Sponsors Link

4 Penyebab Usus Bengkak Yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Usus manusia terbagi menjadi 2 bagian, ada usus besar dan usus kecil. Jika salah satu usus tersebut mengalami infeksi, biasanya akan menjadi bengkak. Usus bengkak juga merupakan salah satu penyakit gangguan pencernaan yang menganggu fungsi usus. Usus bengkak biasanya terjadi karena adanya peradangan yang terjadi di bagian edema dilamia profia dan disertai dengan infiltrasi leukosit yang didominasi neutrofil dalam jumlah yang ringan. Namun, jika usus bengkak yang terjadi cukup kronis, maka infiltrasi sel yang meradang ini malah akan didominasi oleh sel plasma dan limfosit. Selain itu, terjadi juga penyebaran kripta yang melebar dan berisi leukosit dan sel dibris. Baca juga ( Cara Obati Asam Lambung yang Tinggi )

ads

Seperti telah di ulas di atas, bahwa penyebab dari usus bengkak bisa terjadi karena beberapa hal. Karena berkaitan dengan proses pencernaan, maka pola makan yang kurang baik juga bisa menjadi penyebab usus mengalami pembengkakan. Selain itu, di dalam usus juga terdapat bakteri khusus yang bisa membahayakan kesehatan usus dan menganggu sistem pencernaan. Sebelum usus kita menjadi terinfeksi dan mengalami pembengkakan, maka kita wajib mengetahui apa saja yang menjadi penyebab usus menjadi bengkak. Berikut ini beberapa penyebab dari usus bengkak secara umum:

  • Bakteri

Adanya bakteri dan virus yang menyebabkan peradangan pada usus kita. Di dalam usus, feses yang akan dikeluarkan itu mudah tercemar oleh kuman seperti Escheria Coli yang sering mengakibatkan infeksi dan peradangan pada usus manusia. (baca juga: Gejala Tipes)

  • Makanan Berbahan Kimia Berbahaya

Saat ini, makanan yang nyatanya dikonsumsi sebagian besar orang adalah makanan yang mengandung bahan kimia. Makanan jenis ini tentu kurang baik untuk kesehatan kita, khususnya untuk organ pencernaan. (baca juga: Cara Menghilangkan Mual karena Maag)

Artikel Terkait:

  • Faktor Keturunan

Ternyata penyebab usus bengkak juga bisa terjadi karena faktor keturunan. Beberapa kasus bahkan telah ditemukan, bahwa radang usus yang besar, hingga membuat bengkak ini terjadi karena riwayat keluarga atau faktor keturunanya juga pernah mengalami hal sama. (baca juga: Cara Mengatasi keracunan Makanan)

  • Kekebalan Tubuh

Kekebalan atau imun pada tubuh manusia itu sangat penting. Jika kita tidak memiliki system imunitas yang baik, kita akan mudah terserang berbagai penyakit, termasuk penyakit berbahaya dan mematikan seperti HIV AIDS misalnya. Kekebalan tubuh yang kurang maksimal juga bisa membuat usus kita mudah terserang bakteri dan mengalami pembengkakan. (baca juga: Penyebab Penyakit Gondok)

Gejala Usus Bengkak

Setelah mengetahui penyebab usus bengkak, kita juga harus mengetahui gejala usus bengkak tersebut. Sama hal nya dengan penyakit lainya, kita bisa mengenali gejalanya , agar bisa melakukan tindakan pertama yang dapat menghindarkan kita dari pembengkakan organ usus yang semakin parah. Sebelum kita bisa mendeteksi, apakah kita juga menderita sakit usus bengkak, maka ada baiknya kita melihat dan mengetahui seperti apa gejala usus bengkak tersebut. berikut uraiannya:

Sponsors Link

  1. Merasakan nyeri di bagian perut dan semakin nyeri terasa, ketika kita berjalan, batuk atau saat bergerak.
  2. Merasakan nyeri di bagian perut bagian kanan bawah sebab terlalu ditekan.
  3. Perut menjadi bengkak, tidak seperti sebelumnya.
  4. Merasa nyeri di perut, di sekitar pusar, lalu ke perut bagian bawah.
  5. Mengalami mual dan muntah.
  6. Mengalami sembelit dan diare.
  7. Berpengaruh pada nafsu makan.
  8. Feses berdarah atau berwarna hitam.
  9. Badan lemas.
  10. Menyebabkan kepala pusing. (baca juga: Fungsi Enzim Katalase)

Artikel Lainnya:

Cara Mengatasi Usus Bengkak

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi usus bengkak. Biasanya, orang akan memeriksakan gangguan pencernaan tersebut kepada ahli medis. Kemudian, dokter akan merekomendasikan obat medis yang bisa membantu untuk penyembuhan usus yang bengkak tersebut. Anda hanya perlu rutin mengkonsumsi obat tersebut, sesuai anjuran dokter. Beberapa metode dalam cara mulai atasi usus bengkak sebagai berikut:

Sponsors Link

  • Selain itu, kita juga bisa mencoba metode penyembuhan usus bengkak, dengan obat herbal. Obat herbal untuk mengatasi usus bengkak, sekarang ini banyak dijual secara online. (baca juga: Dampak Kelebihan Karbohidrat)
  • Obat herbal berfungsi seperti hal nya makanan, sehingga tidak menimbulkan efek samping apa-apa pada usus yang sedang bengkak tersebut. Pastikan obat herbal yang dipilih, sudah terdaftar di BPOM RI dan gunakan sesuai aturan pakai.
  • Kedua metode pengobatan tadi perlu dilakukan, agar mencegah kanker usus, baik pada usus besar maupun usus kecil yang tentunya lebih berbahaya bagi kesehatan.
  • Umumnya, sakit kanker usus ini akan ditandai dengan gejala BAB yang tidak tentu, feses yang berdarah, nyeri yang sangat di bagian perut, bahkan seperti ada benjolan jika kita meraba bagian perut. (baca juga: Akibat Kelebihan Protein)

Untuk penaganan kanker usus, sebaiknya dilakukan CT Scan dan juga Kolonoskopi di rumah sakit terkait. Untuk penanganan lebih lanjut, penderita kanker usus bisa dikenai kemoterapi, radiasi serta pembedahan. Sebaiknya ketahui penyebab usus bengkak sejak dini, jika merasa ada yang salah dengan pencernaan kita. dengan mengenali sebab dan gejalanya, kita bisa menjaga kesehatan usus kita dengan maksimal.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :