Sponsors Link

3 Perbedaan Asam Lambung dan Maag yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Sakit maag memiliki pengertian singkat yaitu, kondisi gangguan kesehatan pencernaan, berupa peradangan pada lapisan organ lambung. Sakit maag dialami hampir sebagian besar orang yang kurang teratur dalam hal pola makan, mengendalikan tingkat stress, hingga gaya hidup modern seperti sekarang ini, yang tidak sehat. Penyakit maag cukup mudah disembuhkan, namun jika dibiarkan, bisa memicu pengobatan kanker usus tanpa operasi munculnya penyakit lain yang lebih parah.

ads

Sakit maag memunculkan gejala khusus pada penderitanya, berupa rasa nyeri yang berasal dari organ lambung dan usus. Tidak sedikit juga penderita maag yang akhirnya merasakan mual hingga muntah. Saat maag kambuh, mengkonsumsi makanan juga menjadi sulit, sebaiknya mengkonsumsi obat terlebih dulu. Maag juga bisa kambuh ketika seseorang terlalu sering mengosongkan perutnya dalam waktu cukup lama. Orang yang terlalu cepat ketika makan juga sering mengalami sakit maag.

GERD (Asam Lambung)

Sedikit berbeda dengan sakit maag, namun masih seputar kesehatan organ lambung, Penyakit Gerd atau sebutan lain dari sakit asam lambung, adalah salah satu penyakit lain yang bisa muncul, ketika sakit sering diabaikan. Gerd biasanya terjadi ketika seseorang merasakan sakit seperti terbakar di bagian dada atau perutnya. Hal ini biasanya kambuh saat setelah makan, atau ketika jam tidur malam khasiat cuka apel untuk penyakit lambung sedang berlangsung.

Seseorang yang sedang mengalami sakit asam lambung yang naik atau tinggi, akan merasakan bagaimana asam lambung ini mulai naik ke kerongkongan. Asam lambung menjadi naik karena  katup atau gerbang  diantara lambung dan kerongkongan tidak berfungsi dengan maksimal seperti biasanya. Gejala asam lambung, banyak dialami orang dengan gejala sakit pada bagian dada dan ulu hati. Selain itu, orang tersebut akan susah menelan makanan, serta mulut terasa asam. Berikut ini gejala asam lambung yang sering dialami sebagian orang  :

  • Rasa sensasi terbakar di bagian dada
  • Sakit di bagian dada dan ulu hati
  • Mulut terasa asam atau pahit
  • Perut tidak nyaman
  • Nafsu makan menurun

Adapun penyebab seseorang  mengalami asam lambung yang susah buang air besar setelah melahirkan caesar cukup menganggu aktifitas dan membuat perut menjadi kurang nyaman, sebagai berikut  :

  • Obesitas
  • Konsumsi alcohol
  • Makanan berlemak dalam jumlah banyak
  • Konsumsi kopi
  • Mengalami peradangan lambung
  • Perbedaan Maag dengan Gerd

Penyakit Maag

Maag disebut juga gastritis adalah terjadinya peradangan pada bagian mukosa lambung yang terjadi karena  meningkatnya jumlah asam lambung yang diproduksi, serta berkurangnya lapisan yang melindungi mukosa lambung tersebut. Gejala utama dari sakit maag adalah :

  • Muncul rasa kembung serta begah di bagian perut
  • Merasakan mual dan muntah
  • Nyeri di bagian perut dan merasa mulas karena pencernaan tidak normal
  • Merasa perih pada bagian ulu hati
  • Sering bersendawa

Adapun penyebab dari sakit maag itu sendiri adalah :

  • Adanya jadwal makan yang tidak teratur
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan asam dan pedas
  • Menjalankan kebiasaan buruk merokok dan minum alcohol
  • Mengalami stress dan lelah yang dapat memicu gejala maag
  • Konsumsi kafein
Sponsors Link

Sakit maag umumnya tidak berlangsung lama dan tidak membuat semakin parah. Namun, untuk itu kita harus memilih obat maag yang ampuh untuk mengatasinya. Jika pengobatan tidak cocok, maka diperlukan konsultasi medis ke dokter, agar mendapatkan pengobatan yang sesuai. Selain pengobatan, sakit maag juga perlu dilakukan pencegahan agar hubungan lambung dengan otak segera pulih.

