Sponsors Link

11 Penyebab Kurang Gizi yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Gizi merupakan bagian yang penting dalam setiap tubuh seseorang, tubuh anda akan merasa segar dan juga terasa sehat dalam melakukan bermacam – macam aktifitas bila di damping dengan adanya asupan gizi yang baik di dalamnya. Gizi pada umum nya harus di miliki oleh setiap orang baik dalam usia anak-anak maupun usia dewasa.

ads

Hal tersebut dikarenakan gizi sangat berpengaruh untuk membantu dalam hal system pertumbuhan dan juga perkembangan pada otak, nah maka dari itu anda harus memahami tentang kebutuhan gizi yang harus di penuhi agar tidak mengalami atau terjadinya kurang gizi atau biasa di sebut dengan gizi buruk.

Lalu apa sebenarnya gizi buruk itu?

Gizi buruk merupakan dimana kondisi tubuh mengalami kekurangan gizi dalam waktu yang lama bahkan dari tahun ketahun. Hal ini pada umumnya sering terjadi pada anak – anak, gizi buruk yang terjadi biasanya di sebabkan oleh kurangnya asupan makanan yang mengandung gizi yang seimbang. Selain itu juga bias di sebatkan oleh penyakit – penyakit tertebty yang juga dapat menyebabkan terganggunya system pencernaan makanan dan penyerapan zat gizi yang sangat penting dan sangat di perlukan oleh tubuh. (baca dan ketahui juga tentang ciri ciri usus luka)

Beberapa Faktor dan Penyebab Terjadinya Gizi Buruk :

1. Dikarenakan Kurangnya Energi Dari Protein (Ringan)

Ada seorang ahli gizi pada rumah sakit khusus untuk anak , yang menyatakan bahwa ada hal pertama yang merupakan ciri – ciri anak kurang gizi atau gizi buruk yaitu kurangya energy protein ringan. Untuk ciri-ciri ini belum terlihat atau belum Nampak jelas gejalanya akan tetapi dapat menjadi tanda awalnya gizi buruk atau kurang gizi. Biasanya berat badan akan menurun atau 80% saja dari batas ukuran normal.

2. Dikarenakan Kurangnya Energi Dari Protein (Sedang)

Yang kedua adalah kurangnya energy dari protein (Sedang) akibat kekurangan karbohidrat. Nah Untuk tahapan satu ini berat badan seseorang yang sedang mengalami gizi buru atau kurang gizi akan mengalami penurunan kembali hingga mencapai  70% dari berat badan normalnya semula. Lalu tanda lainya juga akan mucul seperti wajah si penderita yang menjadi pucat bahkan hingga warna rambut si penderita dapat menjadi berubah sedikit merah atau kemerah-merahan.

3. Dikarenakan Kurangnya Energi Dari Protein (Berat)

Nah untuk tahap ini biasanya disebut sebagai tahap akan kurangnya energy dari protein berat. Pada bagian yang ini mempunyai tanda yang di bagi menjadi 2 bagian, untuk yang pertama adalah tingkat kurang sekali atau juga biasa di sebut dengan marasmus. Untuk tingkatan yang satu ini berat badan akan menurun dan hanya menjadi 60% saja dari berat badan normalnya. Untuk bagian kedua biasanya di sebut dengan kwashiorkor.

4. Faktor Usia

Faktor usia, kenapa factor usia? Biasanya penyebab ini terjadi oleh anak-anak, dikarenakan usianya yang terlalu dekat antara kakak dan juga dengan adik. Sehingga ada kemungkinan perhatian seorang ibu untuk seorang kakak dan adik akan teralihkan dan menjadi sedikit tidak seimbang.

Biasanya hal ini akan menyebabkan anak yang berperan menjadi kakak akan lebih cenderung jarang di urusin atau tidak seperhatian seperti utuk adiknya. Makanan pun kadang juga jarang di perhatikan hingga pada akhirknya si kakak dapat mengalami kurang nya gizi atau gizi buruk. Untuk bayi yang termasuk konsumen pasif, dimana tidak dapat mengerus dirinya sendiri pribadi da belum dapat menjaga pola makan nya sendiri.

Sponsors Link

5. Infeksi dan Penyakit Tertentu

Infeksi dan jenis penyakit tertentu juga dapat membuat seorang anak – anak atau orang dewasa mengalami kurang gizi atau gizi buruk. Maka dengan itu rajinlah makan makanan yang menyehatkan dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh.

Jika ada gejala yang dirasa aneh maka segeralah konsultasi kan ke ahli atau kedokter agar segera mendapat kejalasan dan langkah – langkah atau cara untuk menangani gejala tersebut, jangan tunggu hingga sudah memasuki gejala berat agar tidak menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya. Baca dan ketahui juga tentang  penyebab kanker usus buntu.

6. Kondisi Lingkungan

Perhatikan kondisi lingkungan sekitar, apakah sudah bersih atau kotor. Karna faktor lingkungan juga dapat mempengaruhi suatu kesehatan tubuh kita dan juga dapat menyebabkan terjadinya kekurangan gizi ataupun gizi buruk.

