras dalam keadaan masih panas
  • Pola makan yang tidak teratur, selalu berubah-ubah, hal ini adalah masalah yang sering di alami bagi masyarakat karna susah mengatur jam makan dengan kesibukan yang dijalani.
  • Strees juga dapat menyebabkan penyakit Gastritis selain menyebabkan penyakit Maag juga
  • Sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi, karna dapat menyebabkan lambung sulit beradaptasi dan menyebabkan asam lambung naik dan mengeiritasi dinding lambung

Gejala Penyakit Maag :

  • Sering muntah, mual dan rasanya agak asam, jika kondisi sudah kronis kulit lambung dapat mengelupas sehingga menimbulkan muntah darah
  • Nyeri pada perut, pedih , perut terasa kembung, sesak nafas pada bagian atas perut
  • Susah tidur karna rasah sakit yang dialami pada  perut pada perut sakit bagian atas tengah.
  • Menurunya nafsu makan, yang biasanya makan bisa 1-4x dalam sehari menjadi 1x saja sudah kenyang dan tidak mau makan lagi
  • Bersendawa dalam keaadan lapar

Gejala Penyakit Gastritis:

Sebenarnya gejala penyakit Gastritis dan penyakit Maag hampir sama, rasa sakit yang di alami pada bagian lambung puun juga hampir sama. Memang 2 penyakit ini hampir mirip jika di dengan dari gejala, penyebab, dan rasa sakit yang di rasakan. Gejala penyakit gastritis adalah:

  • Nyeri yang berlebihan dan merasakan panas  pada lambung
  • Menghilangnya atau menurunya nafsu makan
  • Makan sedikit sudah kenyang atau cepat merasa kenyang saat makan
  • Mengalami cegukan
  • Perut kembung
  • Sakit perut pada bagian atas
  • Mengalami muntah-muntah
  • Mengalami gangguan saluran pencernaan
  • BAB yang mengeeluarkan tinja berwarna hitam pekat
  • Mengalami muntah darah

Kebanyakan orang yang mengalami gastritis akan menunjukan beberapa gejala, akan tetapi ada sebagian orang yang mengihdap grastitis tanpa menunjukan  gejala sama sekali. Gejala yang sering di alami dan sering muncul adalah nyeri,rasa yang kurang nyaman pada bagian perut atas, mual, sering muntah, hingga gangguan pencernaan. Jikamengalami gastritis erosif pengidap gastritis akan mengeluarkan tinja/kotoran yang berwarna hitam pekat dan juga sampai muntah darah.

Cara mengobati Maag Tanpa Obat :

  • Biji Pepaya, biji papaya di percaua dapat menyembuh kan banyak penyakit seperti maag, dengan mengeringkan biji papaya dan menumbuknya hingga halus dan setelah itu di seduh dengan air panas dan diminum dengan teratur hingga sembuh.
    Sponsors Link

  • Daun Jambu Biji, daun jambu biji juga di percaya dapat mengilangkan penyakit seperti diare dan juga dapat di gunakan untuk menyembuhkan penyakit Maag. Daun jambu biji mengandng bayak khasiat sseperti zat flavonoid dan polifenil. Ambil daun jambu biji yang masih segar lalu cuci dan rebus daun jambu biji. Diusahakan makan dahul sebeleum meminum air rebusan daun jambu biji.
  • Temulawak, temulawak dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, yang dulu di percaya dapat mengatasi anak yang susah makan. Namun temulawak juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit maag. Caranya juga hamper sama dengan cara diatas dengan dipotong dicuci dan direbus, cara ini sama dengan cara mengobati maag dengan kunyit.
  • Daunt Mint, daun mint dapat menyebuhkan penyakit maag. Dengan menggunakan daunt mint anda dapat menyembuhkan penyakit maag tanpa menggunakan obat-obatan kimia. Caranya pun cukup muda, hanya dengan mengunya daun mint yang sudah bersih. Untuk menghasilkan hasil yang maksimal anda harus melakukanya secara rutin

Obat Untuk Menangani Gastritis:

  • H2 Blocker, obat ini mampu meredakan hingga menyembuhkan penyakit gasstritis. Obat ini bekerja dengan cara menurunkan produksi asam lambung.
  • PPI , obat pengambat pompa proton, obat ini mempunyai cara kerja yang sama seperti H2blocker. Namun obat ini biasanya lebih efektif untuk beberapa di bandingkan dengan H2 blocker
  • Antasida, obat ini dapat meredakan dan menghilangkan sakit atau gejala gastritis, obat ini juga akan menghilangkan rasa nyeri pada lambung dan menetralisir asam lambung
  • Antibiotik, obat ini biasanya di resepkan untuk penderitas gastritis yang terkena gastritis karena infeksi bakteri.

Nah dengan pengetahuan ini semoga kita terhindar dan terjauh dari gejala dan penyakit maag dan gastritis. Bagi yang sudah terkena gejala atau penyakitnya semoga cara pengobatan dan jenis-jenis obat yang kita bagi dapat menyembuhkan penyakit anda secara cepat. Bagi anda yang masih sering mual walaupun sudah minum obat dan ramuan herbal anda dapat membaca untuk penyebab mual setelah makan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag