Sponsors Link

Hindari 15 Penyebab Kentut Berbau Busuk Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Flatus atau yang biasa dikenal kentut adalah peristiwa keluarnya gas yang mengandung zat-zat yang tidak dibutuhkan tubuh, baik hasil ekskresi tubuh maupun bakteri yang ada dalam tubuh, melalui anus. Terkadang gas yang keluar tersebut tidak berbau dan bersuara namun seringkali terjadi sebaliknya dan, pada situasi-situasi tertentu, membuat suasana menjadi canggung. Tapi pernahkah anda berpikir, kenapa kentut anda atau orang lain berbau tidak sedap atau bahkan busuk? Berikut ini adalah penyebab-penyebab kentut berbau busuk:

ads

1. Karbohidrat yang Tidak Dicerna dengan Sempurna

Karbohidrat adalah makanan pokok dan wajib bagi sebagian besar masyarakat manusia. Hal tersebut ditunjukkan banyaknya orang yang mengkonsumsi karbohidrat, sebagai contoh: nasi, kentang, jagung, sagu dan sebagainya. Dalam mencerna karbohidrat, apabila tidak dilakukan dengan sempurna, zat gizi tersebut dapat menempel pada dinding usus dan berfermentasi. Salah satu sebab utama kentut berbau busuk.

2. Konsumsi Makanan Berbau Tidak Sedap

Ada orang yang mengatakan “apa yang kau konsumsi, itulah yang kau keluarkan”. Dalam hal ini, perkataan tersebut tidak sepenuhnya salah. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang memiliki bau yang tidak sedap, bagi sebagian besar orang, akan menyebabkan gas yang dikeluarkan dari tubuh juga tidak sedap.

3. Alkohol

Jenis – jenis alkohol seperti anggur / wine dan beberapa jenis bir cenderung mengandung bahan kimia yang apabila dikonsumsi akan menyebabkan kentut berbau busuk seperti telur busuk. Bahan kimia tersebut adalah Hydrogen Sulfide (H2S). H2S, yang terkandung dalam jenis-jenis alkohol tersebut, terbentuk pada proses pembuatannya (brewing).

4. Kurangnya Konsumsi Air

Air adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang sering disepelekan bagi anda yang memiliki persediaan air berlebih. Bersyukurlah anda apabila memiliki persediaan air yang berlebih sebab dengan meminum air secukupnya atau bahkan melebihi jumlah yang direkomendasikan, karena air akan melarutkan zat-zat berbahaya pada dan yang tidak dibutuhkan tubuh saat keluar dari tubuh.

5. Menderita Diare

Diare adalah penyakit tidak membusuknya sisa-sisa pencernaan di usus besar yang disebabkan bakteri, virus atau jenis parasit lainnya yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya terasa menyakitkan, efek samping dari diare adalah gas yang keluar dari dalam tubuh akan berbau tidak sedap layaknya bau tinja. Namun apabila anda mengalami diare persisten atau terus menerus, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter terdekat.

6. Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat umumnya merupakan makanan wajib mereka yang sedang berdiet karena lebih lama untuk dicerna sehingga konsumen makanan tersebut akan merasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Tapi ada efek samping dari hal tersebut. Efek sampingnya adalah makanan yang lebih sulit dicerna tersebut memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk berfermentasi sembari menunggu gilirannya dicerna. Fermentasi adalah tiket masuk menuju kentut yang berbau tidak sedap. Sehingga penting bagi anda untuk mengetahui macam-macam makanan yang mengandung banyak serat.

7. BAB yang Tidak Lancar dan Rutin

Sponsors Link

Sisa-sisa pencernaan yang menumpuk pada usus besar dan tidak kunjung dikeluarkan juga menyebabkan keluarnya gas yang tidak sedap. Hal tersebut sudah dapat diperkirakan akan terjadi mengingat bahwa salah satu jalur keluarnya gas tersebut adalah melewati usus besar dan isi-isinya. Apabila anda tidak kunjung BAB untuk waktu yang lama, berhati-hatilah terhadap bahaya tidak BAB seminggu atau bahkan lebih lama.

8. Kacang-kacangan

Salah satu penyebab kentut berbau busuk adalah konsumsi kacang-kacangan yang kaya Raffinose Family Oligosaccharides (RFOs). RFOs adalah salah satu jenis gula yang menyebabkan diproduksinya gas-gas berbau tidak sedap setelah dikonsumsi dan dicerna dalam tubuh. Meskipun menyebabkan bau busuk pada kentut, kacang-kacangan adalah makanan yang kaya zat gizi dan sangat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi.

9. Minuman Bersoda

Semua minuman bersoda yang masuk ke dalam tubuh kita dan bereaksi dengan makanan-makanan lain beserta dengan zat-zat yang terkandung di dalamnya, akan secara natural menghasilkan gas. Gas-gas tersebut pada umumnya berbau tidak sedap dan bau tersebut tidak berubah saat dikeluarkan dari tubuh setelah melalui proses pencernaan. Dengan mengetahui hal tersebut, mungkin anda akan lebih bijak memilih minuman untuk dikonsumsi untuk menghindari terciptanya situasi-situasi canggung yang tidak diinginkan.

ads

10. Kecenderungan Konsumsi Porsi Besar dalam Waktu Singkat

Waktu makan siang yang begitu singkat seringkali membuat anda tidak bisa menikmati makanan anda. “Yang penting makan dan kenyang!”, adalah pikiran sebagian besar pekerja dan pelajar dalam menghabiskan waktu makan siang atau istirahat yang disediakan. Mereka tidak menyadari bahwa terdapat kejadian kecil memalukan yang dapat terjadi akibat pemikiran tersebut. Tubuh yang dipaksa untuk bekerja lebih keras dan dengan cepat dalam mencerna makanan yang masuk dalam jumlah besar dan waktu singkat akan lelah dan tidak dapat melakukan tugasnya dengan sempurna sehingga pencernaan tidak berjalan lancar dan terdapat makanan yang tidak dapat diserap lalu berfermentasi. Lampu merah bagi gas yang keluar nantinya.

11. Banyaknya Protein yang Masuk

Protein adalah salah satu zat gizi yang membutuhkan kerja keras dari tubuh untuk dicerna. Kerja keras ekstra yang dibutuhkan adalah produksi asam lambung yang lebih banyak. Apabila lambung dalam keadaan yang terlalu basa atau tidak cukup asam untuk dapat mencerna protein, maka zat gizi tersebut terpaksa tidak dapat diserap tubuh dan, kemungkinan besar, akan memulai proses fermentasi sembari menempel pada dinding usus. Proses yang menghasilkan gas dengan bau busuk yang akan dikeluarkan tubuh. Akibat kelebihan protein tidak semuanya dan selamanya berdampak positif pada kesehatan seseorang.

12. Kadar Gula yang Tinggi

Manis adalah rasa yang favorit dan dicintai kebanyakan orang di dunia dan gula merupakan sumbernya yang paling terkenal. Terdapat banyak jenis gula namun hanya beberapa yang membuat kentut berbau tidak sedap. Sorbitol dan xylitol adalah dua diantaranya. Mengapa? Jawabannya terletak pada ketidakmampuan tubuh untuk menyerap secara sempurna kedua jenis gula tersebut sehingga sisa-sisa zat tersebut akan mengikuti jalur pencernaan menuju usus besar. Pada lokasi tersebutlah Sorbitol dan xylitol akan berperan penting dalam membuat gas yang keluar berbau tidak sedap.

13. Dikonsumsinya Obat-obatan Tertentu

Obat, vitamin dan suplemen dapat berkontribusi pula sebagai penyebab kentut berbau busuk. Meskipun jarang terjadi, terdapat beberapa jenis obat yang diberikan kepada orang-orang tertentu yang kemudian menyebabkan gas yang dikeluarkan oleh tubuh berbau busuk. Sebagai contoh, salah satu obat bagi penderita diabetes berperan mengurangi kecepatan tubuh untuk menyerap karbohidrat. Seperti yang telah anda baca pada poin pertama artikel ini, hal tersebut sangatlah tidak membantu dalam mencegah kentut yang tidak berbau busuk.

14. Infeksi & Penyakit Lainnya

Kentut yang berbau busuk pada umumnya bukanlah gejala utama terkena penyakit atau infeksi tertentu. Namun kentut berbau busuk yang didampingi dengan rasa sakit atau gejala-gejala lain yang tidak biasanya terjadi pada tubuh patut untuk diperhatikan. Beberapa penyakit memang memasukkan jenis flatus tertentu sebagai ciri-ciri atau gejala-gejalanya, seperti ciri-ciri perut kembung, dan bahkan berbagai macam infeksi pada organ-organ pencernaan. Periksakanlah diri ke dokter apabila anda mengalami hal ini.

15. Kanker Usus

Kanker usus adalah penyebab terakhir yang akan muncul di benak anda saat mempertanyakan bau tidak sedap kentut anda. Kabar buruk bagi kita semua, kentut yang berbau busuk, beserta dengan gejala-gejala lain yang dialami di saat bersaman, merupakan salah satu gejala dideritanya kanker usus. Ada baiknya anda mengkonsultasikan kondisi anda dengan dokter dibandingkan mendiagnosa sendiri yang berakibat membahayakan diri sendiri dan orang di sekitar anda.

Sekian penjabaran tentang hal-hal yang berpotensi menyebabkan kentut berbau busuk dan tidak sedap. Semoga bermanfaat!

Sponsors Link
, , ,
Oleh :