7. Memberikan Kalori Yang Tinggi (Karbohidrat)

Ketika penderita sudah mengalami kurang gizi atau gizi buruk maka anda harus segera memberikan kalori yang sangat tinggi bisa dalam bentuk karbohidrat,gula dan juga lemak. Akan tetapi juga protein bisa di berikan ketika kebutuhan kalori di rasa sudah mencukupi dan memenuhi kondisi tubuh anda. Anda juga dapat memberikan suplemen mineral ataupun vitamin.

ads

Perlu di ingat semua itu butuh resep dokter agar mendapat hasil yang maksimal dan tidak salah dalam mengkonsumsi sebuah suplemen atau pun obat. Maka dariitu anda harus berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli gizi atau dokter agar mendapatkan caara menangani dan obat – obat an yang dapat menyembuh kan si penderita kekurangan gizi atau gizi buruk tersebut.

8. Faktor Ekonomi

Untuk factor yang satu ini bermula dari suatu keadaan social dan juga ekonomi dari keluarga orang yang terkena gizi buruk atau kekurangan gizi. Faktor yang satu sangat sering kali terjadi dan juga sangat mempengaruhi gizi pada anak di karenakan terkadan anak juga mengalami jarang makan dan jika makan juga tidak mencukupi kebutuhan tubuh dari nutrisi, gizi, dll. Nah maka dari itu hal tersebut akan membuat anak menjadi kurang gizi ataupun gizi buruk. Gizi burk juga dapat di derita oleh seseorang dikarenakan oleh suatu penyakit bawaan atau turunan.

9. Karena Infeksi Diare

Penyakit pada pencernaan seprerti infeksi diare juga dapat menyebabkan gejala kurangnya gizi atau gizi buruk. Hal ini ditimbulkan dikarenakan buruknya penyerapan pada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh seseorang  dengan secara susah payah atau dengan cara yang susah. Dapat di perparah dengan gejala mual ataupun muntah dan juga dapat mengarah ke dehidrasi.

Maka dari itu hal ini sangat berbahaya untuk si penderita, sebaiknya si penderita sebisa mungkin untuk banyak meminum air putih agar terhidan dari dehidrasi dan juga beri asupan cair yang memadai. Untuk gejala lebih lanjut sebaiknya tanyakan ke dokter ahli agar mendapatkan penanganan secara khusus dan di beri cara serta langkah nya untuk mengatasi gejala kurang gizi atau gizi buruk tersebut. Baca dan ketahu juga tentang penyebab kanker usus buntu.

10. Dikarenakan Oleh Kanker Kolon

Penyaakit yang satu ini pada umum nya menyerang system pencernaan lebih teapat nya pada bagian usus, yang dimana jika dibiarkan secara terus menerus tanpa penanganan yang benar, secara tidak langsung penyerapan nutrisi pada tubuh kita pun juga akan menjadi terhambat.

Seberapa banyakpun takaran yang sedang kita makan akan tetap saja tubuh tidak akan menyerap nutrisi secara maksimal atau menyerapnya denga cara yang susah, dan pada akhirnya justru malah dapat berakhir kepada pasien yang akan mengalami gejala kurang gizi atau gizi buruk. Untuk lebih lanjut nya anda dapat menanyakan kedokter terdekat dan  mengkonsultasikan setiap gejala nya agar mendapat penanganan yang khsusu dan benar.

11. Berkurangnya Kekebalan Dalam Tubuh

Pada umumnya kebanyakan penderita gizi buruk atau kekurangan gizi juga terjadi di karenakan berkurangya kekebalan dalam tubuh kita. Dengan berkurangya kekebalan dalam tubuh ini dapat menyebabkan semakin mudah nya tubuh kita terkena berbagai jenis dan infeksi. Salah satunya adalah gangguan organ dalam mulai dari penyakit pada lambung dan juga hingga pada organ paru – paru dan masih banyak lagi masalah yang dapat mengancam kesehatan anda.

Sponsors Link

Jaga kondisi tubuh anda dan konsumsi makanan yang dapat mencukupi kebutuhan tubuh anda sesuai kan dengan tngkat aktifitas dan gerak anda agar tidak terjadi berkurangya kekebalan dalam tubuh kita yang dapat menimbulkan kurangnya gizi atau gizi buruk dan. Baca juga tentang Cara mencegah kanker usus

Nah itu merupakan beberapa penyebab umum atau faktor-faktor yang dapat menyebabkanya seseorang terkena gizi buruk ataupun kekurangan gizi baik untuk anak – anak ataupun untuk orang dewasa. Semoga dengan adanya artikel ini banyak orang dapat terhindar dari gizi buruk dan kekurangan gizi.

Jika anda mengalami gizi buruk atau kekurangan gizi maka segeralah anda ke dokter ahli gizi atau kerumah sakit terdekat agar mendapat penganganan yang khusus dan dapat membantu anda untuk mengatasi gejala kekurangan gizi atau gizi buruk  yang anda alami.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi ataupun gizi di dalam nya dan juga perhatikan kebutuhan tubuh anda agar tidak kurang. Sesuaikan dengan tingkat aktifitas anda atau tingkat gerak anda agar kebutuhan tubuh anda tercukupi dan pas dan juga agar anda terhindar dari lesu, mudah kecapekan hingga terhindar dari gejala kurangya gizi atau gizi buruk yang sering dialami oleh seseorang. Baca dan ketahui juga tentang bab lembek terus-menerus

Sponsors Link
, ,