Sponsors Link

Penyebab Perut Buncit, Ketahui 10 Kebiasaan Buruknya

Sponsors Link

Masalah perut buncit merupakan masalah yang sangat mengganggu bagi pria maupun wanita terutama bagi mereka yang sangat memperhatikan penampilannya. Perut yang buncit dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Tak heran banyak diantar mereka yang sangat getol untuk mencari cara agar terlepas dari perut buncitnya tersebut. Selain mengganggu penampilan seseorang, dibalik perut buncit juga mengintai berbagai macam bahaya kesehatan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa penyakit stroke, diabetes, dan serangan jantung kebanyakan disebabkan oleh perut yang sudah sangat membuncit.

ads

Dalam istilah medis, perut buncit disebut juga sebagai obesitas perut. Penumpukkan adanya lemak di perut dalam jangka waktu tertentu adalah penyebab dari perut buncit. Lemak di perut terdiri dari lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan adalah lemak yang berada di bawah permukaan kulit. Biasanya lemak jenis ini terdapat pada bagian-bagian tubuh seperti bokong, pinggul, dan di bawah permukaan kulit perut. Tumpukkan lemak subkutan pada bagian perut lebih banyak dialami oleh para pria. Lemak subkutan yang terdapat di perut dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Sedangkan tumpukkan lemak pada bokong dan pinggul dialami oleh wanita. Penumpukkan lemak ini biasanya berlangsung hingga wanita tersebut mencapai menopause. Setelah wanita itu mengalami menopause lemak subkutan lebih banyak berkumpul di bagian perut.

Lemak viseral adalah lemak yang terdapat di antara organ-organ tubuh. Lemak jenis ini sangatlah berbahaya. Lemak viseral berada pada posisi yang dalam, mengikat dan mengelilingi organ dalam tubuh. Mereka yang memiliki perut buncit hampir dapat dipastikan bahwa mereka juga memiliki lemak viseral di dalam tubuhnya. Oleh karena itu para ahli menytakan seseorang yang memiliki lemak viseral di dalam tubuhnya akan berisiko untuk menderita penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, dan juga stroke. Kembali ke masalah perut buncit, untuk mengatasi perut buncit bukan sesuatu perkara yang mudah. Untuk itu terlebih dahulu mengenali berbagai macam penyebab terjadinya perut buncit. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan perut buncit antara lain yakni:

1. Kurangnya Aktivitas Fisik

Di antara banyaknya faktor penyebab perut buncit salah satu yang paling sering menjadi penyebabnya adalah kurangnya aktivitas fisik seperti berolahraga. Apabila seseorang kurang menjalani olahraga sehingga lemak banyak tertimbun karena pada bagian-bagian tertentu otot akan sangat jarang digunakan dan dilatih sehingga menyebabkan pembakaran lemak dan kalori sangat minim. Selain itu penumpukkan lemak pada perut akan menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti kembung pada perut, mual dan penyebab susah buang air besar. Hal tersebut tentu akan membuat perut semakin membuncit.

2. Porsi Makan yang Berlebihan

Kebiasaan makan dalam porsi yang banyak ini dapat terjadi terhadap pria maupun wanita. Makanan memiliki pengaruh yang besar terhadap perkembangan tubuh karena di dalam makanan terdapat berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk kandungan makanan yang baik untuk kesehatan kita ialah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat sehingga dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Namun segala sesuatu yang berlebihan memang tidaklah baik, termasuk dampak kelebihan karbohidrat, lemak dan kalori. Terlebih apabila makanan tersebut mengandung jumlah lemak dan kalori yang cukup tinggi.

3. Pola Makan Tidak Teratur

Pola makan yang tidak teratur ini akan berimbas pada terjadinya perut buncit. Dengan ketidak teraturan pola makan ini tubuh menjadi tidak dapat menentukan kapan waktu pencernaan berlangsung. Saat hal itu terjadi maka tubuh akan cenderung menyimpan lemak. Kebiasaan yang berlangsung secara terus menerus ini akan mengakibatkan timbunan lemak semakin lama semakin menumpuk dan pada akhirnya perut akan semakin membuncit.

4. Kebiasaan Mengemil dan Makan pada Larut Malam

Sponsors Link

Mengemil memang merupakan kebiasaan yang sering terjadi pada tiap orang. Terlebih pada malam hari sembari menghabiskan waktu istirahat ataupun sekedar menonton acara TV. Kebiasaan mengemil terlebih pada malam hari adalah kebiasaan yang buruk dan akan berakibat perut mambuncit. Hal ini karena ngemil merupakan kegiatan mengkonsumsi makanan ringan yang tidak akan memberikan efek kenyang dalam perut. Selain itu kebiasaan makan terlalu larut juga akan menyebabkan pencernaan berjalan tidak sempurna. Kebiasan tersebut tidak hanya beresiko bagi perut buncit saja tetapi hal itu dapat meningkatkan gejala radang lambung atau peningkatan asam lambung.  Ada baiknya makan malam dilakukan sebelum pukul 7 malam. Hal ini bertujuan agar tubuh masih memiliki cukup waktu untuk mencerna makanannya. Apabila dilakukan di atas waktu tersebut maka tubuh cenderung untuk menimbun makanan karena pencernaan berjalan kurang baik.

5. Tidur Setelah Makan

Mereka yang langsung tidur setelah makan akan meningkatkan risiko untuk memiliki perut yang buncit. Pada saat tidur pencernaan akan berlangsung lambat bahkan cenderung tidak sempurna. Akibatnya banyak lemak yang terdapat di dalam makanan menjadi tertimbun dalam tubuh karena tidak ada aktivitas yang dapat mengkonversi lemak tersebut menjadi sumber energi. Sebaiknya luangkan waktu 2-3 jam untuk perut mencerna makanannya sebelum tidur.

6. Duduk Terlalu Lama

ads

Hal ini biasanya dialami oleh para pekerja yang mengharuskan mereka untuk duduk dalam waktu yang lama di depan komputer. Orang yang bekerja duduk seharian ini akan menyulitkan untuk melakukan aktivitas yang lain. Kebiasaan ini juga dapat menimbulkan perut buncit. Selain itu kebiasaan duduk dalam waktu yang lama juga akan berisiko untuk terserang wasir untuk tahu bagaimana cara mengatasi susah bab.

7. Postur Tubuh yang Tidak Sesuai

Banyak juga penyebab perut buncit yang disebabkan karena postur tubuh yang tidak sesuai. Postur tubuh yang salah ini akan menyebabkan seseorang terlihat buncit walaupun sebenarnya orang tersebut tidak mengalami kelebihan berat badan. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang memiliki kebiasaan membungkuk pada saat duduk dan berdiri.

8. Kurang Tidur

Bagi orang dewasa, lamanya waktu tidur yang ideal adalah 7-8 jam tiap malam. Ketika lamanya tidur kurang dari waktu ideal tersebut maka kadar hormon kortisol dalam tubuh akan meningkat. Hormon kortisol adalah hormon stress yang akan membuat seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi untuk mendapatkan energi tambahan akibat dari kurangnya tidur. Porsi tidur yang cukup akan membantu seseorang untuk menyeimbangkan hormon kortisol dan meningkatkan produksi hormon leptin (hormon yang dapat mengontrol nafsu makan).

9. Konsumsi Alkohol

Alkohol mengandung gula dan kalori yang sangat banyak dan berlebihan bagi kebutuhan tubuh. Kelebihan gula dan kalori sama sekali tidak memberikan manfaat bagi tubuh. Malah hanya akan memberikan celah bagi banyak penyakit untuk datang menyerang.

10. Merokok

Merokok memang dapat menurunkan berat badan tubuh, namun merokok juga akan mengakibatkan perut membuncit. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa merokok dapat menyebabkan penurunan berat tubuh namun hal tersebut sebenarnya hanya akan mendorong lemak menuju daerah inti tubuh sehingga menyebabkan perut semakin membesar.

Cara Mengurangi Perut Buncit

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan perut membuncit. Setelah mengetahui apa-apa saja yang dapat menyebabkan perut membuncit maka di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuang jauh-jauh perut buncit. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Dengan Melakukan Olahraga

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kurangnya aktivitas fisik akan menyebabkan pembakaran lemak menjadi kurang maksimal. Untuk itu lakukanlah olahraga secara teratur guna menjaga perut tetap ideal. Olahraga yang dilakukan bukanlah jenis olahraga yang berat dan mahal, bahkan cenderung praktis dan dapat dilakukakn kapan saja. Aktivitas fisik yang dapat dilakukan antara lain adalah cardio. Cardio adalah aktivitas yang menyertakan hampir seluruh anggota tubuh. Cardio dapat dilakukan dengan berlari, berenang, bersepeda dan lain-lain. Dengan melakukan cardio hampir seluruh otot di tubuh akan bergerak dan akan membakar lemak-lemak yang menimbun di dalamnya.

Sponsors Link

Selain cardio ada pula yoga yang dapat mengecilkan perut buncit. Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pernapasan, kekuatan dan juga kelenturan tubuh. Yoga dipercaya dapat menghilangkan kandungan gas di dalam perut, selain itu yoga juga dapat melancarkan pencernaan dan menghilangkan lipatan pada perut. Yoga akan membuat seseorang rileks dan nyaman. Kondisi seperti ini akan memcau tubuh untuk mengeluarkan hormon yang dapat membuat pembakaran lemak menjadi lebih intens dan efektif. Setelah cardio dan yoga, mereka yang mengalami perut buncit juga dapat melakukan sit-up dan push-up. Inilah aktivitas yang paling mudah dan murah yang dapat dilakukan bagi mereka yang ingin memiliki perut ideal. Lakukan sit-up dan push-up secara rutin dan dengan intensitas yang terus bertambah tiap harinya. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan lemak diperut karena kegiatan ini akan terpusat pada bagian otot-otot perut. Selain menghilangkan lemak, sit-up dan push-up juga dapat mengontrol nafsu makan.

2. Dengan Mengkonsumsi Makanan dan Minuman Tertentu

Selain dengan melakukan aktivitas fisik, mereka yang memiliki penyebab perut buncit juga dapat mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu agar hasil yang dicapai menjadi lebih ideal. Terlebih bagi mereka yang memiliki kesibukan yang padat sehingga kurang ada waktu untuk berolahraga. Perut buncit juga tidak hanya terjadi pada orang dewasa tetapi anak-anak pun rentan mengalami buncit jika pola makan nya tidak terkontrol, maka dari itu berikan lah makanan bergizi untuk anak dan makanan yang mudah di cerna sehingga buah hati dapat terhindar dari perut buncit.

Salah satu cara mengecilkan perut buncit adalah dengan mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau telah lama dikenal sebagai penurun berat badan yang alami. Teh hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk lemak. Sehingga teh hijau akan membantu untuk meluruhkan lemak yang terdapat di dalam tubuh. Konsumsi secara teratur sesaat sebelum makan besar agar prosesnya lebih optimal.
Selain teh hijau ada juga jahe dan madu yang dapat membantu mengecilkan perut buncit. Madu mengandung fruktosa yakni gula alami yang juga berguna untuk membakar lemak dalam tubuh. Sedangkan jahe akan membantu untuk mengontrol nafsu makan sehingga akan mengurangi asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah beberapa ulasan dari artikel tentang perut buncit, konsumsi berbagai makanan tersebut juga harus dibarengi dengan pola makan yang teratur. Sebaiknya jangan makan terlalu malam karena akan menghambat proses pencernaan. Jangan pula tidur sesaat setelah makan. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang cukup agar tubuh tetap memiliki asupan nutrisi vitamin dan mineral dari buah dan sayur serta kurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :