Sponsors Link

4 Penyebab Usus Menghitam Perlu Diwaspadai Sejak Dini!

Sponsors Link

Apakah kalian pernah mengalami masalah pencernaan? Masalah pencernaan adalah suatu gangguan yang pastinya tidak asing di telinga masyarakat dan setidaknya seseorang pernah mengalami satu hingga dua kali masalah pencernaan. Masalah pencernaan sendiri berbeda-beda jenisnya dan sering kali menyerang bagian usus, contohnya saja seperti perlengketan usus setelah operasi usus buntu, usus buntu sering kencing, ataupun diare karena cacingan. Ketika kita mengalami masalah pencernaan, sebaiknya kita segera berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah permasalahan ini lebih parah yang dapat berujung pada usus menghitam.

ads

Wah memang apa sih yang dimaksud dengan usus menghitam? Usus menghitam sendiri belum ada istilahnya dalam dunia medis namun hal ini biasanya menunjukkan kerusakan atau bahkan kematian sel pada organ usus. Wah sangat menyeramkan bukan? Kerusakan usus biasanya berawal dari peradangan usus yang tidak segera ditangani sehingga sebaiknya kita mengetahui gejala radang usus. Beberapa gejala radang usus antara lain adalah nyeri pada bagian perut, nafsu makan berkurang, penurunan berat badan yang drastis, hingga diare yang bercampur darah dan bisa terjadi kapan saja. Lalu sebenarnya apa penyebab usus menghitam ini? Nah daripada semakin penasaran, yuk kita simak penjelasan berikut ini:

1.Infeksi

Infeksi adalah salah satu penyebab utama timbulnya berbagai penyakit dalam tubuh kita tidak terkecuali sebagai penyebab usus menghitam. Timbulnya infeksi sendiri bisa dipicu oleh beberapa hal seperti bakteri, di mana bakteri biasanya akan masuk ke dalam tubuh melalui makanan sehingga kita harus lebih memperhatikan asupan makanan kita dan lebih banyak mengonsumsi.

Penyebab infeksi usus sendiri bermacam-macam seperti  virus ataupun sistem imun tubuh kita yang tidak dalam kondisi bagus. Parasit juga bisa menjadi pemicu timbulnya infeksi, di mana parasit akan mudah masuk ke dalam tubuh seseorang melalui air. Untuk menghindari terjadinya infeksi usus, kita bisa menghindari mengonsumsi makanan penyebab infeksi usus.

2. Kerusakan sel

Kerusakan sel lebih dikenal dengan iskemik di mana hal ini akan menyebabkan tidak ada darah yang mengalir ke daerah tubuh tertentu dan tentu saja membuat usus tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan sel sendiri biasa dialami oleh orang yang sudah lanjut usia atau memiliki riwayat penyakit tertentu seperti diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, ataupun penyakit jantung. Selain itu, orang yang mengalami permasalahan dengan darah seperti anemia atau atrial fibrilasi juga berisiko mengalami kerusakan sel di kemudian hari.

3. Alergi

Yup, pastinya bukan suatu hal yang asing lagi jika masalah pencernaan bisa disebabkan karena kita alergi terhadap makanan tertentu dan hal ini juga dapat menjadi penyebab usus menghitam. Alergi bukan saja hanya bisa menyerang kita yang sudah dewasa, namun juga anak-anak bahkan bayi sehingga kita harus lebih memperhatikan apakah anak memiliki alergi terhadap makanan tertentu atau tidak. Alergi yang anak alami biasanya berkaitan dengan susu atau kacang kedelai.

4. Mengonsumsi antibiotik

Antibiotik adalah salah satu jenis obat yang sering diberikan pada seseorang ketika mengalami penyakit tertentu yang dipercaya dapat meningkatkan sistem imun tubuh mereka juga. Namun sayangnya, pemberian antibiotik secara berlebihan atau dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan permasalahan yang lain seperti usus menghitam ini. Ketika kita merasa antibiotik yang kita konsumsi tidak cocok alias kondisi tubuh tidak kunjung membaik, sebaiknya kita mengganti obat antibiotik kita dengan antibiotik yang didesain untuk mengendalikan bakteri C.diff seperti dengan mengonsumsi metronidazole, vancomycin, ataupun fidaxomicin.

Nah itu tadi adalah beberapa penyebab usus menghitam yang bisa dialami oleh siapa saja. Oleh sebab itu lah, kita perlu memiliki pola hidup yang sehat seperti dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung antibiotik ataupun dengan rutin melakukan olahraga sebagai cara melancarkan pencernaan. So, apakah kalian sudah siap untuk hidup lebih sehat dari sebelumnya agar terhindar dari berbagai permasalahan pencernaan?

Sponsors Link
, , ,