Sponsors Link

5 Penyebab Nafsu Makan Berlebihan yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Makan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap orang. Orang akan makan ketika dirinya telah merasakan lapar. Akan tetapi ada sebagian orang yang tidak pernah merasa kenyang hal tersebut mengakibatkan dirinya tak ada hentinya makan. Nafsu makan yang berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan selain dapat meningkatkan berat badan dapat juga mengganggu kesehatan pencernaan tubuh. Anda juga wajib mengetahui bahaya makan berlebihan.

ads

Penyebab Nafsu Makan Berlebihan

Banyak orang bertanya-tanya apa yang menjadi penyebab nafsu makan berlebihan. Beberapa orang berpendapat penyebabnya yaitu dikarenakan kebiasaan, selesai melakukan olahraga berat, pengaruh hormon, dll. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 penyebab nafsu makan berlebihan yang wajib Anda ketahui. Simak pembahasannya dibawah ini!

1. Pengaruh obat

Penyebab nafsu makan berlebihan yang pertama yaitu dipengaruh oleh obat. Beberapa jenis obat antibiotik, obat peradangan, obat alergi, obat diare disertai maag, dll dapat menyebabkan nafsu makan menjadi meningkat. Pada umumnya obat medis dapat mengandung steroid ringan sehingga dapat memicu seseorang menjadi lebih sering lapar. Untuk cara mengatasi cepat lapar maka Anda dapat mengunyah permen karet agar nafsu makan berlebihan Anda dapat teratasi.

2. Udara yang dingin

Banyak orang tidak menyadari bahwa faktor cuaca dapat menjadi penyebab nafsu makan berlebihan. Pada saat udara dingin agar suhu tubuh tetap hangat maka tubuh akan membakar energi lebih banyak dari biasanya. Pada saat pembakaran energi tersebut maka perut sering lapar dan kembung. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa pergantian cuaca dapat menyebabkan perubahan pada pola makan seseorang. Orang akan cenderung makan lebih banyak ketika udara dingin.

3. Kurangnya asupan protein

Jika Anda telah mengkonsumsi banyak makanan akan tetapi tetap merasa lapar, maka Anda perlu mengontrol jenis makan apa saja yang dikonsumsi. Kurangnya asupan protein dapat menjadi pemicu nafsu makan berlebihan. Asupan protein sangat dibutuhkan oleh tubuh, sehingga ketika seseorang kekurangan asupan protein maka dirinya tidak akan pernah merasa kenyang. Bahkan orang tersebut akan cenderung merasa lapar yang tak ada hentinya. Untuk itu konsumsilah jenis makanan yang mengandung banyak serat, dengan begitu maka Anda tidak akan mudah lapar.

4. Konsumsi gula yang berlebihan

Penyebab yang keempat yaitu mengkonsumsi gula yang berlebihan. Jika Anda mengkonsumsi banyak gula maka hal tersebut dapat menyebabkan Anda menjadi sering merasa lapar. Insulin dalam tubuh akan cepat naik ketika kadar gula dalam tubuh tinggi. Kadar gula juga dapat berubah menjadi turun secara cepat. Pada saat kadar gula kembali turun maka rasa lapar akan kembali dirasakan tubuh. Hal tersebut akan terus berulang, untuk itu kurangi mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi dan coba banyak konsumsi buah. Ada banyak sekali efek makan buah di pagi hari yang bagus untuk kesehatan Anda.

5. Kebiasaan buruk

Pada umumnya nafsu makan yang berlebihan disebabkan oleh berbagai kebiasaan buruk. Beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu nafsu makan berlebihan diantaranya yaitu kurangnya tidur dan stress. Selain itu banyak orang ketika emosi meluapkan amarahnya dengan mengkonsumsi banyak makanan. Keadaan lingkungan juga dapat mempengaruhi nafsu makan seseorang, jika teman-teman di lingkungan Anda mempunyai kebiasaan makan yang berlebihan maka secara perlahan Anda juga akan terbawa dan mengikuti kebiasaan tersebut. Cobalah konsumsi buah naga dan rasakan efek buah naga untuk lambung.

Nah itulah 5 penyebab nafsu makan berlebihan. Jika Anda merupakan salah satu orang yang sering merasa lapar maka cobalah untuk mengkonsumsi lebih banyak protein. Mengkonsumsi banyak asupan protein dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga nafsu makanpun dapat terkontrol. Jangan sampai nafsu makan berlebihan menyebabkan berat badan naik dan juga menyebabkan gangguan pencernaan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,