Sponsors Link

8 Perbedaan Dispepsia dan Tukak Lambung yang Mudah Dibedakan

Sponsors Link

Apa itu tukak lambung ?

ads

Tukak lambung merupakan suatu kondisi dimana mukosa lambung meradang , membengkak atau naik. Tukak lambung juga di kenal dengan radang lambung, penyakit ini dapat muncul secara dadakan atau mendadak(Tukak lambung akut) dan biasanya juga dpat berlangsung dalam waktu yang lama ( Tukak lambung kronis ).

Kondisi ini tidak terlalu berbahaya akan tetapi dapat di sembuhkan dengan beberapa obat tertentu. Akan teteapi dalam beberapa kejadian tukak lambung merupakan kondisi yang dapat menjadi datangnya gejala sakit asam lambung dan parahnya juga dapat meningkatkan resiko kanker pada perut.

Apa itu dispepsia (maag) ?

Dispepsia, di Indonesia lebih di kenal dengan sebutan maag merupakan perasaan yang tidak nyaman terjadi pada bagian saluran pencernaan bagian atas atau perut , krongkongan dan juga usus 12 jari. Sebenarnya dispepsia ( maag ) terdiri dari beberapa gejala. Akan tetapi gejala umum yang sering di alami adalah seperti mual, kembung , bersendawa, dll. Baca dan ketahui juga tentang ciri ciri usus luka.

Perbedaan maag (Dispepsia) dengan grastritis ?

Maag dan juga tukak lambung merupakan suatu kondisi yang berbeda, akan tetapi lokasi yang mirip yaitu berada di saluran pencernaan. Maag juga biasa di sebut dengan dipepsia, yang merupakan bukan suatu penyakit akan tetapi merupakan suatu kondisi keluhan. Maag merupakan kondisi yang dapat di gambarkan dengan beberapa keluhan yang di sebab kan dari gangguan pencernaan atau indigestion. Beberapa contoh yang sering di gambarkan dengan maag merupakan keluhan sakit pada perut dan juga mual , muntah , dada nyeri seperti terbakar, perut terasa kembung dan juga mulut terasa asam. Maag atau dispepsia sebenarnya bukan merupakan suatu penyakit akan tetapi melainkan sebagai gejala yang menandakan akan dating nya suatu penyakit tertentu.

Seseorang yang mengalami gejala maag dapat berakhir menjadi penyakit asam lambung atau GERD. Penyakit yang satu ini dapat terjadi saat isi pada lambung termasuk asam lambung naik menuju ke bagian kerongkongan sehingga akan membuat yang mengalmi nya merasa mual, muntah, dan juga nyeri yang terjadi pada dada. Akan tetapi perlu di perhatikan juga bahwa penyakit lain juga dapa menimbulkan seperti , infeksi pada perut, penyakit irritable bowel syndrome. Untuk beberapa kasus yang langka Maag sama juga sperti tukak lambung dapat menandakan akan adanya gejala kanker. baca dan ketahui juga tentang penyebab kanker usus buntu.

Nah seperti yang kita sudah bahas sebelumnya, tukak lambung merupakan peradangan yang terjadi pada mukosa lambung, kondisi penyakit tukak lambung yang akut dan juga kronis dalam waktu yang lama dapat membuat tukak lambung atau peptic ulcer. Nah ketika kondisi ini terjadi akan terjadi luka dengan rasa sakit yang sangat menggangu dan juga dapat berkembang pada lapisan lambung dan juga usu kecil. Tukak lambung ini dapat terjadi di karenakan danya asam atau enzim. Dan juga dapat di sebab kan oleh stress , dan juga penumpukan asam, para pakar juga sudah meneliti dan telah menemukan penyebab utama nya yaitu infeksi bakteri.

Tanda – tanda dan juga gejala tukak lambung ?

Sponsors Link

Ketika seseorang yang terkena kondisi ini juge mempunyai gejala apapun sampai di diagnosis. Akan tetapi anda juga harus mewaspadai ketika anda sedang mengalami gejala ini:

  • Hilang nya nafsu makan
  • Mual dan juga muntah
  • Pada bagian perut atas perut terasa nyeri
  • Merasa kenyang walaupun baru makan sedikit, baca dan ketahui juga tentang bab lembek terus-menerus.

Ketika mukosa lambung anda sedang mengalami pendarahan anda juga akan mengalami beberapa gejala di bawah ini.

  • Feses yang berawrna hitam
  • Mengalami muntah darah dan juga cairan berwarna pekat yang sperti kopi

Kapan herus segera ke dokter ?

ads

Ketika anda sudah mengalami gejal – gejala yang sudah tidak umum atau sudah sangat sakit  dan juga beberapa gejala yang sudah kita bahas di atas. anda harus egera menghubungi dokter jika perut anda merasa tidak nyaman setelah meminum beberapa obat,terutama untuk aspirin dan juga obat penghilang rasa sakit lainya. Untuk tambahan ketika anda mengalami mutah darah dan juga buang air besar yang berdarah anda juga harus segera pergi kedokter untuk mengatasinya. Dokter akan memberikan kepastian penyakit apa yan ganda sedang alami dan akan memberikan beberapa obat yang cocok untuk anda yang dapt mempercepat penyembuhan anda.

Kenapa harus menghindari obat anti nyeri ?

Efek samping yang di dapat dari obat anti nyeri dpat berdampak kerusakan pada saluran pencernaan . Keruakan yang terjadi pada saluran pencernaan ini dapat di sebabkan dari mekanisme bahan – bahan yang terkandung dalam obat ini, untuk menghambat enzinz COX atau siklooksigenase pada lambung. Pengertian sederhananya , enzim COX merupakan enzim yang bertanggung jawab untuk rangsangan nyeri. Akan tetapi ternyata selain bertanggung jawab untung rangsangan nyeri ternyata enzim COX juga mempunyai tanggung jawab untuk dalam pertahanan lapisan pada kulit lambung.

Karena penghambatan enzim COX pada lambung yang di sbeab kan dari obat antinyeri dapat menyebabkan pengikisan pda dinding lambung. Nah semua itu akan mengakibatkan pendarahan pada lambung. Ketika kondisi ini terus menerus di biarkan maka akan terjadi lambung berlubang dalam kondisi ini di sebut sebagi perforasi lambung. Nah akibat ini dapat menyebabkan isi lambung yang bocor ker rongga perut dan dapat menimbulkan infeksi, ketika hal tersebut sudah terjadi akan terjadi infeksi  pada jaringan yang berkerja untuk melapisi bagian dalam perut. Infeksi ini bisa mengakibatkan komplikasi yang dapat membuat berbgai organ dalam tubuh kita berhenti berfungsi, kondisi ini sudah sangat gawat sekali dan dapat mengancam nyawa.

Cara mencegah tukak lambung dan juga dispepsia?

  • Jangan merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok mempunyai efek relaksasi otot, sehingga akan membuat otot pada saluran pencernaan yang seharusnya mempertahankan agar si lambuk tidak naik menuju ketaas menjadi lemah. Nah kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadi nya refluks asam lambung, merupakan serangkaian gejaala pada gangguan pecernaan yang di awali dengan adanya gejala atau tanda rasa terbakaar akibat kondisi asam lambung yang naik.

Seseorang yang perokok biasanya juga lebih akan mudah terkenan batuk, nah dimana setiap kali batuk akan membuat perut tertekan sehingga semakin memperbeasar untuk resiko asam lambung yang naik. Selain rokok ada juga seprti alkolhol dannjuga coklat yang mempunyai efek seperti nikotin.

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat dan juga protein

Lemak traditional dan juga protein mempunyai banyak sekali kandungan gizi yang terkandung. Kedua tu juga mereka berkerja untuk menurunkan keinginan anda untuk makan makanan yang mengandung gulan dan juga karbohidrat olahan. Lemak ini mempunyai sifat anti – inflamasi pada saluran pencernaan dan juga protein dapat  berkerja untuk membantu pencernaan. Nah asam klorida dapat mengatifkan enzim yang dapt membantu pencernaan protein yang seperti pepsin.

Sponsors Link

Nah maka dari itu dengan megnkonsumsi makanan yang mengandung banyak protein kelbihan asam lambung pada tubuh anda dapat di gunakan untuk mencernan protein dan asam lambung tidak akan naik ke kerongkongan. Protein dapat di dapat dari daging hewan, ikan, telur , susu asli , kacang, biji- biji an dan juga tidak lupa gunakan minyak yang berkualitas baik, karna minya yang berkualitas baik atau bagus mempunyai kandungan protein juga. (baca juga: akibat kekurangan karbohidrat)

Untuk mendapatkan penanganan atau info pencegahan 2 penyakit tersebut lebih lanjut anda dapat mengunjungi dokter, ketika anda mengalami salah satu gejala atau penyakit tersebut segeralah membawanya kedokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, dan dokter akan memberikan beberapa obat yang sudah pasti cocok untuk kamu, Karna ketika kamu asal membeli obat di beberapa tempat dan ternyata obat itu malah tidak cocok atau obat itu mempunyai efek samping yang berbahaya seperti obat anti nyeri, hal tersebut malah akan membuat penyakit atau gejala yang anda alami menjadi semakin parah dan juga lebih berbahaya.

Dokter juga akan memberi tahu apa yang menyebabkan anda mengalami penyakit atau gejala tersebut, agar kemudian hari anda tidak terkena lagi, yang jelas jangan tunggu hingga suadh parah karna penyakit apapu ketika sudah parah dapat mengancam nyawa anda, maka obatilah secepat mungkin agar anda dapat beraktifitas kembali seperti biasanya.

Sponsors Link
, , ,