Sponsors Link

5 Penyebab Utama Polip Usus yang Sering Umumnya Terjadi

Sponsors Link

Polip usus memang sampai sekarang belum diketahui secara jelas dan pasti penyebabnya. Peneliti belum dapat menemukan penyebabnya tetapi, sudah banyak kesimpulan-kesimpulan berdasarkan ilmiah yang menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab dari timbulnya polip usus. Polip usus yang terjadi pada diri manusia dapat menjadi suatu sarana untuk mendatangkan penyakit lainnya yang lebih serius jika tidak ditangani dengan baik. Sebab polip usus yang terjadi secara menerus dapat menandakan bahwa sedang terjadi masalah terhadap pencernaan anda. (Baca juga : Cara Menyembuhkan Usus Lengket)

ads

Penyebab utama polip usus 

Pada artikel ini akan dibahas penyebab utama polip usus yang sering terjadi pada wanita. Mengapa wanita? Wanita memiliki peluang yang lebih besar untuk mengalami polip usus dibandingkan pria. Wanita lebih sering mengalami sakit di bagian pencernaan dibandingkan pria. Sebenarnya pria juga dapat mengalami polip usus tetapi, jika dibandingkan dengan wanita, masih sangat kecil kemungkinannya. Inilah 5 penyebab utama polip usus yang sering terjadi pada wanita yang akan dijelaskan secara lebih rinci.

  1. Perut sedang sensitif pada makanan

Perut yang sedang sensitif pada makanan membuat polip usus dapat terjadi. Saat itulah akan muncul rasa sakit perut yang berbeda dengan sakit perut saat anda mengalami maag. Perut yang sedang sensiitif pada makanan membuat usus dapat bekerja lebih cepat atau lebih lambat dari biasanya. Mengakibatkan diare sepanjang hari. Perut yang sedang sensitif juga dapat mengganggu organ pencernaan lain. (Baca juga: Cara Membersihkan Usus Kotor)

  1. Makanan yang dimakan dan minuman yang diminum

Makanan yang di makan dan minuman yang diminum dapat menimbulkan kram pada usus. Makanan yang terlalu pedas, terlalu asam, terlalu pahit dan terlalu asin dapat membuat timbulnya suatu gerakan di dalam usus. Sebab pada saat makanan tersebut masuk sedangkan usus tidak siap menerima makanan tersebut, maka yang terjadi adalah timbul kontraksi di dalam usus. Minuman yang mengandung kafein, alkohol atau soda dapat menimbulkan polip usus. Zat-zat tersebut bisa membuat suatu respon yang dapat membuat otot pada usus kontraksi. (Baca juga: Dampak Kelebihan Karbohidrat)

  1. Stres

Stres memiliki hubungan yang positif dengan terjadinya polip usus. Otak adalah pengontrol dari segala sistem di dalam tubuh manusia. Jika otak terganggu dengan adanya stres, maka yang terjadi adalah sistem-sistem dalam tubuh tidak dapat merespon dengan baik. Usus pun mengalami kontraksi karena hal ini. Stres memang sering terjadi pada wanita karena wanita yang mengandalkan perasaan selalu memikirkan segala sesuatunya dan membawanya sampai ke dalam hati dan pikirannya. Akibat dari suatu hal yang terlalu sering dipikirkan adalah stres.

  1. Serotonin yang sedang bermasalah

Menurut riset terbaru telah melaporkan bahwa serotonin yang sedang bermasalah juga dapat menyebabkan timbulnya polip usus. Serotonin adalah neurotransmitter yang ada di dalam tubuh, yang mengirim pesan dari satu bagian tubuh ke bagian lain. Sembilan puluh lima persen serotonin dalam tubuh Anda terletak di saluran pencernaan, dan 5 persen lainnya ditemukan di otak. Sel yang melapisi bagian dalam usus berfungsi sebagai transporter dan membawa serotonin keluar dari saluran pencernaan.

Orang yang sedang stres dapat membuat serotonin menjadi menipis. Serotonin yang menipis itulah yang bisa menyebabkan polip usus.  Saat terjadi polip usus, aktivitas reseptor sedang berkurang. Sehingga menyebabkan tingkat serotonin abnormal ada di saluran pencernaan. Akibat dari itu semua adalah anda dapat mengalami masalah dengan gerakan usus, motilitas, dan memiliki reseptor rasa sakit yang lebih sensitif di saluran pencernaan. (baca juga: Mie Instan Penyebab Usus Buntu)

  1. Adanya infeksi bakteri di saluran pencernaan
Sponsors Link

Riset menemukan bahwa penyebab utama polip usus yang sering terjadi pada wanita disebabkan oleh infeksi bakteri di saluran pencernaan. Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang pernah mengalami gastroenteritis kadang-kadang dapat memicu adanya polip usus. Riset juga menemukan penyakit celiac yang sangat ringan pada beberapa orang memiliki gejala yang mirip dengan polip usus. Orang dengan penyakit celiac tidak dapat mencerna gluten, zat yang ditemukan dalam gandum, rye, dan barley. Orang dengan penyakit celiac tidak dapat makan makanan ini tanpa menjadi rasa sakit karena sistem kekebalan tubuh mereka merespon dengan merusak usus kecil. Tes darah dapat menentukan apakah penyakit celiac dapat diderita atau tidak. (Baca juga :Makanan Penyebab Radang Usus)

Itulah penyebab utama polip usus yang sering terjadi pada wanita. Cara untuk menentukan apakah seseorang menderita polip usus atau tidak adalah dengan mendiagnosanya menggunakan peralatan canggih yang dimiliki pihak medis. Jika anda berpikir anda mengalami polip usus yang sudah akut, memeriksakannya ke dokter adalah langkah awal yang baik. polip usus dapat di diagnosis dengan catatan medis yang lengkap serta pemeriksaan fisik.

Tidak ada tes khusus untuk mendiagnosa polip usus, meskipun tes diagnostik dapat dilakukan untuk mengetahui apakah ada penyakit lain. Tes-tes ini mungkin berupa pengujian sampel tinja, tes darah, dan x-ray. Bisa juga dokter akan melakukan sigmoidoskopi atau kolonoskopi untuk memungkinkan dokter melihat ke dalam kolon. Ini dilakukan dengan memasukkan tabung kecil yang fleksibel dengan kamera di ujungnya melalui anus. Kamera kemudian mentransfer gambar kolon anda ke layar besar agar dokter dapat melihat lebih baik. Jika hasil tes dari semuanya negatif, dokter mungkin mendiagnosis polip usus berdasarkan ciri-ciri polip usus yang anda rasakan, termasuk seberapa sering anda mengalami sakit perut atau ketidaknyamanan selama setahun terakhir.

Sponsors Link
, , , ,