Sponsors Link

42 Perbedaan Gastritis dan Gastroenteritis dari Penyebab dan Pengobatan

Sponsors Link

Ya, kembali lagi di dokterpencernaan.com dengan artikel perbedaannya. Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai perbedaan hemoroid dan prolaps recti serta perbedaan dispepsia dan GERD, maka kali ini artikel perbedaan akan membahas tentang perbedaan gastritis dan gastroenteritis, penyebab serta pengobatannya. Namun jangan lupa untuk membaca artikel-artikel dokterpencernaan.com yang lain seperti jantung berdebar-debar karena asam lambung, penyebab mencret akibat asam lambung, khasiat cuka apel untuk penyakit lambung, serta khasiat daun kemangi untuk maag dan kesehatan berikut ini ya! Sering kali gangguan pada sistem pencernaan dapat disebabkan oleh berbagai hal.

ads

Dari adanya kelainan pada organ sistem pencernaan hingga keberadaan penyakit yang bersarang dapat menjadi faktor-faktor yang patut diperhitungkan dalam menentukan jenis gangguan yang mempengaruhi sistem pencernaan tersebut. Diantara berbagai gangguan tersebut, umum ditemukan dua istilah yang memiliki kemiripan yaitu gastritis dan gastroenteritis. Meski keduanya tampak identik dan merupakan gangguan sistem pencernaan, namun jenis gangguan seperti apakah mereka sebenarnya? Perbedaan apakah yang dimiliki oleh keduanya?  Dan bagaimanakah cara pengobatannya? Berikut ini artikel perbedaan dokterpencernaan.com yang akan membahas tentang perbedaan gastritis dan gastroenteritis, penyebab serta pengobatannya.

Pengertian Gastritis dan Gastroenteritis

Berikut ini beberapa ulasan mengenai pengertian dari kedua gangguan tersebut. Dengan memahami konsep dari keduanya, tentu akan memberikan kemudahan dalam memahami perbedaannya kelak.

Ulasan Pengertian Gastritis

  • Gastritis adalah istilah medis yang terdiri dari dua akar kata: ‘gastro-‘ yang berarti lambung dan ‘-itis‘ yang berarti kondisi peradangan. Dari pendefinisian itu dapat disimpulkan bahwa gastritis merupakan sebutan medis bagi kondisi peradangan pada lambung.
  • Gastritis atau radang lambung itu sendiri terjadi dikarenakan adanya pengikisan ataupun iritasi pada permukaan dinding lambung.
  • Hal ini dapat disebabkan oleh hal-hal seperti berlebihnya kandungan asam lambung, pola makan yang kurang teratur, asupan makanan dan minuman yang tidak menyehatkan, gangguan psikologis, penggunaan obat-obatan keras dan sebagainya. (Baca juga: Perbedaan gastroenteritis dan diare)

Ulasan Pengertian Gastroenteritis

  • Dilihat dari akar katanya, gastroenteritis juga mengandung dua akar kata yang sudah terlebih dahulu dijelaskan, namun ditambah dengan kata ‘-entero-‘ yang mana memiliki arti sebagai usus kecil. Dari pendefinisian tersebut dapat disimpulkan bahwa gastroenteritis  merupakan sebutan medis bagi peradangan yang dialami oleh lambung dan usus kecil. Selain itu, penyakit ini juga dikenal dengan sebutan flu lambung atau flu perut.
  • Gastroenteritis atau flu perut ini terjadi dikarenakan adanya infeksi virus-virus seperti rotavirus, notovirusadenovirus, astrovirus dan lain-lain.
  • Infeksi virus pada sistem pencernaan tersebut dapat disebabkan oleh adanya asupan makanan ataupun minuman yang tidak layak serta steril, kontak langsung dengan penderita lain, kebiasaan hidup yang tidak sehat, dan sebagainya.

Perbedaan Gastritis dan Gastroenteritis

Dari beberapa definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa perbedaan yang dimiliki oleh kedua gangguan tersebut terletak pada kondisi yang dialami oleh sistem pencernaan, dampak yang diberikan serta cara pengobatannya. Berikut ini beberapa perbedaan gastritis dan gastroenteritis tersebut:

Sponsors Link

  • Kondisi yang terjadi pada organ sistem pencernaan

Gastritis adalah peradangan yang menyerang organ lambung. Peradangan itu sendiri terjadi semerta-merta dikarenakan adanya iritasi atau pengikisan yang disebabkan oleh kebiasaan dan pola hidup yang kurang sehat. Sedangkan gastroenteritis adalah peradangan yang menyerang organ lambung dan usus kecil. Peradangan tersebut lebih dikarenakan adanya infeksi virus yang didapat dari penularan inang atau host.

  • Efek dan gejala yang ditimbulkan

Efek dan gejala yang ditimbulkan oleh gastritis dan gastroenteritis memiliki perbedaan sebagai berikut:

Gastritis

  1. Cepat merasa kenyang saat makan
  2. Cegukan yang tak kunjung hilang
  3. Perut kembung berujung pada rasa nyeri
  4. Hilangnya nafsu makan
  5. Mual dan terkadang diiringi dengan muntahan yang mengandung darah
  6. Gangguan pencernaan
  7. Sensasi terbakar pada areal lambung dan ulu hati.
  8. Jika tidak mendapat penanganan medis lebih lanjut, dapat berujung pada penyakit-penyakit komplikasi lain seperti tukak lambung bahkan hingga kanker
ads

Gastroenteritis

  1. Penurunan bobot tubuh secara berangsur-angsur
  2. Mudah berkeringat dan mengalami peningkatan kelembapan kulit
  3. Timbul demam, nyeri pada bagian-bagian tubuh tertentu serta diiringi dengan sakit kepala
  4. Timbul gejala-gejala dehidrasi akut
  5. Muntah yang tak kunjung berhenti
  6. Terkadang gejala yang timbul juga tampak seperti mengalami keracunan makanan
  • Pengobatan Gastritis dan Gastroenteritis

Gastritis dan gastroenteritis memiliki cara pengobatan yang berbeda pula, dikarenakan perbedaan sifat gangguan yang dialami oleh keduanya. Berikut ini masing-masing cara pengobatan yang dapat dilakukan:

Gastritis

  1. Mengatur pola makan sehari-hari
  2. Menghindari asupan makanan ataupun minuman yang dapat menyebabkan kambuhnya gastritis
  3. Menghindari kecenderungan gangguan-gangguan psikologis seperti stress atau rasa cemas yang berlebihan
  4. Hindari penggunaan obat-obatan keras yang dapat menyebabkan iritasi atau peradangan pada lambung
  5. Jika diperlukan, dapat mengkonsumsi obat-obatan yang meringankan gejala gangguan sesuai dengan anjuran dan resep dokter

Gastroenteritis

  1. Mengkonsumsi asupan cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi yang ditimbulkan
  2. Konsumsi oralit sesuai dengan takaran yang dianjurkan
  3. Asupan makanan yang bersifat halus dan tidak memberatkan pencernaan seperti bubur, pisang atau jelly.
  4. Beristirahat yang cukup, jika memungkinkan melakukan istirahat total (bed-rest)
  5. Mengkonsumsi minuman-minuman penambah energi dan elektrolit tubuh untuk menanggulangi rasa lemas yang ditimbulkan
  6. Jika kondisi tidak kunjung membaik, perlu adanya penanganan medis ataupun opname. (Baca juga: Pencegahan gastroenteritis)

Dan begitulah artikel tentang perbedaan gastritis dan gastroenteritis, penyebab serta pengobatannya yang dapat membantu masyarakat dalam memahami gangguan-gangguan organ sistem pencernaan. Dengan mengetahui perbedaan gastritis dan gastroenteritis, penyebab serta pengobatannya, maka penanggulangan gangguan-gangguan pencernaan dapat dilakukan secara tepat dan meminimalisir resiko salah diagnosa.

Sponsors Link
, , ,