Berikut ini adalah beberapa bahaya atau komplikasi dari penyakit maag yang bisa terjadi jika tidak mendapatkan penanganan yang serius, yakni :

  • Penyempitan esofagus

Seseorang yang mengalami sakit maag cukup sering, bisa mengalami penyempitan pada bagian esophagus lambungnya, yang  terjadi karena refluks asam. Penyebabnya adalah asam lambung yang sudah naik ke kerongkongan. Akibat lainya, juga dapat menimbulkan jaringan parut di kerongkongan. Oleh sebab itu, terkadang  muncul rasa sulit menelan dan nyeri pada dada.

  • Esofagus Barrett

Hampir sama dengan keadaan penyempitan esophagus di atas, bagian esofagus Barrett juga terjadi karena adanya paparan asam lambung di kerongkongan secara berketerusan. Namun pada kasus ini, sel-sel yang terdapat di lapisan bagian bawah kerongkongan, telah berubah menjadi sel kanker. Dikhawatirkan, perubahan sel tersebut berisiko memunculkan khasiat kencur untuk lambung kanker kerongkongan. 

  • Stenosis Pilorus

Akibat selanjutnya ini, disebabkan karena paparan asam lambung pada area pylorus, dalam jangka panjang. Bagian yang terpapar tersebut menjadi sempit dan mengakibatkan  makanan yang telah dikonsumsi jadi tidak  dicerna dengan maksimal. Selain itu, muntah-muntah karena asam lambung, juga bisa dialami oleh penderita Stenosis pilorus.

ads

Sakit maag juga bisa menjadi berbahaya, dan menimbulkan komplikasi lainya, seperti :

  • Maag Ringan memiliki gejala komplikasi berupa  asam lambung yang berlebih
  • Komplikasi lambung, karena terkena  infeksi mikroorganisme merugikan, yaitu  oleh Helycobacter Pylori
  • Sakit maag yang sedang , memiliki gejala sakit berupa perut yang menjadi mual dan cukup  menyakitkan
  • Maag Kronis, Gejala yang lebih dari maag sedang, biasanya hal ini terjadi, karena peradangan atau  luka pada bagian mukosa lambung pasien maag.
  • Maag Akut, komplikasi bisa terjadi, dimana maag yang  parah, memunculkan gejala lain seperti  terdapat borok, pada bagin infeksinya.
  • Kanker Lambung adalah kondisi komplikasi akhir, dimana keadaan lambung sudah sangat parah dan tidak ada jalan lain, selain  segera di tangani tim medis yang ahli di bidangnya.

Perbedaan Asam Lambung dan Maag

Lalu apa perbedaan antara maag dan gerd (asam lambung) ? Penyakit maag dan gerd sebenarnya adalah penyakit yang berbeda. Perbedaan ini, bisa kita lihat dari segi gejala yang timbul, serta proses penyakit maag dan asam lambung yang dialami pasien kebanyakan. Karena memiliki gejala penyakit yang berbeda, dan belum tentu sebagian orang merasakan gejala yang sama, kita harus lebih banyak berkonsultasi dengan dokter, agar mendapatkan sayuran pelancar bab pengobatan yang tepat.

Berikut ini beberapa perbedaan antara maag dan asam lambung yang perlu diketahui :

  • Penyebabnya Berbeda

Setelah menguraikan penjelasan tentang maag dan gerd di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa salah satu perbedaan dari maag dan asam lambung adalah penyebabnya. Jika maag disebabkan oleh kebiasaan makan atau masalah pencernaan seseorang, maka asam lambung penyebabnya adalah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

  • Gejalanya Berbeda

Dilihat dari gejalanya, seseorang yang mengalami asam lambung dan maag juga memiliki gejala yang sedikit berbeda, walaupun tidak signifikan. Saat terkena asam lambung, zat asam yang berfungsi untuk pencernaan makanan, ternyata keluar lambung dan naik ke kerongkongan. Sedangkan sakit maag, umumnya dimulai dengan pola makan yang kurang teratur.

