Sponsors Link

Perhatikan! 7 Penyebab Mudah Lapar dan Lemas Ini Harus Diwaspadai!

Sponsors Link

Pernahkah mengalami perut terasa lapar setelah makan, padahal baru satu jam sebelumnya sudah makan dan kenyang? kok bisa ya ? Biasanya, untuk mengatasi hal tersebut, tidak sedikit yang memilih untuk menganjal dengan camilan atau bahkan memutuskan untuk makan lagi. Pada beberapa kasus, hal semacam ini dialami oleh beberapa orang, keadaan mudah lapar dan lemas tentunya sangat mengganggu, apa lagi bagi pekerja yang membutuhkan energi maksimal.

ads

Posisi idealnya, perut manusia akan merasakan lapar kurang lebih lima atau enam jam pasca melakukan makan besar terakhir. Pada rentang waktu tersebut, makanan sudah dicerna dan zat gizi pun telah berhasil diserap tubuh setelah mengalami proses panjang metabolisme oleh hormon. Akan tetapi, terdapat beberapa orang yang mudah sekali merasakan lapar dan biasanya sering merasakan lemas serta tak bersemangat.

Penyebab Mudah Lapar dan Lemas

Terdapat berbagai macam penyebab mudah lapar dan lemas, faktor utama yang biasanya membuat seseorang merasakan cepat lapar ialah berkurangnya kandungan gula, termasuk juga karbohidrat. Pada proses metabolisme tubuh, karbohidrat dan gula digunakan untuk sumber energi. Pada proses tersebut, gula dan karbohidrat diserap dengan cepat, sehingga keduanya cepat sekali habis.

Pada saat kebutuhan gula dan karbohidrat dalam tubuh sudah terpenuhi, maka badan akan memberikan sinyal kepada otak lalu memberikan sinyal berupa sensasi kenyang. Setelah itu, gula dan juga karbohidrat diolah menjadi energi. Namun, jika asupan gula atau karbohidrat kurang, energi yang dihasilkan pun jumlahnya minim, dengan begitu akan mudah habis, tubuh pun akan mudah merasa lapar. Berikut merupakan cara mengatasi cepat lapar. Selain hal tersebut, terdapat faktor atau penyebab lain mudah lapar, berikut merupakan daftarnya, diantaranya :

  1. Kurang Tidur

Bila mengalami keadaan masih lapar padahal sudah makan, bisa saja disebabkan karena tubuh sedang mengalami kelelahan. Pasalnya, pada saat tubuh dalam keadaan lelah, badan akan mengalami kekurangan energi dan leptin (suatu hormon dalam tubuh yang bertugas mengontrol nafsu makan). Pada saat kekurangan tidur, sebenarnya tubuh sudah cukup tenang, akan tetapi pikiran tak pernah kenyang dan sering lapar sering muncul. Maka sebab itu, pikiran yang belum memerintahkan untuk berhenti makan tersebut menjadikan kita akan terus mencari makanan hingga menjadikan kenyang, akan tetapi hal tersebut tak memberikan dampak kenyang sebab perut terasa lapar.

  1. Dehidrasi atau Kekurangan Air

Bagi sebagian orang, terkadang kesulitan dalam menafsirkan apa yang sedang dibutuhkan tubuh. Khususnya bagi orang-orang yang tak terlalu menyukai minum air putih. Kesulitan ini, terjadi bila tubuh sendang haus atau kekurangan cairan, akan tetapi diartikan sebagai keadaan “masih lapar”. Hal tersebut biasanya akan ditindaklanjuti dengan cara langsung makan, makan dan terus makan hingga perut terasa kenyang. Maka itu, bila merasa lapar padahal sudah makan, bisa jadi tubuh sedang kekurangan cairan (air) atau dehidrasi.

  1. Efek Samping Dari Obat Tertentu

Terdapat beberapa jenis obat yang bila dikonsumsi mempunyai efek samping menjadikan mudah lapar dan lemas. Obat yang dimaksud akan memicu tubuh merasakan sensasi cepat lapar, obat-obatan yang dimaksud antara lain :

  • Obat antibiotik.
  • Obat jerawat.
  • Obat flu.
  • Dan jenis-jenis obat lainnya.

Beberapa ahli menyarankan, agar tak berdampak efek samping dari beberapa obat yang bisa menyebabkan mudah lapar yaitu dengan mengunyah permen karet atau mengosok gigi setelah selesai minum obat, hal tersebut diharapkan mencegah dari makan berlebihan karena timbul “pikiran” masih lapar dan menghindari sensasi lapar terus menerus.

Sponsors Link

  1. Setelah Berolahraga

Keadaan mudah lapar umumnya juga mudah timbul pasca melakukan aktivitas berolahraga dengan intensitas cukup tinggi. Hal tersebut sangat wajar, sebab pada saat melakukan aktivitas olahraga cukup keras kalori yang dibakar pun tinggi. Kendati begitu, seperti yang disarankan oleh para pelatih fisik, usahakan untuk tidak langsung makan setelah latihan, meskipun tubuh merasa sangat lapar. Bila hendak makan, setidaknya lakukan 2 jam setelah proses latihan berakhir, dan tetap memperhatikan menu makanan.

  1. Terlalu Kebanyakan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Bagi para penikmat alkohol, bila sering merasakan tubuh mudah lapar bisa jadi kebiasaan tersebut yang menjadikan perasaan lapar itu muncul. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi atau kekurangan cairan, dehidrasi sendiri sesuai penjelasan sebelumnya dapat menyebabkan rasa lapar.

  1. Stres

Penyebab mudah lapar berikutnya adalah stres, akan tetapi tidak semua orang dalam keadaan stres merasakan lapar yang cepat. Namun, tak sedikit juga yang mengakui bila sedang mengalami stres, perasaan ingin makan lebih sering muncul dan kemudian memutuskan untuk makan terus menerus. Hal tersebut juga dijadikan sebagai salah satu cara untuk melampiaskan kekesalan atau tekanan dalam diri mereka.

  1. Menghindari Sayur dan Buah

Tak sedikit ahli gizi yang bersepakat bila kita diwajibkan untuk mengkonsumsi paling sedikit lima porsi sayuran dan buah yang bervariasi setiap harinya. Selain kaya akan vitamin dan mineral, sayuran serta buah juga mempunyai banyak kandungan serta yang mampu membuat tubuh kenyang lebih lama. Tak heran bila orang yang memiliki kebiasaan makan sayuran dan buah lebih memiliki kemampuan dalam mengendalikan nafsu makan dari pada orang yang tidak suka.

Penjelasan diatas merupakan beberapa penyebab tubuh mudah lapar dan lemas, memang jika lapar melanda tak jarang tubuh pun ikut lemas. Namun, bila faktor diatas bukan menjadi penyebab cepat lapar ada baiknya berkonsultasi dengan doktor untuk mengetahui pasti penyebabnya pastinya. Tambah wawasan anda dengan mengetahui penderita maag sering lapar, akibat kekurangan gizi, efek makan tidak dikunyah, dan cara mengunyah makanan yang benar.

Sponsors Link
, , , ,