  • Pengobatan Berbeda

Saat sakit maag, terkadang kita mudah untuk menemukan obatnya di apotek. Selain itu, obat maag juga tersedia dalam berbagai jenis, sesuai dengan fungsinya. Beberapa obat maag yang tersedia di apotek adalah :

  • Obat sakit maag untuk melindungi dinding lambung
  • Obat sakit maag untuk mengurangi produksi asam lambung
  • Obat sakit maag proton pum inhibitor
  • Obat sakit maag untuk menetralkan asam lambung
  • Obat sakit maag yang disertai infeksi

Sementara obat sakit asam lambung yang dialami, orang biasanya lebih menyukai pengobatan alami dengan bahan alami dan aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Sakit asam lambung terkadang bisa kambuh kapan saja, jadi sebaiknya gunakan pengobatan alami.

Asam Lambung Pelan Mematikan

Berbeda dengan penyakit maag, penyakit asam lambung atau gastroestophageal reflux merupakan kondisi naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Penderita penyakit ini akan merasakan pahit yang muncul di kerongkongan dan menimbulkan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada. Gejala ini sering dianggap sebagai serangan jantung. Penyakit ini muncul karena tidak berfungsinya katup yang ada di ujung lambung. Berikut ulasanya:

Sponsors Link

  • LES (Lower Esophageal Sphincter)

Katup LES ini memiliki fungsi seperti pintu gerbang otomatis, bagi makanan dan minuman yang  lewat hendak menuju lambung, kemudian bisa tertutup untuk  mencegah asam lambung, serta  makanan yang dicerna naik kembali ke kerongkongan. Katup LES bisa menjadi longgar, kemudian  menyebabkan kebocoran dinding lambung karena asam pencernaan ini bersifat korosif.

Dinding saluran pencernaan dengan mudah terkikis dan mengalami peradangan. Walau cukup rumit, sebenarnya sakit asam lambung  tidak menyebabkan kematian secara langsung, hanya bisa menyebabkan komplikasi penyakit pada organ lainya.

  • Kanker Esofagus

Sakit asam lambung juga bisa  memicu sel kanker aktif dan menjadi penyakit kanker esophagus, bila tidak ditangani dengan serius. Pasien dapat melakukan beberapa cara untuk  menjaga diri, seperti  menjaga keseimbangn berat badan, menghindari penyakit obesitas, menjaga pola makan sehari-hari dan menghindari makanan mengandung lemak, agar tidak terkena penyakit kanker ini.

Gejala Maag yang Parah

Orang yang sering mengalami sakit maag secara berulang ulang, biasanya kurang efektif dalam mencegah kemunculan penyakit lambung yang satu ini. Bila telah parah, penyakit berupa sakit tukak lambung dapat membuat keadaan lambung menjadi kurang maksimal dalam mencerna makanan. Penyakit komplikasi juga bisa terjadi, seperti terjadi gangguan pada organ ginjal karena letaknya yang dekat dengan lambung. Selain itu, kelebihan kolesterol karena sering mengkonsumsi cara mengatasi bab setelah makan makanan belemak tinggi, juga bisa membuat lambung infeksi.

Umumnya, baik sakit maag atau asam lambung (gerd), dapat diatasi dengan cara sederhana. Disarankan untuk meminum obat maag atau obat asam lambung dengan kualitas terbaik dan sesuai petunjuk dokter. Perbedaan asam lambung dan maag di atas, semoga dapat menjadi referensi Anda yang ingin mengetahui kedua jenis gangguan kesehatan pencernaan tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Maag